Seorang Pria di Tanjab Barat Alami Luka Bacok di Perut dan Tangan  Bupati Anwar Sadat Berikan Bantuan Sepada Baru Pada Pedagang Jamu Keliling  Bupati Tanjab Barat Tinjau TPU Desa Sialang Bupati Tanjab Barat Pimpin Apel Perdana Setelah Lebaran Idul Fitri  Bupati Serahkan Hadiah Juara Arakan Sahur di Tanjab Barat

Home / Sarolangun

Senin, 10 Januari 2022 - 21:31 WIB

Bupati Sarolangun Hadiri Deklarasi Damai SAD Dengan Security PT. PKM.

Bulenonnews..com Sarolangun. Bupati Sarolangun H. Cek Endra hadiri Deklarasi Damai Warga Kecamatan Air Hitam dan Penandatanganan Perdamaian antara warga Suku Anak Dalam (SAD) dengan Security PT. Permata Kreasi Mas (PKM) di Kantor Camat Air Hitam Kabupaten Sarolangun, Senin (10/01/22).

Dalam acara perdamaian kedua belah pihak itu Hadir juga Wakapolda Jambi Brigjen Pol Yudawan Roswinarjo, SH.MH, Bupati Sarolangun H. Cek Endra, Dandim 0420/Sarko Letkol Inf Tomy Radya Diansyah Lubis S.Ap, M. Han, Kapolres Sarolangun AKBP Anggun Cahyono S.I.K

Selain itu, juga hadir  Staf Ahli Gubernur Asraf, Wakil Ketua DPRD H. Fahrur Rozi, Camat Air Hitam Herjoni Edison, Kapolsek Air Hitam Iptu Yurizal, Danramil 420-03/Pauh Kpt Inf Muchtar, Ketua Lembaga Adat Kecamatan Air Hitam, Para OPD Kabupaten Sarolangun, Pimpinan PT. Sinarmas Jon, Para Kades Sekecamatan Air Hitam, Para Temenggung dan Jenang dari Suku Anak Dalam.

Acara diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Do’a di pimpin oleh Kepala KUA Kecamatan Air Hitam, dilanjutkan dengan laporan Camat Air Hitam, Pembacaan Deklarasi Damai seterusnya Penandatanganan Deklarasi oleh 3 perwakilan Tokoh masyarakat Kecamatan Air Hitam yakni dari Warga Melayu oleh Bapak H. Abdul Majid, Warga Eks Transmigrasi oleh Sunaryo, Warga SAD oleh H. Jailani.

Baca Juga  Pasca Kebakaran, Ponpes Nidaul Qur'an Desa Tanjung Sarolangun Open Donasi

Penandatanganan Perdamaian ini disaksikan oleh Ketua Lembaga Adat Kecamatan Air Hitam, Kapolsek Air Hitam Danramil Pauh, Camat Air Hitam dan di ketahui oleh Bupati Sarolangun, Kapolres Sarolangun dan Dandim 0420/Sarko.

Diketahui, sebelumnya pada bulan Oktober 2021 lalu, terlah terjadi perselisihan antara Pihak PT. PKM dan warga Suku Anak Dalam Kecamatan Air Hitam yang berujung penembakan Tiga orang Security PT. PKM.

Usai melaksanakan penandatanganan, acara dilanjutkan dengan penyerahan bantuan santunan kepada korban dan bantuan sembako kepada warga SAD.

Bupati Sarolangun H. Cek Endra dalam sambutannya mengucapan terima kepada Kepada Pihak TNI – POLRI, Pihak Pemerintah Kecamatan Air Hitam, PT. Sinarmas dan masyarakat Air Hitam yang telah bekerja keras turun kelapangan untuk mengkondisikan agar situasi tetap aman dan damai sejak pertama kali terjadinya penembakan pada Bulan Oktober 2021 tersebut.

Baca Juga  Dari Tahun Ketahun Pajak Bumi dan Bangunan Kab. Sarolangun Kian Meningkat

” Alhamdulillah pada hari ini, atas inisiatif Lembaga Lembaga Adat, Camat, para Kades dan pihak korban telah tercapai kesepakatan perdamaian,” Ucap Bupati.

H. Cek Endra mengatakan sebagaimana semboyan  pada Lambang Kabupaten Sarolangun yang berbunyi Sepucuk Adat Serumpun Pseko, yang artinya hidup rukun dikandung Adat bak serai dalam rumpun, yang selalu kompak tidak ada perbedaan.

“Kalo kita orang Adat Sarolangun ini, Kalo sudah ada damai tidak ada lagi dendam di dalam hati, ” sebut Bupati.

H. Cek Endra diakhir sambutannya meminta Pihak Perusahaan untuk membangun kebun, sehingga keuntungan tersebut dapat di bagi setiap Bulannya kepada SAD, karena Pemerintah Kabupaten Sarolangun siap  menyediakan lahan.

Editor : OS.

Share :

Baca Juga

Pemerintahan

PROKES KETAT, H. Cek Endra Lantik 4 Kades Se Kecamatan Batang Asai Sekaligus

Sarolangun

Bupati Buka Pacu Perahu Dalam Perayaan HUT Ke 23 Kabupaten Sarolangun

Pemerintahan

Tiga Kades Kecamatan Air Hitam Kabupaten Sarolangun Dilantik

Sarolangun

Percepatan Kegiatan DPUPR Sarolangun, Kabid dan PPTK Diminta Fokus Awasi Lapangan

Sarolangun

Angka Perkara dan Perceraian di PA Sarolangun Berjumlah 628, Didominasi Usia Produktif

Sarolangun

Raih Nilai SNI Tertinggi H. Cek Endra Dukung Kegiatan Balai Rehabilitasi Napza Sarolangun

Sarolangun

Danrem 042/Gapu Tatap Muka bersama Prajurit dan Persit Kipan A Yonif Raider 142/KJ

Sarolangun

Tak Kenal Maka Tak Sayang, Kominfo Sarolangun Silaturahmi Bersama Awak Media