Bupati Anwar Sadat Safari Jum’at di Masjid Nurul Iman di Kecamatan Kuala Betara Kunjungi Desa Dualap, Bupati Anwar Sadat Dengarkan Aspirasi Masyarakat Bupati Anwar Sadat Hadiri Acara Kegiatan ARKAS Mantap!! Usai Pensiun Kepala Dinas Dukcapil Tanjab Barat Gabung Partai Politik Bupati Anwar Sadat Kembali Laksanakan Safari Subuh di Masjid Miftahul Jannah

Home / Meraingin / Pemerintahan

Rabu, 15 September 2021 - 19:53 WIB

Perdana H. Mashuri Gelar Rapat Soal PETI di Merangin

Bulenonnews.com. Bangko. Sejumlah pejabat Kabupaten Merangin hari ini kembali berkumpul di Aula Kantor Bupati untuk membincangi persoalan kian maraknya aktifitas Pertambangan Emas Tanpa Izin (PETI) berbagai jenis, Robin (Ngejet), Donfeng hingga alat berat Ekskavator yang sulit diatasi.

Rapat dibuka Bupati Merangin H.Mashuri Bupati Merangin, diikuti oleh unsur Dorkopimda, OPD, Camat, Lurah serta para Kepala Desa Kabupaten Merangin, Rabu (15/9/21).

Dalam arahan Bupati menegaskan, atas maraknya aktifitas PETI dalam Kabupaten Merangin, diminta Pemerintah mulai Camat Lurah Kepala Desa untuk peduli terhadap Kecamatan dan Desanya masing-masing.

“Kami mohon peran serta kepala dinas terkait dan pejabat pemerintah lainnya mulai dari camat, kepala desa agar melaporkan kepada tim terpadu, guna untuk di lakukan penertiban dan penindakan hukum, mulai dari pencegahan dan sosialisasi, tidak mungkin kepala Desa tidak tahu,” tegas Bupati.

Baca Juga  Sungai Merangin Keruh, Karena PETI di Sungai Murak Masih Berlanjut

Selain merusak alam dan ekosistim kata Bupati,” Dampak Peti ini banyak hal yang terjadi, Banjir, korban jiwa, kerusuhan bahkan merusak harapan perwaris anak cucu dimasa mendatang,” tambahnya.

Tambah Bupati,” Izin tambang ini ranahnya Provinsi, sebagai teknis ada dipihak keamanan POLRI dan TNI, lanjutnya lagi.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Zulhifni mengungkapkan, Lebih kurang 2.433 Ha lahan di Merangin rusak terdiri dari lahan kering dan basah akibat pelaku Peti, pencemaran industri, dan sungai “Pihak lingkungan hidup berharap Tim Terpadu terutama pihak ke amanan TNI-POLRI dan satpol PP, dapat menindak Tegas,” Kata Kadis LH.

Baca Juga  Ternyata NIB PT.Grahacipta Bangko Jaya Sudah di Cabut

Sementara Kapolres Merangin AKBP Irwan Andy Purnamawan mengatakan,” Pihak kami sangat inten terhadap pemberantasan Penambangan Emas Tanpa Izin, apabila ada laporan dari kepala Desa dan rata-rata di lakukan di daerah nya itu, kami siap melakukan penertiban dan penindakan “ujar Kapolres.

Reporter : Ote.

Share :

Baca Juga

Meraingin

Bupati Merangin HadiriĀ Gelar TTG Nusantara XXIII di Cirebon

Meraingin

Bupati Kembali Rombak Kabinet Merangin Mantap, Ini Nama-nama Pejabat Yang Dilantik

Meraingin

Bak Lautan Manusia Banjiri Reses H.Musharudin

Pemerintahan

Bupati Tanjab Barat Lantik dan Ambil Sumpah Jabatan 6 Pejabat Eselon IIĀ 

Meraingin

Kodim 0420/Sarko Terdepan Layani Suntikan Dosis Vaksin Untuk Masyarakat Dalam Serbuan Vaksinasi

Meraingin

H. Aspan: Proyek Jembatan APBN Desa Sungai Ulak Masih Terkendala

Meraingin

H. Mashuri Meradang Saat Sidak Kelokasi PETI Desa Lubuk Bumbun

Pemerintahan

Gedung Bersama Mulai Aktif,Sekda Tanjab Barat Rencanakan Alih Fungsi Perkantoran Yang Kosong