Seorang Pria di Tanjab Barat Alami Luka Bacok di Perut dan Tangan  Bupati Anwar Sadat Berikan Bantuan Sepada Baru Pada Pedagang Jamu Keliling  Bupati Tanjab Barat Tinjau TPU Desa Sialang Bupati Tanjab Barat Pimpin Apel Perdana Setelah Lebaran Idul Fitri  Bupati Serahkan Hadiah Juara Arakan Sahur di Tanjab Barat

Home / Tanjab Barat

Minggu, 22 Agustus 2021 - 22:19 WIB

Tanjab Barat Tak Miliki Alat & Stok Plasma Konvalesen Yang Dipercaya Ampuh Ngobati Pasien Covid-19

 

Tanjab Barat -Bulenonnews.com. Tim medis baru-baru ini menemukan cara pengobatan yang dipercayai lebih ampuh dan cepat dalam mengobati pasien covid-19, yakni dengan menggunakan metode terapi plasma konvalesen atau pemberian plasma darah dari pasien yang telah sembuh dari covid-19.

Metode terapi plasma konvalesen ini merupakan cara pasif yang dapat dilakukan dalam menangani pasien yang sedang dalam perawatan baik gejala sedang maupun berat. Namun tidak mudah, banyak tahapan maupun ketersediaan alat medis yang lengkap untuk menguji sampel tersebut serta ada kategori-kategori tertentu terhadap pasien yang sembuh dari covid-19 untuk mendonorkan plasma darahnya.

Sementara itu, di Kabupaten Tanjung Jabung Barat saat ini belum memiliki alat ataupun stok pendonor plasma konvalesen. Saat ini kata dr. Nani, ketika pasien yang terpapar covid-19 dengan gejala berat pihaknya langsung merujuk ke RS rujukan covid-19 Provinsi Jambi.

Baca Juga  Bupati Pimpin Apel Operasi Mantap Praja Pengamanan Pemilukada Serentak 2020

“Kalau kita tidak punya alat itu, dan juga SDM kita masih terbatas untuk hal itu, jadi untuk pengobatan pasien covid-19 gejala berat misalnya kalau memang ada yang bersedia mendonorkan plasma darahnya kita langsung rujuk saja ke RS Raden Mattaher Jambi,”sebutnya.

Menurut dr. Nani, terkait donor plasma konvalesen tersebut susah untuk dilakukan dan hal itu merupakan kesadaran dari pasien tersebut, Disisi lain, pihaknya menghimbau kepada masyarakat yang telah sembuh menderita covid-19 di Kabupaten Tanjab Barat untuk dapat berpartisipasi dalam melakukan donor plasma konvalesen.

Baca Juga  KPU Tanjab Barat Distribusikan Logistik Pilkada.

“Sebenarnyakan kembali kepribadi mereka ya untuk pendonor ini, namun kita tetap menginformasikan dan mengajak masyarakat kita untuk turut melakukan donor plasma konvalesen, walaupun ditempat kita belum bisa ya paling tidak secara kemanusiaan kita ikut berpartisipasi,”ucap dr. Nani.

“Memang tidak semudah mendonorkan darah biasa, kalau donor plasma konvalesen ini dia ketika darah diambil dari pendonor langsung dimasuk kan kedalam mesin, kemudian dikeluarkan secara terpisah dari kantongnya kan yang diambil plasmanya tu, nah kira-kira dia begitu,”pungkasnya.

Penulis/Editor: Ote. 

Share :

Baca Juga

Tanjab Barat

Polri TNI Bersama Nelayan Peringati Detik-Detik HUT Kemerdekaan RI Ke-75 Ditengah Sungai Pengabuan

Tanjab Barat

Dinsos Tanjab Barat Terima Data 3.920 KK Akan Terima Bantuan Sosial

Tanjab Barat

Masa Reses Hamdani Tampung Aspirasi Masyarakat Kecamatan Batang Asam

Tanjab Barat

Bupati Safrial Hadiri Rapat Paripurna DPRD Tanjab Barat, Tentang APBD Perubahan

Tanjab Barat

Dandim 0419 Tanjab Berikan Bantuan Korban Kebakaran di Jalan Ketapang

Tanjab Barat

Kasus Narkoba Di Tanjabbarat Meningkat Pada Tahun 2020

Berita

Jamal,Terkait Polemik Jalan Rigit Beton BTN Disinyalir Kurangnya Koordinasi

Tanjab Barat

Terima WhatsApp PUPR ALKAL Faisal Riza: Alhamdulillah Jalan Teluk-Senyerang Segera Diperbaiki