Bupati Anwar Sadat Safari Jum’at di Masjid Nurul Iman di Kecamatan Kuala Betara Kunjungi Desa Dualap, Bupati Anwar Sadat Dengarkan Aspirasi Masyarakat Bupati Anwar Sadat Hadiri Acara Kegiatan ARKAS Mantap!! Usai Pensiun Kepala Dinas Dukcapil Tanjab Barat Gabung Partai Politik Bupati Anwar Sadat Kembali Laksanakan Safari Subuh di Masjid Miftahul Jannah

Home / Daerah

Jumat, 14 Mei 2021 - 11:05 WIB

Pawai Ziarah Makam Tradisi Warga Desa Tanjung Secara Turun Temurun

 

Sarolangun-Bulenonnewa.com.

Ziarah ke Makam merupakan Adat tradisi dan Budaya bagi kaum Mu’min sedunia untuk mengenang orang yang telah meninggal atau sudah wafat.

Tak ayal Desa Tanjung Kecamatan Bathin Vlll Kabupaten Sarolangun, setiap Hari Raya Idul Fitri ke Dua selalu melaksanakan Pawai Ziarah ke Makam bersama-sama dan hampir semua kaum laki-laki di Desa tersebut turun berjamaah untuk berta’ziah.

Pelaksanaan Ziarah makam Desa Tanjung Bertepan dihari Jumat (14/5/21) di Tempat Pemakaman Umum (TPU) dilokasi Pemakaman lama seberang, Dusn dan TPU yang baru.

Tidak itu saja, selain berta’ziah masyarakat Desa ini antusias mendengarkan Cerita Legendaris Asal muasal masuknya agama Islam ke Desa Tanjung sejak tahun 1770 silam yang di pelopori oleh Khotib Ali dari Sumatera Barat dan dari Aceh.

Baca Juga  Lagi-lagi Kejari Pelelawan Melalui Kasi Pidsus Selamatkan Uang Negara

Disamping berta’ziah pawai ziarah, warga Desa Tanjung secara Individu juga melaksanakan ziarah ke makam keluaganya masing-masing usai Pawai Ziarah berjamaah.

Ahmad Lutfi Kepala Desa Tanjung saat diwawancarai Media ini mengatakan, Pawai Ziarah ini biasa dilakukan masyarakat Desa Tanjung yang turun temurun.

” Ziarah Kubur secara bejamaah ini, merupakan tradisi turun temurun sejak zaman dahulu, tujuannya adalah untuk mengenang jasa para terdahulu yang memperjuangkan Pembangunan Desa Tanjung kala itu, Alhamdulillah budaya itu tetap terjaga hingga saat ini, “terang Kades Ahmad Lutfi.

Baca Juga  Peringatan HUT RI di Kecamatan Pangkalan Kuras Sangat Sederhana

Lanjut Kades, ” Ada Lima titik Pemakaman yang di Ziarah hari ini, namun tak kalah pentingnya adalah ziarah ke makam para Debalang (Pahlawan Perjuangan) dan para Guru dan Ulama lainnya Desa Tanjung Ratusan tahun yang lalu, “tambahnya.

Sementra Imam Masjid Mu’awanah Desa Tanjung Hasbi mengatakan,”Wisata Nabi Muhammad SAW adalah Kuburan, jadi jika kita rindu kepada keluarga yg sudah meninggal, ziarahlah ke Kuburan,” ungkapan Imam.

Penulis/Editor: Ote. 

Share :

Baca Juga

Meraingin

Nilwan Yahya Optimis, Merangin Raih Camat Teladan Tingkat Provinsi Jambi

Meraingin

Hasbi Ansohry Mampir di Merangin Temui TNI Asal Suku Anak Dalam

Tanjab Barat

Satgas TMMD Ke -113 Kodim 0419 Tanjab Bangun Bak Sampah Bersama Masyarakat

Daerah

Gabungan Polres Kampar, Brimob dan BKO Polda Riau Lakukan Disiplin Penerapan Protokol Kesehatan

Pemerintahan

Wabup Tinjau Persiapan Sarana MTQ di Masjid Syeh Utsman Kuala Tungkal

Tanjab Barat

Bupati Terpilih Periode 2021-2024 UAS Tinjau Warga korban Kebakaran

Tanjab Barat

Hadiri Rapat Paripurna,Safrial Ogah Tanda tangani Raperda APBD 2021

Meraingin

Warga Desa Buluran Panjang Sepakat Memindahkan Pemakaman