Bulog Kancab Kuala Tungkal Jamin Ketersediaan Beras Cukup Hingga Akhir Tahun Inspektorat Akan Tambah Auditor Pengawas 114 Desa di Tanjab Barat Bupati Tanjab Barat Pimpin Upacara HUT Pramuka Ke-61 Mancing Mania HUT TNI ke-77, Kodim 0419/Tanjab Jaga Silaturahmi dan Sinergitas Diduga Pilkades Desa Tanjung Pasir Penuh Kecurangan, Suharyono: Musyawarah di Tiap Tingkatan Mengecewakan

Home / Sarolangun

Minggu, 26 Juni 2022 - 16:23 WIB

Pemkab Sarolangun Lepas Jamaah Calon Haji Sekaligus Gelar Giat Walimatussafar

BULENONNEWS.COMSAROLANGUN. Pemerintah Kabupaten Sarolangun melaksanakan kegiatan Walimatussafar Lilhaj sekaligus pelepasan Jamaah Calon Haji (JCJ) Kabupaten Sarolangun tahun 1443 Hijriyah/2022 Masehi, Senin (20/06/2022) malam di rumah Dinas Bupati Sarolangun.

Kegiatan tersebut dihadiri langsung Penjabat Bupati Sarolangun Henrizal, S.Pt, MM, Ketua DPRD Sarolangun Tontawi Jauhari, SE, Para Wakil Ketua DPRD Sarolangun, Sekda Sarolangun Ir Endang Abdul Naser, Para Kepala OPD, Kepala Kemenag Sarolangun Drs H M Syatar beserta jajaran dan ratusan JCH Kabupaten Sarolangun, dan ustadz H M Amin, M .Kes yang datang dari Jambi.

Kepala Kemenag Sarolangun M Syatar mengatakan bahwa seyogyanya JCH diberangkatkan pada tahun 2020 yang lalu, namun karena pandemi Covid-19 sehingga pemerintah Arab Saudi menunda pelaksanaan ibadah haji. Namun, seiring dengan penurunan berbagai wabah covid-19, pada tahun 2022 ini pelaksanaan ibadah haji kembali dibuka oleh Pemerintah Arab Saudi.

“Tahun 2022 ini, sesuai dengan surat edaran Mentei Agama JCH bisa diberangkatkan,” katanya.

Ia menambahkan jumlah JCH Kabupaten Sarolangun yang akan diberangkatkan pada 26 Juni 2022 mendatang ada sebanyak 117 orang tergabung dalam kloter 12, terdiri dari 54 orang laki-laki dan Perempuan 63 orang dengan rincian JCH terbanyak dari wilayah Kecamatan Sarolangun sebanyak 30 orang, dan paling sedikit sebanyak 2 orang dari Kecamatan Pauh.

“Masuk ke asrama haji provinsi Jambi pada tanggal 26 Juni 2022 pada pukul 10.00 wib, dan tanggal 27 Juni pukul 13.00 wib akan diberangkatkan ke Batam dan pemulangan jch pada bulan Agustus mendatang,” katanya.

Baca Juga  Pasca Kebakaran, Ponpes Nidaul Qur'an Desa Tanjung Sarolangun Open Donasi

Ia juga menjelaskan JCH asal Kabupaten Sarolangun yang paling muda dengan jenis kelamin laki-laki atas nama Ali Alatas umur 30 tahun dari kecamatan Limun dan tertua Yasid Usman Muhammah Nuh dengan umur 64 Tahun, sedangkan JCH jenis kelamin Perempuan atas nama Nurmala Fitria umur 24 tahun dari Kecamatan Bathin VIII dan tertua atas nama Hafsiah Amin umur 64 tahun dari Kecamatan Sarolangun.

“Passpor juga sudah selesai, tas dan coper juga sudah diberikan ke jch dan persiapan manasik haji sudah selesai dan untuk pemeriksaan kesehatan akan dilaksanakan pada tanggal 22 Juni 2022 di mesjid Baiturrahman, dan akan diberangkatkan pada tanggal 26 Juni 2022 di mesjid As Sulton, setelah sholat shubuh berjamaah,” katanya.

“Kita sama-sama berdoa keberangkatan kita digabungkan dengan kegiatan walimatussafar untuk dilepas secara resmi oleh bapak penjabat Bupati Sarolangun. JCH agar mengantarkan tas coper ke Kemenag sarolangun tiga hari sebelum keberangkatan, dan para jamaah agar membawa barang-barang yang perlu saja,” kata dia menambahkan.

Sementara itu, PJ Bupati Sarolangun Henrizal mengatakan bahwa keberangkatan JCH Kabupaten Sarolangun merupakan hal yang harus di syukuri karena sudah dua tahun belakang ini pelaksanaan ibadah haji tidak bisa diberangkatkan karena covid-19.

Baca Juga  Diduga Tanah Rawa Yang Labil, Tembok Lapas Kelas ll B Sarolangun Rubuh

Katanya, jamaah Haji itu adalah tamu di tanah suci, sehingga ketika diperbolehkan masuk maka barulah bisa masuk, itupun dibatasi oleh pemerintah Arab Saudi dengan usia maksimal 65 tahun.

“Kita doakan bersama kedepan aturan maksimal 65 tahun itu dihapus dengan berakhirnya masa pandemi covid-19, sehingga masyarakat bisa diberangkatkan naik haji meski usia lebih dari 65 tahun,” katanya.

Ia juga menghimbau agar seluruh para JCH Sarolangun untuk senantiasa menjaga kesehatan selama melaksanakan ibadah haji dan memahami hakikat ibadah haji dengan sebaik-baiknya, menetapkan protokol kesehatan dan pola hidup yang bersih, serta membudayakan untuk selalu disiplin dan tepat waktu dalam melaksanakan ibadah haji.

-Saya berharap agar para Jamaah calon haji ini nantinya menjadi haji yang mabrur, dan meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT serta hubungan sesama manusia. Atas nama pemerintah kabupaten Sarolangun saya mengucapkan selamat menunaikan ibadah haji dan dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim saya melepas secara resmi keberangkatan JCH Kabupaten Sarolangun,” katanya.

Dalam kegiatan tersebut, PJ Bupati Sarolangun Henrizal, Ketua DPRD Sarolangun Tontawi Jauhari dan Kepala Kemenag Sarolangun memasangkan sal kepada para JCH untuk pelepasan secara resmi dan diakhiri dengan pembacaan surat Yassin dan tausyiah dari Ustadz M Amin, M.Kes.

Reporter : Ote

Share :

Baca Juga

Pemerintahan

Tiga Kades Kecamatan Air Hitam Kabupaten Sarolangun Dilantik

Sarolangun

Dinas PUPR Sarolangun Optimis, Sebelum Akhir 2021 Semua Kegiatan Rampung 100%

Sarolangun

Di Tahun 2021 Damkar Sarolangun Tangani 58 Kasus Kebakaran dan Penyelamatan

Sarolangun

SK PNS Formasi 2019 Diserahkan Bupati, Cek Endra Minta Bekerja Profesional.

Sarolangun

Hilallatil Badri Pimpin Rakor Pembahasan Batas Lahan HGU PT. APTP

Sarolangun

H. Cek Endra Canangkan Sarolangun Menjadi Sport Tourism

Sarolangun

Peringati HUT Provinsi Jambi Ke 65, Pemkab Sarolangun Laksanakan Upacara

Sarolangun

Pj Bupati Sarolangun Lepas Keberangkatan 117 Jama’ah Calon Haji