Warga OKU Sempat Sesak Nafas dan Minta Air Mineral Sebelum Meninggal Dunia di Masjid Raya DPRD Tanjab Barat Gelar Rapat Paripurna Sumpah/Janji PAW Hasbi Peduli Sesama Kartini Tanjab Barat Bergerak Berikan Bantuan Korban Kebakaran Mendahara Tengah Wabup Hairan Gelar Rapat Berasma Satgas Covid-19 Polres Tanjab Barat Bersama Kodim 0419/Tanjab Besergi Dengan PMI Gelar Gerakan 1000 Kantong Darah

Home / Daerah

Jumat, 14 Mei 2021 - 11:05 WIB

Pawai Ziarah Makam Tradisi Warga Desa Tanjung Secara Turun Temurun

 

Sarolangun-Bulenonnewa.com.

Ziarah ke Makam merupakan Adat tradisi dan Budaya bagi kaum Mu’min sedunia untuk mengenang orang yang telah meninggal atau sudah wafat.

Tak ayal Desa Tanjung Kecamatan Bathin Vlll Kabupaten Sarolangun, setiap Hari Raya Idul Fitri ke Dua selalu melaksanakan Pawai Ziarah ke Makam bersama-sama dan hampir semua kaum laki-laki di Desa tersebut turun berjamaah untuk berta’ziah.

Pelaksanaan Ziarah makam Desa Tanjung Bertepan dihari Jumat (14/5/21) di Tempat Pemakaman Umum (TPU) dilokasi Pemakaman lama seberang, Dusn dan TPU yang baru.

Baca Juga  Waw..! 2 Kali Bleklis SPBU Pulai Masih mainkan Pengisian Jirigen, Terkesan Kebal Hukum

Tidak itu saja, selain berta’ziah masyarakat Desa ini antusias mendengarkan Cerita Legendaris Asal muasal masuknya agama Islam ke Desa Tanjung sejak tahun 1770 silam yang di pelopori oleh Khotib Ali dari Sumatera Barat dan dari Aceh.

Disamping berta’ziah pawai ziarah, warga Desa Tanjung secara Individu juga melaksanakan ziarah ke makam keluaganya masing-masing usai Pawai Ziarah berjamaah.

Baca Juga  Polsek Bunut Berjibaku Padamkan Api, Lahan Masyarakat di Desa Petani Terbakar.

Ahmad Lutfi Kepala Desa Tanjung saat diwawancarai Media ini mengatakan, Pawai Ziarah ini biasa dilakukan masyarakat Desa Tanjung yang turun temurun.

” Ziarah Kubur secara bejamaah ini, merupakan tradisi turun temurun sejak zaman dahulu, tujuannya adalah untuk mengenang jasa para terdahulu yang memperjuangkan Pembangunan Desa Tanjung kala itu, Alhamdulillah budaya itu tetap terjaga hingga saat ini, “terang Kades Ahmad Lutfi.

Baca Juga  Niat Mencari Ikan, Warga Kampar Malah Temukan Granat Didasar Sungai

Lanjut Kades, ” Ada Lima titik Pemakaman yang di Ziarah hari ini, namun tak kalah pentingnya adalah ziarah ke makam para Debalang (Pahlawan Perjuangan) dan para Guru dan Ulama lainnya Desa Tanjung Ratusan tahun yang lalu, “tambahnya.

Sementra Imam Masjid Mu’awanah Desa Tanjung Hasbi mengatakan,”Wisata Nabi Muhammad SAW adalah Kuburan, jadi jika kita rindu kepada keluarga yg sudah meninggal, ziarahlah ke Kuburan,” ungkapan Imam.

Penulis/Editor: Ote. 

Share :

Baca Juga

Tanjab Barat

Hasil Temuan BPK, Sejumlah OPD Tanjabar Diminta Kembalikan Uang Negara

Daerah

Tercemarnya Sungai Kerumutan Bandar Petalangan, Diduga Meluapnya Limbah Pabrik PT. Serikat Putra

Meraingin

Al Haris: Dukungan PAN Sudah Mantap, Insha Allah Rekomendasi Keluar Minggu Ini

Meraingin

Camat, Lurah dan Kades Bantah Tudingan Menerima Uang Transport Untuk Salurkan Bansos

Tanjab Barat

Kapolres Tanjabbar Pimpin Pemakaman Jenzah Pasien Suspek

Tanjab Barat

Ditengah Pandemi Covid-19,Jamal Dermawan Sedekahkan 3 Ekor Sapi Qurban Di Tiga Kelurahan

Tanjab Barat

Rapbd BerubahBupati Safrial Pilih Work Out Dari Sidang Paripurna Tanjabbarat

Tanjab Barat

Buka Kegiatan Atensi LPPD, Ini Penyampaian Sekda Tanjab Barat