Seorang Pria di Tanjab Barat Alami Luka Bacok di Perut dan Tangan  Bupati Anwar Sadat Berikan Bantuan Sepada Baru Pada Pedagang Jamu Keliling  Bupati Tanjab Barat Tinjau TPU Desa Sialang Bupati Tanjab Barat Pimpin Apel Perdana Setelah Lebaran Idul Fitri  Bupati Serahkan Hadiah Juara Arakan Sahur di Tanjab Barat

Home / Meraingin / Pemerintahan

Rabu, 15 September 2021 - 19:53 WIB

Perdana H. Mashuri Gelar Rapat Soal PETI di Merangin

Bulenonnews.com. Bangko. Sejumlah pejabat Kabupaten Merangin hari ini kembali berkumpul di Aula Kantor Bupati untuk membincangi persoalan kian maraknya aktifitas Pertambangan Emas Tanpa Izin (PETI) berbagai jenis, Robin (Ngejet), Donfeng hingga alat berat Ekskavator yang sulit diatasi.

Rapat dibuka Bupati Merangin H.Mashuri Bupati Merangin, diikuti oleh unsur Dorkopimda, OPD, Camat, Lurah serta para Kepala Desa Kabupaten Merangin, Rabu (15/9/21).

Dalam arahan Bupati menegaskan, atas maraknya aktifitas PETI dalam Kabupaten Merangin, diminta Pemerintah mulai Camat Lurah Kepala Desa untuk peduli terhadap Kecamatan dan Desanya masing-masing.

“Kami mohon peran serta kepala dinas terkait dan pejabat pemerintah lainnya mulai dari camat, kepala desa agar melaporkan kepada tim terpadu, guna untuk di lakukan penertiban dan penindakan hukum, mulai dari pencegahan dan sosialisasi, tidak mungkin kepala Desa tidak tahu,” tegas Bupati.

Baca Juga  Reses Pertama Kausari Wakil Ketua ll DPRD Merangin Sukses

Selain merusak alam dan ekosistim kata Bupati,” Dampak Peti ini banyak hal yang terjadi, Banjir, korban jiwa, kerusuhan bahkan merusak harapan perwaris anak cucu dimasa mendatang,” tambahnya.

Tambah Bupati,” Izin tambang ini ranahnya Provinsi, sebagai teknis ada dipihak keamanan POLRI dan TNI, lanjutnya lagi.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Zulhifni mengungkapkan, Lebih kurang 2.433 Ha lahan di Merangin rusak terdiri dari lahan kering dan basah akibat pelaku Peti, pencemaran industri, dan sungai “Pihak lingkungan hidup berharap Tim Terpadu terutama pihak ke amanan TNI-POLRI dan satpol PP, dapat menindak Tegas,” Kata Kadis LH.

Baca Juga  Gelar Operasi Pasar, Upaya Pemkab Merangin Mencegah Infalsi Daerah

Sementara Kapolres Merangin AKBP Irwan Andy Purnamawan mengatakan,” Pihak kami sangat inten terhadap pemberantasan Penambangan Emas Tanpa Izin, apabila ada laporan dari kepala Desa dan rata-rata di lakukan di daerah nya itu, kami siap melakukan penertiban dan penindakan “ujar Kapolres.

Reporter : Ote.

Share :

Baca Juga

Meraingin

Dua Kepala OPD Merangin Ikuti Diklat PIM II di Bali

Meraingin

Dampak Covid-19 PAD Merangin Menurun Drastis Dari tahun Sebelumnya, BPPRD Tetap Berusaha

Meraingin

Usai Bagikan Takjil Pemuda Pancasila Santuni Anak Yatim

Meraingin

Halal Bihalal F-DB, Gus H Nuruddin : Dzikir Manaqib Dapat Kabulkan Segala Hajat

Pemerintahan

Bupati Tanjab Barat Terima Piagam Opini WTP Dari Kepala Ditjen Perbendaharaan Provinsi Jambi

Meraingin

Kapolda Jambi Berkunjung Ke Merangin Pantau Penerapan PPKM

Meraingin

Nilwan Saat Meninjau Stand FPKD : Kuliner Khas Merangin ‘Mak soa’

Meraingin

Bupati Didampingi Wakil Bupati Merangin Buka Rapat Baznas Kabupaten Merangin