Bulog Kancab Kuala Tungkal Jamin Ketersediaan Beras Cukup Hingga Akhir Tahun Inspektorat Akan Tambah Auditor Pengawas 114 Desa di Tanjab Barat Bupati Tanjab Barat Pimpin Upacara HUT Pramuka Ke-61 Mancing Mania HUT TNI ke-77, Kodim 0419/Tanjab Jaga Silaturahmi dan Sinergitas Diduga Pilkades Desa Tanjung Pasir Penuh Kecurangan, Suharyono: Musyawarah di Tiap Tingkatan Mengecewakan

Home / Tanjab Barat

Sabtu, 17 Juli 2021 - 19:28 WIB

Jelang Hari Raya Idul Adha,Polres Tanjab Barat Gelar Rakor Dengan Pemkab dan Pengurus Masjid

Bulenon News.Com Tanjab Barat – Jelang Idul Adha 1442 H yang tinggal beberapa hari lagi. Polres Tanjab Barat mengelar Rapat Koordinasi dengan Pemerintah dan Pengurus Masjid di ruang Rekonfu Mapolres, Jumat (16/07/21).

Rakor tersebut membahas terkait Malam Takbiran, Sholat Ied dan Penyembeliahan Hewan Kurban mengingat kondisi Pandemi Covid-19.

Rakor juga dihadiri instani terkait, Kemenang, Dinas Kesehatan, Disbunak, BPBD, Satpol PP, Dishub, Bagian Kesra, MUI serta pwewakilan Media dan Pengiat Media Sosial.

Rakor dipimpin oleh Kapolres Tanjab Barat AKBP Guntut Saputro, SIK, MH didampingi Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan H. Mohd. Arif dan Pasi Intel Kodim 0419/Tanjab KAPTEN INF Boimin.

“Rakor bersama ini menjadi penting guna membahas persiapan perayaan Idul Adha dan Pemotongan hewan kurban dimana kita ketahui bersama pada saat ini masih dalam situasi pandemi Covid-19, ada sejumlah aturan dan ketentuan yang harus kita patuhai dan lakukan,” ungkap Kapolres membuka rakor.

Baca Juga  Polres Tanjab Barat Gelar Pasukan Operasi Ketupat 2021

“Melalu rembuk ini paling tidak ada yang kita sepakati guna mencegah penyebaran Covid-19 saat momen Idul Adha,” tambahnya.

Guntur mengatkan dalam pelaksanaan Shalat Ied Prokes harus betul-betul diperketat, dari wajib masker, jaga jarak hingga hindari kerumunan.

Kemudian saat Pemotongan Hewan Kurban dan distribusi juga agar diperhatikan alat yang digunakan agar steril dan bersih, dan tempat juga harus nyaman.

“Kuncinya masyarakat agar diberitahukan agar tidak berkerumun,” katanya.

Sementara Staf Ahli Bidaang Pemerintahan, H. Mohd. Arif mewakili Bupati, menyampaikan terima kasih kepada Kapolres jajaran menginisiasi rapat tersebut.

“Kami mengapresiasi kepada Kapolres yang telah menpersiapkan Rapat Koordinasi ini guna membahas Pelaksanaan Idul Adha dan Pemotongan Hewan Kurban, Sholat Idul Adha tetap dilaksanakan dengan tata cara Protokol Kesehatan dengan menjaga jarak, menggunakan Masker dan Memcuci tangan,” sampainya.

Ia juga atas pemerintahan meminta kepada pengurus mesjid untuk menghimbau kepada masyarakat terkait penekanan prokes yang akan dilaksanakan dalam perayaan Hari Raya Idul Adha, baik saat Shalat Ied maupun pemotogan dan distribusi daging kurban.

Baca Juga  Warga Tungkal Ilir Dihebohkan Dengan Penemuan Mayat Tanpa Identitas

Berikut beberapa kesimpulan disepakati pada Rakor bersama dari sejumlah masukan dan saran.

  • Mengingat kondisi pandemi di Tanjab Barat belum sepenuhnya membaik. Perwakilan Pengurus Masjid seluruhnya sepakat untuk tidak melaksanakan Takbir Keliling.
  • Pelaksanaan Sholat Idul Adha dapat dilaksanakan dengan menerapkan Protokol Kesehatan yang Ketat.
  • Pengurus Masjid agar menyampaikan himbauan kepada Jemaah, bagi yang sedang sakit/kurang sehat agar melaksanakan Sholat ied di rumah.
  • Polres Tanjab Barat dan Kodim 0419 Tanjab, siap untuk melaksanakan pengamanan kegiatan pemotongan hewan kurban.
  • Disarankan kepada Panitia Kurban, pelaksanaan pendistribusian daging Kurban agar dapat menerapkan sistem antar jemput guna antisipasi kerumunan terjadi di lingkungan masjid atau tempat pemotongan.

Penulis/Editor:Amir/Ote

Share :

Baca Juga

Tanjab Barat

Ditangkap Polisi, Pelaku Gunakan Hasil Penipuan Untuk Bermain Judi On Line

Tanjab Barat

Anggota DPRD Dapil Betara Terkesan Bungkam Saat Dikompirmasi Prihal Proyek Jalan Menuju Pemakaman Nasrani

Tanjab Barat

Pererat Hubungan Kepada Warga,Satgas TMMD Ke-113 Hadiri Giat Latihan Hadroh Di Mesjid Desa

Tanjab Barat

KPUD Tanjab Barat Siap Menerima Pendaftaran Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Pada 04-06 Sepetember 2020

Tanjab Barat

Berkas Empat Tersangka Kasus Air Bersih Akan Disidangkan,Tersangka Baru Segera Menyusul

Tanjab Barat

Inspektorat,Ada Temuan BPK Pada Proyek Pembangunan Road Race Pelabuhan Roro

Tanjab Barat

Diduga Pengaruh Lem, Seorang Pemuda di Kuala Tungkal Nekat Tusuk Temannya

Tanjab Barat

Diskoperindag Verifikasi UMKM Layak Dapat Banpres PUM