Diduga Pilkades Desa Tanjung Pasir Penuh Kecurangan, Suharyono: Musyawarah di Tiap Tingkatan Mengecewakan Bupati Tanjab Barat Singgung Kinerja Camat dan Lurah Lambatnya Koordinasi Berbagai Persoalan Bupati Tanjab Barat Sidak Temui Kantor Kelurahan Kosong dan Bergembok Bupati Tanjab Barat Hadiri Ekspose Persiapan Tuan Rumah MTQ ke -50 Tingkat Kabupaten Bupati Tanjab Barat Hadiri Rakor Pemberantasan Korupsi se – Provinsi Jambi

Home / Sarolangun

Senin, 10 Januari 2022 - 21:31 WIB

Bupati Sarolangun Hadiri Deklarasi Damai SAD Dengan Security PT. PKM.

Bulenonnews..com Sarolangun. Bupati Sarolangun H. Cek Endra hadiri Deklarasi Damai Warga Kecamatan Air Hitam dan Penandatanganan Perdamaian antara warga Suku Anak Dalam (SAD) dengan Security PT. Permata Kreasi Mas (PKM) di Kantor Camat Air Hitam Kabupaten Sarolangun, Senin (10/01/22).

Dalam acara perdamaian kedua belah pihak itu Hadir juga Wakapolda Jambi Brigjen Pol Yudawan Roswinarjo, SH.MH, Bupati Sarolangun H. Cek Endra, Dandim 0420/Sarko Letkol Inf Tomy Radya Diansyah Lubis S.Ap, M. Han, Kapolres Sarolangun AKBP Anggun Cahyono S.I.K

Selain itu, juga hadir  Staf Ahli Gubernur Asraf, Wakil Ketua DPRD H. Fahrur Rozi, Camat Air Hitam Herjoni Edison, Kapolsek Air Hitam Iptu Yurizal, Danramil 420-03/Pauh Kpt Inf Muchtar, Ketua Lembaga Adat Kecamatan Air Hitam, Para OPD Kabupaten Sarolangun, Pimpinan PT. Sinarmas Jon, Para Kades Sekecamatan Air Hitam, Para Temenggung dan Jenang dari Suku Anak Dalam.

Acara diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Do’a di pimpin oleh Kepala KUA Kecamatan Air Hitam, dilanjutkan dengan laporan Camat Air Hitam, Pembacaan Deklarasi Damai seterusnya Penandatanganan Deklarasi oleh 3 perwakilan Tokoh masyarakat Kecamatan Air Hitam yakni dari Warga Melayu oleh Bapak H. Abdul Majid, Warga Eks Transmigrasi oleh Sunaryo, Warga SAD oleh H. Jailani.

Baca Juga  Wabup Sarolangun Bertindak Selaku Pembina Upacara Peringatan HAB Kemenag Ke 76

Penandatanganan Perdamaian ini disaksikan oleh Ketua Lembaga Adat Kecamatan Air Hitam, Kapolsek Air Hitam Danramil Pauh, Camat Air Hitam dan di ketahui oleh Bupati Sarolangun, Kapolres Sarolangun dan Dandim 0420/Sarko.

Diketahui, sebelumnya pada bulan Oktober 2021 lalu, terlah terjadi perselisihan antara Pihak PT. PKM dan warga Suku Anak Dalam Kecamatan Air Hitam yang berujung penembakan Tiga orang Security PT. PKM.

Usai melaksanakan penandatanganan, acara dilanjutkan dengan penyerahan bantuan santunan kepada korban dan bantuan sembako kepada warga SAD.

Bupati Sarolangun H. Cek Endra dalam sambutannya mengucapan terima kepada Kepada Pihak TNI – POLRI, Pihak Pemerintah Kecamatan Air Hitam, PT. Sinarmas dan masyarakat Air Hitam yang telah bekerja keras turun kelapangan untuk mengkondisikan agar situasi tetap aman dan damai sejak pertama kali terjadinya penembakan pada Bulan Oktober 2021 tersebut.

Baca Juga  Tak Kenal Maka Tak Sayang, Kominfo Sarolangun Silaturahmi Bersama Awak Media

” Alhamdulillah pada hari ini, atas inisiatif Lembaga Lembaga Adat, Camat, para Kades dan pihak korban telah tercapai kesepakatan perdamaian,” Ucap Bupati.

H. Cek Endra mengatakan sebagaimana semboyan  pada Lambang Kabupaten Sarolangun yang berbunyi Sepucuk Adat Serumpun Pseko, yang artinya hidup rukun dikandung Adat bak serai dalam rumpun, yang selalu kompak tidak ada perbedaan.

“Kalo kita orang Adat Sarolangun ini, Kalo sudah ada damai tidak ada lagi dendam di dalam hati, ” sebut Bupati.

H. Cek Endra diakhir sambutannya meminta Pihak Perusahaan untuk membangun kebun, sehingga keuntungan tersebut dapat di bagi setiap Bulannya kepada SAD, karena Pemerintah Kabupaten Sarolangun siap  menyediakan lahan.

Editor : OS.

Share :

Baca Juga

Pemerintahan

PROKES KETAT, H. Cek Endra Lantik 4 Kades Se Kecamatan Batang Asai Sekaligus

Sarolangun

Angka Perkara dan Perceraian di PA Sarolangun Berjumlah 628, Didominasi Usia Produktif

Sarolangun

H. Cek Endra Buka Acara Forum Konsultasi Publik Dalam Rangka RPD Tahun 2023 – 2026

Sarolangun

Ketua DPRD Sarolangun Himbau Masyarakat Untuk Menjaga Kamtibmas Nataru.

Sarolangun

Hilallatil Badri Pimpin Rakor Pembahasan Batas Lahan HGU PT. APTP

Sarolangun

Pj Bupati Sarolangun Lepas Keberangkatan 117 Jama’ah Calon Haji

Sarolangun

Breaking News, Kebakaran Hebat Menghanguskan Pondok Pesantren Nida Alqur’an Desa Tanjung Sarolangun

Sarolangun

Di Tahun 2021 Damkar Sarolangun Tangani 58 Kasus Kebakaran dan Penyelamatan