Wujudkan Pernikahan Impian Bersama Seiyo Sekato Organizer Kepala Desa Janji Gelar Musyawarah Desa Penyusunan RKPDes Tahun Anggaran 2025 Mewakili Bupati, Pj. Sekretaris Daerah Hadiri Rapat Paripurna ke Dua DPRD Kabupaten Tanjab Barat  Bupati Anwar Sadat Promosikan Potensi SDA Tanjab Barat di Otonomi Expo 2024 Mediasi Permasalahan Tanah di Kantor Desa Janji Temukan Kesepakatan

Home / Meraingin

Sabtu, 10 September 2022 - 09:09 WIB

Polres Merangin Sosialisasi Dampak Lingkungan Akibat PETI

MERANGIN-BULENONNEWS.COM. Disertai Dinas Terkait Polres Merangin Laksanakan Sosialisasi dampak Lingkungan Akibat Pertambangan Emas Tanpa Izin (PETI) di wilayah hukum Polres Merangin.

Diketahui PETI di wilayah hukum Polres Merangin, makin hari kian menjadi sorotan publik dan menjadi konsumsi publik, dari jenis tambang lubang jarum, Donfeng hingga Jenis alat berat yang melakukan aktivitas tambang ilegal itu .

Menanggapi hal tersebut, Kapolres Merangin AKBP Dewa Ngakan Nyoman Arinata, SIK, beserta Kapolsek Sungai Manau Iptu Mulyono S.H. bersama unsur Forkompinda dan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Merangin  serta Dinas Kehutanan melaksanakan pertemuan dengan  Warga Desa Sungai Pinang pada hari Jum’at ( 09/09/2022) di kantor Desa Sungai Pinang guna  bersosialisasi untuk Tidak Melaksanakan kegiatan Peti.

Tujuan Sosialisasi itu dalam upaya mencegah tindakan Aksi Aktivitas Pertambangan Ilegal di tengah masyarakat yang  berpotensi kerusakan lingkungan.

Baca Juga  Bupati Merangin Kembali Salurkan Bantuan Korban Kebakaran di Tabir

Pada pertemuan tersebut, Kapolres Merangin yang diwakili oleh Waka Polres  Merangin  Kompol. Amos Yosua Viclonar Lubis. SH, didampingi Iptu. Agung Heru. S.sy.MM dan personil Sat Intelkam/Personil Polres Merangin serta Jajaran Polsek Sungai Manau. menekankan Agar Kepala Desa dan Perangkat Desa Sungai Pinang bersama sama mengajak warganya sadar akan bahaya penambangan emas ilegal yg merusak lingkungan hidup.

” Warga di himbau untuk tidak melakukan penambangan emas dengan merusak lingkungan, jadikan lah situasi seperti sedia kala dengan ekosistim yang asri. Kita rindu keasrian alam dan di awali dari saat ini,” tegas Waka Polres

Selain itu Waka Polres juga menyarankan kepada Kepala Desa Serta Perangkat Desa Sungai Pinang, untuk melakukan pendekatan kepada para Pekerja tambang, agar menghentikan kegiatan tambang ilegal yang merusak lingkungan dengan cara menggunakan Alat berat jenis Excavator.

Baca Juga  Buka MTQ Kecamatan Bangko, H Mashuri: Mari Pahami dan Amalkan Isi Al Quran

” Disarankan kepada Kepala Desa dan warga Desa Sungai Pinang untuk melakukan Penimbunan kembali lubang lubang bekas Penambangan ilegal dan memberdayakan nya kembali menjadi lahan Pertanian Sawah serta budidaya ikan,” lanjut nya

Upaya mengajak melaksanakan Reklamasi dan menjadikan ekonomi Produktif guna sumber ekonomi contohnya perikanan juga disampaikan pada pertemuan tersebut

Momentum Kesepakatan ini akan berjalan dengan maksimal dan dengan selaras agar warga mengikutinya, yakni dengan menanamkan rasa  saling menghargai dan saling jaga kelangsungan  kelestarian alam.

Sementara Kapolsek Sungai Manau berharap setiap kesempatan, adanya koordinasi Lintas Sektoral dilaksanakan guna antisipasi Peningkatan Pelaksanaan Peti di Wilayah Hukumnya.

” Mimpi kita melihat Air Sungai yang jernih dan asri di sekitar lingkungan kita,kita hanya membutuhkan Kerjasama dan niat membenahi alam sekitar,” Iptu Mulyono.

Reporter : Ote

Share :

Baca Juga

Meraingin

Soal Rancangan Perubahan KUA-PPAS Lambat Dibahas, Ini Kata Bupati.

Meraingin

Ternyata NIB PT.Grahacipta Bangko Jaya Sudah di Cabut

Meraingin

Wakil Bupati Merangin dan Pihak Polres Pantau Langsung Arak-arakan Takbiran

Meraingin

Ketua TP-PKK Merangin Pantau Giat Vaksinasi di Pasar Bawah Bangko

Meraingin

Penghapusan Angka Stunting dan Kemiskinan Ekstrim, Kades Bisa Menggunakan Anggaran Desa

Meraingin

Ketua DPRD Merangin Minta Hentikan Pembangunan Pabrik PT KMB

Meraingin

Asisten l Wakili Bupati Menghadiri Pelantikan 645 Anggota PPS Kabupaten Merangin

Meraingin

Terapkan Pengawasan Perizinan, Penanaman Modal dan Investasi, Merangin Tiru Lampung dan Bandung