oleh

Dandim 0419/Tanjab Ingatkan Masyarakat

-Tanjab Barat-102 KALI DIBACA

TANJAB BARAT-BULENONnews.com. Dandim 0419/Tanjab Dan Kapolres Tanjab Barat datangi salah satu perkebunan di Dusun Karya Lestari, Desa Muntialo, Kecamatan Betara, Kabupaten Tanjung Jabung Barat,yang terbakar, Senin (31/08/20).

Diketahui,luas lahan yang terbakar saat ini diperkirakan seluas lima hektar,milik kelompok tani yang ada di daerah tersebut.

Tim Satgas Karhutla Tanjung Jabung Barat yang terdiri dari TNI, Polri, BPBD, Manggala Agni dan Damkar serta masyarakat sekitar terus berusaha untuk memadamkan api.

Titik api yang menyebar dan dengan kondisi lahan gambut, merupakan tantangan utama pemadaman,Namun, setelah beberapa jam dan dibantu oleh dua Water Bombing akhirnya api bisa dipadamkan.

Dandim 0419/Tanjab,Letkol Inf Erwan Susanto Saat berada dilokasi mengatakan, ini adalah merupakan reaksi cepat dari Satgas Karhutla Kabupaten Tanjung Jabung Barat,yang mana keterlibatan ini terdiri dari TNI dan Polri, termasuk dari BPBD serta Manggala Agni.

“Tadi juga sudah kita datangkang dari Jambi, dua Pesawat Water Bombing, dikarenakan kerawanannya cukup rentan sekali diwilayah yang terbakar ini ada pemukiman warga dan tempat SPBU jadi kita padamkan api ini bersama sama masyarakat,”ucapnya.

Menurutnya,secara analisa bahwa Kecamatan Betara ini adalah salah satu titik rawan kebakaran yang paling kuat di Kabupaten Tanjung Jabung Barat, sehingga posko kebakaran kita letakan di daerah Muntialo ini.

“Sehingga sektor ini lokus menjadi tanggung jawab Tim kita yang sifatnya patroli terhadap deteksi titik munculnya api disekitar sini,”Kata Erwan.

Dandim 0419/Tanjab Letkol Inf Erwan Susanto menegaskan dan mengingatkan, siapa saja masyarakat yang ingin membuka lahan, diupayakan jangan sampai membakar area yang di ingin di jadikan kebun ataupun pertanian.

“Jadi masyarakat membuka lahan jangan dengan cara membakar itu,”pesannya.

Reporter/Editor: Amir/Ote

Komentar

Berita Sebelumnya