Seorang Pria di Tanjab Barat Alami Luka Bacok di Perut dan Tangan  Bupati Anwar Sadat Berikan Bantuan Sepada Baru Pada Pedagang Jamu Keliling  Bupati Tanjab Barat Tinjau TPU Desa Sialang Bupati Tanjab Barat Pimpin Apel Perdana Setelah Lebaran Idul Fitri  Bupati Serahkan Hadiah Juara Arakan Sahur di Tanjab Barat

Home / Meraingin / Pemerintahan

Rabu, 28 September 2022 - 19:46 WIB

Nilwan: Kearifan Lokal Tentukan Kebehasilan Assesmen Geopark

BANGKO-BULENONNEWS.COM. Wabup Merangin Nilwan Yahya, mengajak seluruh lapisan masyarakat Provinsi Jambi, khususnya masyarakat Kabupaten Merangin, untuk bersama-sama terlibat dalam menyukseskan assesmen Geopark Merangin-Jambi.

Assesmen Geopark Merangin-Jambi yang akan berlangsung pada 06 -11 Oktober 2022 mendatang itu, menghadirkan tim evaluator Unesco Global Geopark (UGG), seperti Mr Babis C Fasoula dan Mr Alireza, yang akan menelusuri kawasan Geopark Merangin.

‘’Keterlibatan masyarakat untuk meloloskan Geoprak Merangin-Jambi masuk Unesco Global Geopark (UGG) itu sangat besar, terlebih masyarakat di kawasan geopark dalam proses pengembangan kawasan geopark itu sendiri,’’ujar Wabup, Rabu (28/9).

Untuk itu masyarakat harus tahu tentang kekayaan warisan budaya, geologi dan keanekaragam hayati yang dimiliki Geopark Merangin-Jambi, sehingga tidak sekedar menikmati, namun juga mengetahui sejarahnya.

‘’Jika masyarakat memahami itu semua, akan timbul rasa bangga dan kesadaran menjaga dan melestarikan Geopark Merangin-Jambi,’’terang Wabup yang tak bosan-bosan minta warga di berbagai kesempatan, menjaga kebersihan kawasan Geopark.

Baca Juga  Kapolres Baru "Ngawani Ngopi" Para Insan Pers Merangin

Keterlibatan masyarakat dalam assesmen geopark itu sambung wabup, pada akhirnya membuat mereka memiliki pengalaman yang luar biasa tentang kekayaan yang dimiliki geoparknya.

Untuk itu, wabup sangat mengapresiasi warga yang menyulap sebagian ruangan rumahnya dijadikan homestay, sehingga program pemberdayaan ekonomi rakyat mulai berjalan dengan baik.

Wabup juga memuji sikap ramahtamah dan murah senyum warga sekitar Geopark Merangin-Jambi dalam menerima tamu yang masuk ke wilayah desanya. Terlebih warga yang bisa menerangkan keberadaan Geopark Merangin itu kepada tamu yang datang.

Pada assesmen Geopark Merangin-Jambi itu, tim evaluator UGG pada hari pertama akan fokus melakukan penilaian Geo bio Culture, yang akan mengulas warisan Geologi bernilai internasional (Fosil Permian).

Baca Juga  Nilwan Yahya Pimpin Rapat LPTQ Persiapan MTQ Ke-49 Kabupaten Merangin

Selain itu, tim evaluator UGG akan melakukan penilaian terkait Edukasi-Konservasi,  yang akan dilakukan di Sekolah Dasar Negeri 14 Desa Air Batu dan implementasi Sustainable Development Goals (SDGs) pada basecamp pegiat lokal geowisata.

Sedangkan pada hari kedua fokus melakukan penilaian Geo bio Culture terhadap rumah adat dan situs megalitik. Edukasi-Konservasi akan dilakukan kepala pelajar SMK Negeri 6 Merangin dan SDGs pada Homestay.

Sementara itu, pada hari ketiga tim evaluator UGG akan melakukan assesmen terhadap geo bio culture rencananya mengamati keberadaan Hutan Adat warga Serampas di kawasan Jangkat.

Untuk Edukasi-Konservasi  dilakukan pada pohon asuh dan keberadaan Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH). SDGd akan dilakukan terhadap pertanian dan perkebunan berkelanjutan.***

Share :

Baca Juga

Meraingin

H Mashuri Beri Apresiasi Kepada OPD Atas Perolehan Penghargaan KLA 2021

Meraingin

Ayah Cabuli Anak Tirinya Selama Setahun

Pemerintahan

Bupati Tanjab Barat Laksanakan Kunjungan Safari Ramadhan ke Masjid Raudhatul Muttaqin Desa Pembengis

Pemerintahan

Pemkab Tanjab Barat Peringati Hari Santri Nasional

Meraingin

Aneka Ragam Citarasa Khas Merangin di Pamerkan Saat Penilaian Stunting Prov. Jambi

Meraingin

Paripurna DPRD, Pemkab Merangin Jawab Pandangan Umum 9 Fraksi Dewan

Meraingin

Kausari Apresiasi Produksi Oksigen RSD Kolonel Abundjani Segera Launching

Meraingin

LPM Kelurahan Dusun Bangko Desak Lurah Hentikan Aktifitas PETI di Kelurahannya.