Satreskrim Polres Tanjab Barat Razia Lapak Penjual Petasan  Polres Tanjab Barat Mengamankan Kedua Kelompok yang Bertikai Untuk Dilakukan Mediasi Belum Mempunyai Aturan Hukum,Diduga Kadishub Tanjab Barat Sering Masukan Alat Berat di Pelabuhan Roro Kuala Tungkal  DPRD Tanjab Barat Gelar Paripurna Pertama,Penyampaian Nota Pengantar LKPJ Bupati Tahun 2023 Hadiri Pelepasan Logistik Pemilu 2024,Ketua DPRD Tanjab Barat: Kita sangat mengapresiasi Penyelenggara Pemilu

Home / Meraingin

Senin, 13 Februari 2023 - 12:08 WIB

Admin Elsimil dan TPK Sebagai Ujung Tombak’ Penurunan Stunting, Wabup Beri Penghargaan

 

BANGKO-BULENONNEWS.COM. Wabup Merangin Nilwan Yahya memberi Piagam Penghargaan kepada tiga orang admin terbaik Aplikasi Elektronik siap nikah dan hamil (Elsimil) kecamatan dan Tim Pendamping Keluarga (TPK) Desa Sungai Kapas, Senin (13/2).

Ketiga admin Elsimil kecamatan itu, terbaik pertama Tutik Komariah dari Kecamatan Tabir Selatan, kedua Richa Nopita Sari dari Kecamatan Bangko dan ketiga Sulaminal dari Kecamatan Pemenang Selatan.

Sedangkan TPK Desa Sungai Kapas terdiri dari Tim satu Dewi Maya, Erlina, Ratna Kartika, Tim dua Irma Ferandika, Mursinah, Siti Hamidah, Tin tiga Maulidtha Fatimah, Mesiah, Puji Juli Astuti, Tim keempat Citra Lomo Gultom, Agustina, Desi Handayani.

Piagam tersebut diserahkan wabup pada apel kedisiplinan bersama di halaman Kantor Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PPKB), yang diikuti pejabat dan pegawai Dinas Perikanan Merangin.

Baca Juga  Pj Bupati Bersama Forkopimda Sidak Pasar Bangko, Komoditi Apa Saja Yang Mengalami Kenaikan??

‘’Aplikasi Elsimil ini, sudah dilounching Dinas PPKB Merangin pada 2022 lalu. Alhamdulillah telah digunakan sebanyak 1.459 calon pengantin (Catin) di Kabupaten Merangin,’’ujar Wabup dibenarkan Kadis PPKB Merangin H Abdaie.

Sebanyak 1.459  Catin itu jelas wabup, dengan presentase lebih dari 74 persen Catin yang tersebar di sejumlah kecamatan dalam Kabupaten Merangin, telah terdampingi oleh Tim Pendamping Keluarga (TPK).

Diakui wabup pada apel yang berlangsung khidmat itu, aplikasi Elsimil tersebut dibangun untuk mendeteksi faktor risiko kemungkinan terjadinya kasus Stunting dari seorang calon pengantin.

Sebagaimana diketahui beberapa faktor yang menyebabkan tejadinya stunting adalah pernikahan yang dilakukan pada usia dini dan status gizi yang tidak sehat, seperti anemia dan kekurangan energi kronis.

Baca Juga  APBD Sarolangun Disepakati 1,2 Triliyun, Cek Endra Puas dan Bahagia

‘’Saya sangat memberikan apresiasi sekali kepada TPK dan admin Elsimil kecamatan yang telah menjadi ‘ujung tombak’ dalam pelaksanaan upaya penurunan Stunting di Kabupaten Merangin,’’terang Wabup.

TPK lanjut wabup, perlu didukung dan dikuatkan dalam hal pendampingan keluarga. TPK Perlu diberdayakan, diberikan support dalam hal finansial, serta sarana prasarana dalam melaksanakan tugas-tugasnya.

‘’Ini memang bukan sebuah pekerjaan yang ringan, namun saya mengharapkan dukungan dan kerjasama yang baik bersama Kementerian dan Lembaga serta semua OPD terkait dalam konvergensi Stunting,’’pinta Wabup.

 

Reporter : Ote.

Share :

Baca Juga

Meraingin

Laporaran Hasil Pemeriksaan (LHP) Refocusing Anggaran Covid-19 Segera Terbit

Meraingin

Ketua DPRD Hadiri MTQ Ke 49 Tingkat Kabupaten Merangin

Meraingin

RSD Kol. Abundjani Bangko Gelar Operasi Bibir Sumbing Gratis

Meraingin

Meningkat Sebesar Rp 40,4 M, Pj Bupati Merangin Sampaikan KUA PPAS 2023

Meraingin

Ketua Spri Apresiasi Kapolda Sumut, Minta Insan Pers Kawal Kasus Pembunuan Marsal

Meraingin

Suasana Ujian, MAN Negeri 01 Merangin ‘Geger’Antar Siswa ‘Berkelahi’ dan Sesama Guru ‘Bakuhantam’

Meraingin

Tabur Bunga di Makam Pahlawan, Rangkaian Dari Peringatan Hari Kebangkitan Nasional Merangin

Meraingin

Ini Kata Pj Bupati Soal Pandangan 9 Fraksi Terhadap Ranperda Inisiatif DPRD Merangin Tahun 2023