Hasbi Anshory Turut Berduka Atas Wafatnya Anggota DPR RI Percha Leanpuri Politisi NasDem Terpapar Covid 19, Pelayanan IGD RSUD KH Daud Arif dan Puskesmas Pijoan Baru Tutup Sementara Pengembalian Hasil Temuan BPK di Tanjab Barat Masih Minim Sterilisasi dan Tracking, Besok IGD RSUD KH Daud Arif Kuala Tungkal Tidak Terima Pasien Perhari RSUD KH Daud Arif Kuala Tungkal Membutuhkan 50 Tabung Oksigen

Home / Daerah

Jumat, 14 Mei 2021 - 11:05 WIB

Pawai Ziarah Makam Tradisi Warga Desa Tanjung Secara Turun Temurun

 

Sarolangun-Bulenonnewa.com.

Ziarah ke Makam merupakan Adat tradisi dan Budaya bagi kaum Mu’min sedunia untuk mengenang orang yang telah meninggal atau sudah wafat.

Tak ayal Desa Tanjung Kecamatan Bathin Vlll Kabupaten Sarolangun, setiap Hari Raya Idul Fitri ke Dua selalu melaksanakan Pawai Ziarah ke Makam bersama-sama dan hampir semua kaum laki-laki di Desa tersebut turun berjamaah untuk berta’ziah.

Pelaksanaan Ziarah makam Desa Tanjung Bertepan dihari Jumat (14/5/21) di Tempat Pemakaman Umum (TPU) dilokasi Pemakaman lama seberang, Dusn dan TPU yang baru.

Baca Juga  Kapolsek Giat Bersama Anggota Terus Gencar Laksanakan Patroli Menghimbau Warga.

Tidak itu saja, selain berta’ziah masyarakat Desa ini antusias mendengarkan Cerita Legendaris Asal muasal masuknya agama Islam ke Desa Tanjung sejak tahun 1770 silam yang di pelopori oleh Khotib Ali dari Sumatera Barat dan dari Aceh.

Disamping berta’ziah pawai ziarah, warga Desa Tanjung secara Individu juga melaksanakan ziarah ke makam keluaganya masing-masing usai Pawai Ziarah berjamaah.

Baca Juga  Meski Pandemi Covid-19, Kades Talau Dan Warga Tetap Semangat Rayakan HUT RI Ke-75

Ahmad Lutfi Kepala Desa Tanjung saat diwawancarai Media ini mengatakan, Pawai Ziarah ini biasa dilakukan masyarakat Desa Tanjung yang turun temurun.

” Ziarah Kubur secara bejamaah ini, merupakan tradisi turun temurun sejak zaman dahulu, tujuannya adalah untuk mengenang jasa para terdahulu yang memperjuangkan Pembangunan Desa Tanjung kala itu, Alhamdulillah budaya itu tetap terjaga hingga saat ini, “terang Kades Ahmad Lutfi.

Baca Juga  Polsek Pangkalan Kuras Sebar Maklumat Polda Riau Serta Pengecekan Lahan Rawan Kebakaran

Lanjut Kades, ” Ada Lima titik Pemakaman yang di Ziarah hari ini, namun tak kalah pentingnya adalah ziarah ke makam para Debalang (Pahlawan Perjuangan) dan para Guru dan Ulama lainnya Desa Tanjung Ratusan tahun yang lalu, “tambahnya.

Sementra Imam Masjid Mu’awanah Desa Tanjung Hasbi mengatakan,”Wisata Nabi Muhammad SAW adalah Kuburan, jadi jika kita rindu kepada keluarga yg sudah meninggal, ziarahlah ke Kuburan,” ungkapan Imam.

Penulis/Editor: Ote. 

Share :

Baca Juga

Daerah

Antisipasi Terjadinya Tindak Kriminal Polsek Bunut Laksanakan (KRYD).

Tanjab Barat

Bupati Safrial Ikuti Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih HUT RI Ke-75

Tanjab Barat

Bupati Tanjab Barat Beserta Isteri Santuni Anak Yatim dan Kaum Dhuafa

Berita

Hasil Audit Inspektorat, Beberapa OPD Kembalikan Dana Refocusing Covid-19

Tanjab Barat

Seorang Lansia Hilang Selama Dua Hari di Temukan Disemak Belukar

Tanjab Barat

Penetapan Paslon Dilakukan Tertutup,Polres Tanjab Barat Turunkan Personil Pengamanan Di KPU

Tanjab Barat

DPRD Tanjab Barat Gelar Rapat Penyampaian Banggar, Pengambilan Keputusan dan Tanggapan Bupati Atas Ranperda Tahun 2019

Meraingin

DPRD Merangin Gelar Rapat Paripurna Dalam Rangka Mendengar Pidato Kenegaraan