Bupati Tanjab Barat Dampingi Menparekraf RI Kunjungan Kerja ke Wisata Mangrove Pangkal Babu Ketua DPRD H.Abdullah Pinta Pemkab Segera Usulkan Terkait Kebutuhan Kawasan Hutan mangrove Ke Kementerian Pariwisata  Ketua DPRD H.Abdullah Hadiri Pembukaan Festival Arakan Sahur Tahun 2024 Bupati Tanjab Barat Dampingi Menteri Parekraf Sandiaga Uno Buka festival Arakan Sahur Tahun 2024 Festival Arakan Sahur Masuk Dalam KEN, Pemkab Tanjab Barat Datangkan Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno

Home / Tanjab Barat

Jumat, 23 September 2022 - 19:19 WIB

Diduga Pilkades Desa Tanjung Pasir Penuh Kecurangan, Suharyono: Musyawarah di Tiap Tingkatan Mengecewakan

TANJABBARAT, BULENONNEWS.COM – Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat, kembali melaksanakan rapat fasilitasi terkait penyelesaian sengketa Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Desa Tanjung Pasir, Kecamatan Kuala Betara yang diduga adanya kecurangan yang dilakukan oleh panitia.

Diketahui bahwa dua calon kades (Kepala Desa) yang bertarung di desa tersebut dimenangkan oleh kandidat nomor urut 02 Hardiansyah yang mengungguli lawannya nomor urut 01 yakni Saharah.

Pasca pemilihan tersebut tim calon nomor urut 01 mengajukan keberatan atas proses pilkades itu dan menduga bahwa adanya kecurangan.

Dari hasil musyawarah pihak dari calon nomor urut 01 pun, mengakui sangat kecewa karena sudah memberikan bukti kecurangan tetapi tidak dibahas dalam musyawarah tersebut.

” Saya merasa kecewa dengan hasil musyawarah tersebut, dikarenakan sudah memberikan bukti bukti tentang keberatan kita.Tetapi sama sekali bukti itu tidak dilihat, digubris dan dibahas,” kata Suharyono selaku juru bicara calon nomor urut 01.Ia menegaskan, permasalahan ini telah diikuti sesuai dengan aturan dari tingkat desa, Kecamatan hingga Kabupaten, akan tetapi permasalahan ini tidak pernah dibahas.

Baca Juga  Perum Bulog Kuala Tungkal Memiliki Stok Beras Untuk Tiga Bulan Kedepan

” Padahal itu adalah pintu masuk sesuai tidaknya proses Pilkades ini dengan ketentuan yang berlaku. Kami kecewa dengan hasil musyawarah ini, karena bukti yang kami tampilkan ini riel dan kami dapat buktikan di lapangan.” Tegasnya.

Kendati demikian, pihaknya kata Suharyono akan menempuh ke jalur hukum. Apabila ditemukan data yang lebih Pailit lagi.

“Apabila nanti ada kita temukan unsur pidananya. Kita akan bawa ke jalur hukum.” Tegasnya lagi.

Ia menyebutkan, salah satu kecurangan yang dilakukan oleh panitia, yakni adanya KTP dan KK di desa lain tetapi bisa memilih di Desa Tanjung Pasir dan itu kata dia merupakan salah satu bukti kecurangan yang temukan pihaknya.

Baca Juga  Anggota DPRD Tanjab Barat H.Udin Tutup Usia

” Itu ada dua KK pemilih yang betul betul memang bukan warga tanjung pasir bisa milih. Yang sangat disayangkan ini merekomendasikan adalah pak RT dan kita punya bukti kuat bahkan rekamannya pun ada.” Sebutnya.

Akibat kecurangan ini, Ia pun menduga RT setempat yang berada di TPS 05 ikut bermain untuk memenangkan pasangan nomor urut 02.

” Padahal RT itu juga salah satu panitia pemilihan di desa Tanjung Pasir. Yang antarkan undangan pemilih itu oleh panitia. Sedangkan data pemilih tidak pernah ditunjukkan ke kita. Makanya sejak Musyawarah di tingkat desa sampai Kabupaten kita minta ke habsaan dari data pemilih, namun tidak ada tindak lanjutnya dari panitia.” Pungkasnya.

 

 

Penulis/Editor: Amir/Otte

Share :

Baca Juga

Tanjab Barat

Kapolres Tanjabbarat Akan Terima Penghargaan Dari Komnas PA Dan TRC PPA

Tanjab Barat

Tak Terima Ditegur Sering Bunyikan Pengeras Suara di Saat Adzan Maghrib,RT Setempat Ricuh Dengan Pemilik Kedai Kopi

Tanjab Barat

Bupati Safrial Ajukan 23 Milliard Dana CSR Untuk Item Pembangunan

Tanjab Barat

Polri TNI Bersama Nelayan Peringati Detik-Detik HUT Kemerdekaan RI Ke-75 Ditengah Sungai Pengabuan

Tanjab Barat

Satu Lagi Proyek TMMD Dibangun Tim Satgas

Tanjab Barat

Hadiri Pekan Panutan Penyampaian SPT Tahunan 2021, Ini Disampaikan Wabup Tanjabbar

Tanjab Barat

Rangkaian HUT Bhayangkara Ke 75, Polres Tanjab Barat Gelar Bakti Kesehatan Donor Darah

Tanjab Barat

Diawali Pembangunan Pasar Kuwatik Oleh Bupati Sugeng, Sampai Ke Usman dan Safrial, Bangunan Tak Pernah Di Perbaiki