oleh

Kapolres Antar Hewan Qurban Titipan Dari Hamba Allah Ke Desa Terisolir

-Tanjab Barat-26 KALI DIBACA

TANJAB BARAT – Penyebelihan hewan qurban menjadi salah satu yang di anjurkan bagi umat Islam pada setiap perayaan hari Raya Idul Adha, bagi yang mampu untuk menunaikan,sebagai tanda syukur atas nikmat Allah SWT yang telah diberikan.

Sementara untuk di masjid wilayah perkampungan yang mayoritas penduduknya berpenghasilan ekonomi rendah, terkadang tidak melakukan penyebelihan hewan qurban.

Salah satunya masjid tertua di Tanjab Barat yang didirikan sekitar tahun 1918, berada di daerah Pasar Rebo, Dusun Perdana, Desa Pantai Gading, Kecamatan Bram Itam, Kabupaten Tanjung Jabung Barat, baru kali ini melakukan penyembelihan hewan qurban. Minggu (02/08/20/)

Penyembelihan hewan qurban yang masi dalam suasana hari Raya Idul Adha 1441 H inipun berkat pemberian dari Hambah Allah yang berada di Jakarta berupa satu ekor sapi dan dua ekor kambing yang dititipkan melalui Kapolres Tanjab Barat untuk masyarakat masjid pasar rebo.

Tentu saja hal ini disambut gembira masyarakat setempat, karena penyebelihan hewan qurban di masjid tertua ini baru yang pertama kali diadakan pasar rebo ini.

Ini diungkapkan oleh Kepala Desa Pantai Gading, M.Mahrus,bahwa selaku masyarakat pantai gading, khususnya warga pasar rebo,mengucapkan terimakasih pada hamba Allah yang memberikan hewan qurban melalui Kapolres Tanjab Barat sebagai perantara berupa satu ekor sapi dan dua ekor kambing Semoga jadi ladang amal dan ibadah.

“Semoga dengan adanya penyebelihan hewan qurban di masjid pasar rebo ini menjadikan hikmah bagi masyarakat pasar rebo tahun depannya,”ucapnya.

Sementara itu kata dia,kalau untuk penyembelihan hewan qurban khususnya di masjid Al Istiqomah, pasar Rebo ini baru kali pertama. Dikarenakan mayoritas masyarakat setempat hanya pembuat atap dari daun Nipah.

“Mudah mudahan dengan adanya penyebelihan hewan qurban ini,bisa menjadi motivasi pada masyarakat pasar rebo,semoga ditahun depan bisa menggugah hati masyarakat pasar rebo, kalau tidak bisa sendiri mungkin membeli hewan qurban secara bergotong royong,” harapnya.

Disisi lain, Kapolres Tanjab Barat AKBP Guntur Saputro SIK MH, menyebutkan, bahwa mendapatkan amanah dari hambah Allah yang berasal dari Jakarta, untuk mengantar hewan qurban daerah pasar rebo.

“Jadi kita hari ini mengantar hewan qurban kedusun pasar rebo, kebetulan di pasar rebo ini mempunyai masjid yang paling tua di wilayah Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Menurut informasi dari warga sekitar,”kata Kapolres.

Lebih lanjut Kapolres menjelaskan, bahwa Hambah Allah itu, berkeinginan untuk berkorban di wilayah Kabupaten Tanjung Jabung Barat dan mencarikan desa atau dusun yang terisolir.

“Kita di amanahkan oleh Hamba Allah tersebut untuk mencoba mencari desa atau mungkin didusun yang tahun ini,belum pernah mengadakan penyembelihan hewan qurban.”ucapnya.

Sebelumnya kata Kapolres,dirinya mendapatkan informasi dari warga sekitar bahwa di dusun desa pasar rebo ini dimasjid Al Istiqomah ini belum pernah menyembelih hewan qurban.

“kita sampaikan kepada hamba Allah itu ternyata disetujui untuk memberikan satu ekor sapi dan dua ekor kambing untuk di antar didusun ini.”jelasnya.

Lebih Lanjut Kapolres menuturkan,mengucapkan terima kasih pada hambah Allah yang sudah mengamanahkan kepada dirinya untuk mengantar ke dusun ini.

“Syukur Alhamdulillah hewan qurban nya sudah sampai ke tempat tujuan dan sudah dilakukan penyembelihan mudah mudahan nanti setelah dipotong di bagi kemasyarakat secara merata,”pesannya.

Kapolres berharap,qurban dari hambah Allah ini bisa bermanfaat, bisa barokah dan mampu menginspirasi warga lain mungkin di tahun depan bisa berkurban di dusun ini.

“Dengan adanya qurban ini mungkin dari warga sekitar bisa untuk merangsang teman teman lain yang memiliki kelebihan materi bisa menyampaikan qurban didusun ini di tahun berikutnya.”harapnya.

Reporter/Editor: Amir/Ote

Komentar

Berita Sebelumnya