Himatel Unbari Bersama Bruin Mengungkap Sudut Kota Jambi Dengan Segala Rahasianya Bupati Anwar Sadat Hadiri Acara Pelepasan 314 Siswa SMA Negeri 1 Tanjab Barat  Anwar Sadat Cakada Pertama mengembalikan Formulir Pendaftaran di DPC Partai Demokrat Tanjab Barat  DPC PPP Tanjab Barat Buka Pendaftaran Bakal Cakada Ahmad Jahfar Ambil Formulir Pendaftaran Cakada di Partai Demokrat Tanjab Barat.

Home / Pemerintahan

Sabtu, 17 Februari 2024 - 07:52 WIB

Bupati Tanjab Barat Resmikan Klinik dan Pusat Promosi UMKM

TANJABBARAT,BULENONNEWS.COM – Bupati Tanjab Barat, Drs. H. Anwar Sadat M. Ag, meresmikan Klinik UMKM dan Pusat Promosi UMKM Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Selasa (13/02/24).

Kegiatan yang berlangsung di Aula Kantor Koperindag ini dihadiri oleh Unsur Forkopimda, Plh Sekda, Asisten, Staf Ahli, para Kepala OPD, Pimpinan Perbankan, Pelaku UMKM, dan tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Bupati Anwar Sadat menyampaikan bahwa peresmian ini merupakan upaya serius Pemerintah Daerah dalam mendorong pelaku UMKM untuk naik kelas dan maju, sehingga mampu bersaing di tingkat daerah, nasional, bahkan mancanegara.

“Atas nama Bupati dan Pemerintah Kabupaten Tanjab Barat, saya menghimbau kepada seluruh masyarakat Tanjab Barat untuk memakai, mengkonsumsi, dan bangga dengan produk UMKM. Dengan demikian, UMKM kita dapat bangkit dan berkembang,” katanya.

Bupati juga berpesan agar pelaku UMKM meningkatkan kualitas dan inovasi produk mereka, sehingga mampu menjadi daya tarik bagi pembeli.

Baca Juga  Jemaah Umrah di Tanjab Barat Wajib Lampirkan BPJS Kesehatan

“Pemerintah Daerah senantiasa berupaya untuk memberikan ruang publik bagi pelaku UMKM agar dapat terus berdaya dan berkembang, sehingga dikenal luas oleh masyarakat dan mudah-mudahan dapat dibawa keluar daerah sebagai oleh-oleh khas Tanjab Barat,” ujarnya.

diresmikannya Klinik UMKM dan Pusat Promosi UMKM ini, saya minta Dinas terkait untuk membantu platform penjualan online, sehingga dapat meningkatkan daya jual hasil produk UMKM kita. Saya mengapresiasi inovasi Dinas Koperindag yang bersinergi dengan pihak lain terkait pendirian Klinik UMKM dan Pusat Promosi UMKM. Mudah-mudahan upaya kita dapat mencapai cita-cita bersama menjadikan UMKM Kabupaten Tanjung Jabung Barat maju dan berkembang,” tutupnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Koperindag, Sawaludin F Tanjung, melaporkan bahwa pada tahun 2022 terdapat 8.696 pelaku UMKM dengan serapan tenaga kerja 10.806 orang. Sedangkan pada tahun 2023, jumlahnya meningkat menjadi 8.913 pelaku UMKM dengan serapan tenaga kerja 11.089 orang.“Ada peningkatan dari sektor UMKM 215 dan penyerapan tenaga kerja 283 orang, sehingga dapat meningkatkan ekonomi dan penyerapan tenaga kerja,” katanya.

Baca Juga  Bupati Anwar Sadat Apresiasi Giat Sepeda Santai

Kadis Koperindag juga menjelaskan bahwa tujuan didirikannya Klinik UMKM adalah untuk memberikan layanan informasi dan advokasi bagi UMKM terkait pengembangan usaha mulai dari hulu ke hilir, meningkatkan akses pelayanan pemberdayaan KUMKM, memberikan kemudahan kepada UMKM dalam mendapatkan layanan konsultasi, informasi, advokasi, dan solusi terhadap permasalahan yang ada, serta memberikan akses modal.

“Hal ini sejalan dengan upaya pemerintah daerah dalam mendorong legalitas usaha yang berorientasi pada pasar nasional. Semua pelayanan di Klinik UMKM ini gratis,” tutupnya.

Share :

Baca Juga

Pemerintahan

Buka Sosialisasi Kerjasama Luar Negeri dan Monitoring Evaluasi Kerjasama, Ini di Sampaikan Bupati

Pemerintahan

Kunjungi Desa Dualap, Bupati Anwar Sadat Dengarkan Aspirasi Masyarakat

Pemerintahan

Bupati Buka Konfercab NU Tanjab Barat Tahun 2022

Pemerintahan

Wabup Hairan Hadiri Peringatan Hari Jadi Baznas ke-22

Pemerintahan

Wabup Hairan Minta Dinas Perhubungan Perketat Aktifitas Kendaraan Melebihi Tonase

Meraingin

Bupati Merangin Kembali Salurkan Bantuan Korban Kebakaran di Tabir

Pemerintahan

Bupati Anwar Sadat Himbau ASN Jaga Netralitas di Pemilu Serentak 2024

Pemerintahan

Dinas Perakim Tanjab Barat Lakukan Bedah Rumah di Sejumlah Titik