Truk Fuso Bermuatan Tanah Basecose Terguling di Tanjab Barat,Tiga Orang Meninggal Dunia  Koalisi Penyelamat Pilar Demokrasi di Jambi Demo Tolak RUU Penyiaran Percepatan Penurunan Stunting, Bupati Tanjab Barat Buka Kegiatan Workshop GENREAKSI Bupati Anwar Sadat Pimpin Sidang GTRA  Secara Virtual Bupati Anwar Sadat Ikuti Rakornas Wasin Pemerintah Tahun 2024

Home / Meraingin

Senin, 13 Februari 2023 - 12:08 WIB

Admin Elsimil dan TPK Sebagai Ujung Tombak’ Penurunan Stunting, Wabup Beri Penghargaan

 

BANGKO-BULENONNEWS.COM. Wabup Merangin Nilwan Yahya memberi Piagam Penghargaan kepada tiga orang admin terbaik Aplikasi Elektronik siap nikah dan hamil (Elsimil) kecamatan dan Tim Pendamping Keluarga (TPK) Desa Sungai Kapas, Senin (13/2).

Ketiga admin Elsimil kecamatan itu, terbaik pertama Tutik Komariah dari Kecamatan Tabir Selatan, kedua Richa Nopita Sari dari Kecamatan Bangko dan ketiga Sulaminal dari Kecamatan Pemenang Selatan.

Sedangkan TPK Desa Sungai Kapas terdiri dari Tim satu Dewi Maya, Erlina, Ratna Kartika, Tim dua Irma Ferandika, Mursinah, Siti Hamidah, Tin tiga Maulidtha Fatimah, Mesiah, Puji Juli Astuti, Tim keempat Citra Lomo Gultom, Agustina, Desi Handayani.

Piagam tersebut diserahkan wabup pada apel kedisiplinan bersama di halaman Kantor Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PPKB), yang diikuti pejabat dan pegawai Dinas Perikanan Merangin.

Baca Juga  Dampak Covid-19 PAD Merangin Menurun Drastis Dari tahun Sebelumnya, BPPRD Tetap Berusaha

‘’Aplikasi Elsimil ini, sudah dilounching Dinas PPKB Merangin pada 2022 lalu. Alhamdulillah telah digunakan sebanyak 1.459 calon pengantin (Catin) di Kabupaten Merangin,’’ujar Wabup dibenarkan Kadis PPKB Merangin H Abdaie.

Sebanyak 1.459  Catin itu jelas wabup, dengan presentase lebih dari 74 persen Catin yang tersebar di sejumlah kecamatan dalam Kabupaten Merangin, telah terdampingi oleh Tim Pendamping Keluarga (TPK).

Diakui wabup pada apel yang berlangsung khidmat itu, aplikasi Elsimil tersebut dibangun untuk mendeteksi faktor risiko kemungkinan terjadinya kasus Stunting dari seorang calon pengantin.

Sebagaimana diketahui beberapa faktor yang menyebabkan tejadinya stunting adalah pernikahan yang dilakukan pada usia dini dan status gizi yang tidak sehat, seperti anemia dan kekurangan energi kronis.

Baca Juga  Pj Bupati Merangin Sampaikan Dua Ranperda 2023 di Rapat Paripurna DPRD Merangin

‘’Saya sangat memberikan apresiasi sekali kepada TPK dan admin Elsimil kecamatan yang telah menjadi ‘ujung tombak’ dalam pelaksanaan upaya penurunan Stunting di Kabupaten Merangin,’’terang Wabup.

TPK lanjut wabup, perlu didukung dan dikuatkan dalam hal pendampingan keluarga. TPK Perlu diberdayakan, diberikan support dalam hal finansial, serta sarana prasarana dalam melaksanakan tugas-tugasnya.

‘’Ini memang bukan sebuah pekerjaan yang ringan, namun saya mengharapkan dukungan dan kerjasama yang baik bersama Kementerian dan Lembaga serta semua OPD terkait dalam konvergensi Stunting,’’pinta Wabup.

 

Reporter : Ote.

Share :

Baca Juga

Meraingin

BREAKING NEWS..! Akhirnya Partai PAN Mengerucut Dukungannya Ke Satu Paslon Gubenur Jambi

Meraingin

Pj Bupati Membuka Acara Pelatihan Dasar Operator Pilot Drone Kabupaten Merangin

Meraingin

Siswa SMK Negeri 1 Merangin Segera Berangkat PKL, Komite Gelar Rapat Persiapan

Meraingin

Pengurus Baru DPD NasDem Merangin Gelar Rapat Konsulidasi Percepatan E-KTA

DPRD

Tak Mau Ketinggalan, Pansus 3 DPRD Merangin Gelar Rapat Perubahan Ramperda

Meraingin

Bupati Kembali Rombak Kabinet Merangin Mantap, Ini Nama-nama Pejabat Yang Dilantik

Meraingin

Nilwan Yahya Diarak Bak Pengantin Menuju Naik Rumah Wakil Bupati Merangin

Meraingin

Bupati Merangin Divaksin Covid-19 Tahap Kedua