Bupati Tanjab Barat Pimpin Apel Perdana Setelah Lebaran Idul Fitri  Bupati Serahkan Hadiah Juara Arakan Sahur di Tanjab Barat Bupati Tanjab Barat Buka Festival Pawai Takbiran Idul Fitri 1445 H Mempererat Silaturahmi di Bulan Ramadhan, DPRD Tanjabbar Gelar Buka Puasa Bersama Paripurna kedua, Fraksi DPRD Tanjabbar Sampaikan Pandangan Umum Terhadap LKPJ Bupati Tahun Anggaran 2023

Home / Pemerintahan

Kamis, 20 Januari 2022 - 09:15 WIB

Bupati Anwar Sadat Perkenalkan Produk UMKM Tanjab Barat di Gernas BBI

Bulenon News.Com Tanjab Barat – Bupati Tanjung Jabung Barat, Provinsi Jambi, Drs H Anwar Sadat,M.Ag memperkenalkan sejumlah produk lokal Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) asli daerah Tanjab Barat.

Didampingi Ketua Dekranasda Kabupaten Tanjung Jabung Barat Hj. Fadhilah Sadat, Anwar Sadat memperkenalkan UMKM Tanjabbar saat Peluncuran Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) Tahun 2022 yang dihadiri sejumlah Menteri Republik Indonesia.

Kegiatan yang dilaksanakan di Bandar Udara Sultan Thaha Jambi ini, dihadiri oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Menteri Perhubungan, Menteri ATR BPN RI, Wakil Menteri Perdagangan, Ketua Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah, Wakil Menteri BUMN Indonesia, Mantan Pj Gubernur Jambi, Gubernur Provinsi Jambi, Unsur Forkopimda Provinsi Jambi, Bupati/Walikota se Provinsi Jambi, Gubernur Bank Indonesia melalui virtual, Menteri Kelautan dan Perikanan secara virtual, serta Pengurus TP. PKK Kabupaten Tanjung Jabung Barat dan tamu undangan lainnya.

Gubernur Jambi Dr. H. Al Haris, S. Sos, MH dalam sambutannya, mengucapkan terimakasih dan bangga ditengah kesibukan Bapak Menko Marves, Menteri Perhubungan dan penerbangan Indonesia serta tamu undangan lainnya menyempatkan diri bisa hadir ke Provinsi Jambi.

” Ini adalah kegiatan yang dilakukan untuk mengangkat industri-industri kreatif Provinsi Jambi. Terimakasih telah memberikan kepercayaan kepada Provinsi Jambi untuk menjadi tuan rumah Gernas BBI pada tahun 2022.” Kata Alharis.

Sementara, Menteri Perhubungan Indonesia Ir. Budi Karya menyampaikan jika para pelaku UMKM di Indonesia harus terus didorong, hal itu  agar produknya semakin kreatif, sehingga semakin diminati dan dicintai masyarakat.

Baca Juga  Festival Arakan Sahur Akan dilaksanakan,Ini Perbedaannya

“ UMKM menjadi satu fokus pemerintah, karena 90 persen UMKM merupakan bagian dari pada ekonomi Indonesia dan dalam pelaksanaan Gernas BBI di Jambi ini, setidaknya ada 1.100 UMKM yang hadir dan diharapkan banyak terjadi transaksi dan banyak kreasi UMKM yang bisa dikembangkan,” Sebutnya.

Ia menyebutkan bahwa, Pemerintah pusat tidak mungkin bisa melakukan ini sendiri melainkan harus didukung oleh Kepala daerah, seperti Walikota, Bupati serta Gubernur.

”  Sejalan dengan Gernas BBI, pemerintah juga melakukan kampanye tentang kendaraan listrik dengan tujuan untuk mendorong agar kendaraan listrik ini bisa digunakan secara masif.” Bebernya.

Hal senada disampaikan Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan, ia mengatakan memasuki tahun ke-3 penyelenggaraan Gernas BBI yang dicanangkan oleh Presiden RI Joko Widodo pada Mei 2020, hingga saat ini sudah mencapai 17,2 juta UMKM yang sudah onboarding atau merambah ke ekosistem digital, dari target 30 juta UMKM onboarding pada 2023.

“ Dalam Gernas ini Peran LKPP sangat penting karena sekarang ini kita ingin ekonomi dibawah itu jalan karena tulang punggung ekonomi kita sebenarnya adalah UMKM.” Katanya.

Pada Gernas BBI ini, Luhut memberikan apresiasi ke Pemerintah Kota Jambi yang telah berkolaborasi dengan LKPP, untuk mengadakan e-katalog bagi produk-produk UMKM lokal dalam pengadaan barang dan jasa pemerintah.

Baca Juga  Bupati Merangin Bangga Siswa SMA Antusias Terima Vaksinasi

” Kita harapkan semakin memberdayakan para pelaku UMKM lokal dan untuk itu kerja konkrit yang penting bukan hanya sekedar omongan, karena jika semua kerja kompak semuanya bisa tercapai.” Ungkapnya.

Terpisah, Bupati Anwar Sadat sangat  mengapresiasi kegiatan Gernas BBI Tahun 2022 ini, yang mana Kabupaten Tanjabbar bisa memperkenalkan produk lokal asli daerah Tanjabbar, hasil dari sejumlah sektor UMKM.

“ hari ini kita sangat berbangga sekali banyak produk lokal UMKM daerah Tanjabbar yang bisa diandalkan dan dikenal serta bisa menjadi kekayaan SDA Tanjung Jabung Barat yang dielaborasi secara maksimal.” Ujarnya.

Ia menyebutkan, sejumlah kerajinan Tanjung Jabung Barat, seperti anyaman, batik bahkan makanan dan minuman begitu juga dengan Kopi liberika, diharapkan bisa dikenal di nasional bahkan di mancanegara.

“ Harapan kami dengan kegiatan sektor UMKM ini agar terus bergeliat dan bersemangat menumbuhkan kreasi dan inovasi. Sehingga kita bisa bersaing dengan Kabupaten/Kota yang ada di Provinsi Jambi.”  Pungkasnya.

Pada kesempatan itu Bupati Tanjung Jabung Barat didampingi Istri Hj. Fadhilah Sadat juga mengunjungi beberapa stand pameran hasil produk dan karya UMKM di Provinsi Jambi yang akan berlangsung hingga 23 Januari 2022 dan pada kesempatan itu Dekranasda Tanjab Barat juga turut andil dalam mengisi pameran.

 

Penulis/ Editor:Amir/ Otte

Share :

Baca Juga

Pemerintahan

Peringatan Hari Pramuka Ke 62, Bupati Tanjab Barat Terima Penghargaan Lencana Melati

Pemerintahan

Bupati Tanjab Barat Lantik Direktur Perumda Tirta Pengabuan

Pemerintahan

Siap Jadi Tuan Rumah Porprov Jambi Tahun 2025, Bupati Anwar Sadat: Fasilitas Pertandingan Akan di Siapkan

Pemerintahan

Bupati Tanjab Barat Konsultasi dan Koordinasi ke Direktorat Jenderal Bina Adwil Kementerian Dalam Negeri

Pemerintahan

Mantap !!!  Ekonomi Masyarakat Anjlok,13 Camat Terkesan Berpoya Beli Mobnas Rush Baru

Pemerintahan

Didampingi Ketua PKK Tanjab Barat, Bupati Secara Resmi Buka Festival Arakan Sahur

Meraingin

Plt Bupati Salurkan Bantuan Beras PPKM Secara Simbolis di Kelurahan Pematang Kandis

Meraingin

Wabup Merangin Mengucapkan “Selamat” Atas Pelantikan Bupati & Wakil Bupati Bungo