Kepala Desa Janji Gelar Musyawarah Desa Penyusunan RKPDes Tahun Anggaran 2025 Mewakili Bupati, Pj. Sekretaris Daerah Hadiri Rapat Paripurna ke Dua DPRD Kabupaten Tanjab Barat  Bupati Anwar Sadat Promosikan Potensi SDA Tanjab Barat di Otonomi Expo 2024 Mediasi Permasalahan Tanah di Kantor Desa Janji Temukan Kesepakatan Bupati Tanjab Barat Kukuhkan dan Ambil Sumpah Janji Jabatan Kades dan BPD

Home / Meraingin / Pemerintahan

Rabu, 15 September 2021 - 19:53 WIB

Perdana H. Mashuri Gelar Rapat Soal PETI di Merangin

Bulenonnews.com. Bangko. Sejumlah pejabat Kabupaten Merangin hari ini kembali berkumpul di Aula Kantor Bupati untuk membincangi persoalan kian maraknya aktifitas Pertambangan Emas Tanpa Izin (PETI) berbagai jenis, Robin (Ngejet), Donfeng hingga alat berat Ekskavator yang sulit diatasi.

Rapat dibuka Bupati Merangin H.Mashuri Bupati Merangin, diikuti oleh unsur Dorkopimda, OPD, Camat, Lurah serta para Kepala Desa Kabupaten Merangin, Rabu (15/9/21).

Dalam arahan Bupati menegaskan, atas maraknya aktifitas PETI dalam Kabupaten Merangin, diminta Pemerintah mulai Camat Lurah Kepala Desa untuk peduli terhadap Kecamatan dan Desanya masing-masing.

“Kami mohon peran serta kepala dinas terkait dan pejabat pemerintah lainnya mulai dari camat, kepala desa agar melaporkan kepada tim terpadu, guna untuk di lakukan penertiban dan penindakan hukum, mulai dari pencegahan dan sosialisasi, tidak mungkin kepala Desa tidak tahu,” tegas Bupati.

Baca Juga  Bupati Tanjab Barat Beri Kuliah Umum Mahasiswa Baru di Universitas Jambi

Selain merusak alam dan ekosistim kata Bupati,” Dampak Peti ini banyak hal yang terjadi, Banjir, korban jiwa, kerusuhan bahkan merusak harapan perwaris anak cucu dimasa mendatang,” tambahnya.

Tambah Bupati,” Izin tambang ini ranahnya Provinsi, sebagai teknis ada dipihak keamanan POLRI dan TNI, lanjutnya lagi.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Zulhifni mengungkapkan, Lebih kurang 2.433 Ha lahan di Merangin rusak terdiri dari lahan kering dan basah akibat pelaku Peti, pencemaran industri, dan sungai “Pihak lingkungan hidup berharap Tim Terpadu terutama pihak ke amanan TNI-POLRI dan satpol PP, dapat menindak Tegas,” Kata Kadis LH.

Baca Juga  Jelang Penilaian Adipura di Kabupaten Merangin, Sampah Berserakan Tak Ditangani Dengan Baik

Sementara Kapolres Merangin AKBP Irwan Andy Purnamawan mengatakan,” Pihak kami sangat inten terhadap pemberantasan Penambangan Emas Tanpa Izin, apabila ada laporan dari kepala Desa dan rata-rata di lakukan di daerah nya itu, kami siap melakukan penertiban dan penindakan “ujar Kapolres.

Reporter : Ote.

Share :

Baca Juga

Meraingin

Prihatin..! Santri Madrasah “Nuruddin” Dusun Bangko Belajar di Lantai Kering

Pemerintahan

Bupati Tanjab Barat Pimpin Apel Hari Pertama Masuk Kerja

Meraingin

Siswa SMK Negeri 1 Merangin Segera Berangkat PKL, Komite Gelar Rapat Persiapan

Meraingin

Desa Air Batu Titik Pertama Assesmen Geopark Setibanya Tim Evaluator Sampai di Merangin

Meraingin

Ternyata Pertanyaan Wartawan Cilik Sangat Berkelas Bagi Kapolres Merangin

Pelalawan Riau

53 BPD Kecamatan Teluk Meranti dan Kuala Kampar Resmi Dilantik

Meraingin

Dievaluasi Kinerja, H Mukti Mendapat Arahan Dari Kementerian Dalam Negeri

Meraingin

Respon Cepat, H. Mashuri Datangi Warga Batang Masumai Blokir Jalan