Mantap!! Usai Pensiun Kepala Dinas Dukcapil Tanjab Barat Gabung Partai Politik Bupati Anwar Sadat Kembali Laksanakan Safari Subuh di Masjid Miftahul Jannah Bupati Tanjab Barat Rapat Bersama Dewan Pengupahan  Jaga Kerukunan Umat Beragama, Babinsa Kelurahan Sungai Nibung Gotong Royong Bersihkan Tempat Ibadah Hadiri Peringatan Haul MT. AL Hidayah, Bupati Anwar Sadat Sampaikan Pesan ini

Home / Meraingin / Pemerintahan

Rabu, 28 September 2022 - 19:46 WIB

Nilwan: Kearifan Lokal Tentukan Kebehasilan Assesmen Geopark

BANGKO-BULENONNEWS.COM. Wabup Merangin Nilwan Yahya, mengajak seluruh lapisan masyarakat Provinsi Jambi, khususnya masyarakat Kabupaten Merangin, untuk bersama-sama terlibat dalam menyukseskan assesmen Geopark Merangin-Jambi.

Assesmen Geopark Merangin-Jambi yang akan berlangsung pada 06 -11 Oktober 2022 mendatang itu, menghadirkan tim evaluator Unesco Global Geopark (UGG), seperti Mr Babis C Fasoula dan Mr Alireza, yang akan menelusuri kawasan Geopark Merangin.

‘’Keterlibatan masyarakat untuk meloloskan Geoprak Merangin-Jambi masuk Unesco Global Geopark (UGG) itu sangat besar, terlebih masyarakat di kawasan geopark dalam proses pengembangan kawasan geopark itu sendiri,’’ujar Wabup, Rabu (28/9).

Untuk itu masyarakat harus tahu tentang kekayaan warisan budaya, geologi dan keanekaragam hayati yang dimiliki Geopark Merangin-Jambi, sehingga tidak sekedar menikmati, namun juga mengetahui sejarahnya.

‘’Jika masyarakat memahami itu semua, akan timbul rasa bangga dan kesadaran menjaga dan melestarikan Geopark Merangin-Jambi,’’terang Wabup yang tak bosan-bosan minta warga di berbagai kesempatan, menjaga kebersihan kawasan Geopark.

Baca Juga  Tak Mau Ketinggalan, Pansus 3 DPRD Merangin Gelar Rapat Perubahan Ramperda

Keterlibatan masyarakat dalam assesmen geopark itu sambung wabup, pada akhirnya membuat mereka memiliki pengalaman yang luar biasa tentang kekayaan yang dimiliki geoparknya.

Untuk itu, wabup sangat mengapresiasi warga yang menyulap sebagian ruangan rumahnya dijadikan homestay, sehingga program pemberdayaan ekonomi rakyat mulai berjalan dengan baik.

Wabup juga memuji sikap ramahtamah dan murah senyum warga sekitar Geopark Merangin-Jambi dalam menerima tamu yang masuk ke wilayah desanya. Terlebih warga yang bisa menerangkan keberadaan Geopark Merangin itu kepada tamu yang datang.

Pada assesmen Geopark Merangin-Jambi itu, tim evaluator UGG pada hari pertama akan fokus melakukan penilaian Geo bio Culture, yang akan mengulas warisan Geologi bernilai internasional (Fosil Permian).

Baca Juga  Kapolres Merangin, Komandan Yang Rendah Hati Buka Ruang Keakraban Bersama Pedas

Selain itu, tim evaluator UGG akan melakukan penilaian terkait Edukasi-Konservasi,  yang akan dilakukan di Sekolah Dasar Negeri 14 Desa Air Batu dan implementasi Sustainable Development Goals (SDGs) pada basecamp pegiat lokal geowisata.

Sedangkan pada hari kedua fokus melakukan penilaian Geo bio Culture terhadap rumah adat dan situs megalitik. Edukasi-Konservasi akan dilakukan kepala pelajar SMK Negeri 6 Merangin dan SDGs pada Homestay.

Sementara itu, pada hari ketiga tim evaluator UGG akan melakukan assesmen terhadap geo bio culture rencananya mengamati keberadaan Hutan Adat warga Serampas di kawasan Jangkat.

Untuk Edukasi-Konservasi  dilakukan pada pohon asuh dan keberadaan Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH). SDGd akan dilakukan terhadap pertanian dan perkebunan berkelanjutan.***

Share :

Baca Juga

Pemerintahan

Ini 43 Nama Kades Terpilih Yang Dilantik Bupati Tanjab Barat

Pemerintahan

Bupati Anwar Sadat Jadi Inspektur Upacara Pada Peringatan Hari Pancasila

Meraingin

Bupati Dorong RSD Kol. Abundjani Bangko Jadi Sentral Operasi Bibir Sumbing Sumatra Bagian Tengah

Meraingin

Bahu Membahu Warga Perbaiki Jalan Rusak di Desa Kungkai

Meraingin

Sertijab dan Pisah Sambut Kapolres Merangin Diawali dengan Gelar Apel Farewell Parade

Meraingin

Zainuri Himbau Kader Hanura Merangin Wajib Dukung Fachrori Umar-Syarif Nursal

Meraingin

Inovasi Germas Tarian Batam Perlu Dorongan Bersama

Meraingin

Nilwan Yahya Ajak Masyarakat Hidup Sehat Dengan Proaktif dan Produktif Ikuti Germas