Anwar Sadat Cakada Pertama mengembalikan Formulir Pendaftaran di DPC Partai Demokrat Tanjab Barat  DPC PPP Tanjab Barat Buka Pendaftaran Bakal Cakada Ahmad Jahfar Ambil Formulir Pendaftaran Cakada di Partai Demokrat Tanjab Barat. Polres Tanjab Barat Ringkus Pelaku Setubuhi Anak Dibawah Umur Seorang Pria di Tanjab Barat Alami Luka Bacok di Perut dan Tangan 

Home / Berita

Senin, 18 Maret 2024 - 16:43 WIB

Wow..!! Olahan Sampah Jadi Sembako, Pj Bupati Kunjungi TPA Merangin

 

BANGKO-BULENONNEWS.COM. Kapasitas sampah Kota Bangko setiap hanya bisa tembus sampai 2-4 ton, baik dari sampah rumah tangga maupun sampah dari pasar-pasar. Jumlah tersebut bisa bertambah lagi ketika memasuki peringatan hari-hari besar.

Hal tersebut sebagaimana dikatakan Pj Bupati Merangin H Mukti didampingi Kadis Lingkungan Hidup Merangin Syafrani, saat meninjau Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah di Desa Langling Kecamatan Bangko, Senin (18/3).

‘’Sengaja saya ke TPA ini untuk melihat langsung berapa banyak kapasitas sampah Kota Bangko setiap harinya dan bagaimana proses pengelolaannya, sehingga Kota Bangko menjadi kota bersih meraih Adipura,’’ujar Pj Bupati.

Baca Juga  Wabup Merangin Lantik 49 Pejabat Eselon III dan IV

Di TPA sampah itu, H Mukti menghitung sendiri mobil-mobil pengangkut sampah yang masuk. Mobil-mobil itu ditimbang terlebih dahulu sebelum sampahnya di buang, sehingga diketahui berapa kabasitas sampai seharinya untuk Kota Bangko.

Pj bupati minta proses pengangkutan sampah tersebut harus terus dijaga, jangan sampai Kota Bangko jadi kotor akibat sampah yang menumpuk, sehingga bisa menimbulkan berbagai penyakit.

Baca Juga  MPC Pemuda Pancasila Merangin Sesalkan Aksi Brutal KS Batubara Rusak Kantor Gubernur Jambi

Menariknya dalam pengelolan sampah tersebut, tercetus ide inovatif bagaimana sebanyak 2-4 sampah itu bisa menjadi Sembako (Sambako). Pj bupati minta sampah rumah tangga dipisahkan antara sampah basah dan sampah kering.

‘’Jadi setelah sampah rumah tangga itu diambil, nanti sampah yang jenis pelastik dan tembaga atau lainnya bisa didaur ulang dijual kiloan yang hasil penjualannya itu bisa dibelikan Sembako,’’terang Pj Bupati. (Red).

Share :

Baca Juga

Berita

Laris Manis.. ! Warga Serbu Operasi Pasar Yang Digelar Pj Bupati Merangin di Pasar Bangko

Berita

Bupati Pimpin Apel Operasi Mantap Praja Pengamanan Pemilukada Serentak 2020

Berita

Bupati Tanjab Barat Buka Sosialisasi Program Pengendalian Gratifikasi Oleh KPK RI

Berita

H. Cek Endra Pimpin Rapat Forkopimda Kabupaten Sarolangun Bahas Soal Warga SAD

Berita

Percepat Program Kerja 2024, Pj Bupati Merangin Rapat Staf Lengkap Evaluasi Serapan 2023

Berita

AHY Dipastikan akan Melantik DPC Seprovinsi Jambi 12 Januari 2023

Berita

Kapolres Tanjabbarat Pimpin Langsung Operasi Yistisi Guna Pencegahan Virus Corona

Berita

Ketua Fraksi Demokrat Provinsi Jambi, H. Ahmad Fauzi Ansori menyalurkan bantuan UMKM di Kabupaten Merangin