Nah,, Oknum Kepsek Masuk Daftar DPO Polres Tanjab Barat  SMPN 2 Kuala Tungkal Gelar Acara Pelepasan 177 Siswa Siswi Kelas IX Bupati Anwar Sadat Hadiri Diklat Revolusi Mental Pembangunan Karakter Bangsa Indonesia  Wabup Tanjab Barat hadiri Halal Bihalal APDESI Provinsi Jambi Wabup Harian Hadiri Acara Pra Penilaian Kinerja Upaya Percepatan Penurunan Stunting

Home / Pemerintahan

Selasa, 28 Maret 2023 - 19:12 WIB

Pemkab Tanjab Barat Akan Bangun TPU Anti Banjir Rob Seluas 2 Hektar 

TANJABBARAT, BULENONNEWS.COM – Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perkim) Kabupaten Tanjung Jabung Barat akan membuat tempat pemakaman umum (TPU) seluas 2 hektar (Ha) yang akan bebas dari banjir rob saat air laut pasang.

Plt Kadis Perkim Tanjab Barat, Safrun mengatakan TPU itu nantinya akan mulai dibangun pada pertengahan tahun 2023 dengan anggaran Rp 400 juta. Pembangunan akan dilakukan secara bertahap menyesuaikan kebutuhan.

“Bangun di awal 1 Claster dulu, kita lihat kebutuhan setiap tahunnya. Total ada 2 hektare (Ha),” katanya, Selasa (28/03/23).

Baca Juga  Siswa SMPN 2 Kuala Tungkal Lulus Masuk di SMAN TT Jambi, Pauzan;Ini Berkat Perjuangan Semua Pihak

Safrun kemudian memaparkan nantinya akan terdiri dari beberapa claster di pemakaman itu. Jika semua claster terbangun akan bisa digunakan untuk pemakaman sekitar 7000 makam.

“Total nanti jika semua claster terbangun total 7 atau 8 ribu makam yang bisa digunakan,” ujarnya.

Pemakaman itu nantinya dipastikan akan terbebas dari banjir rob yang setiap tahunnya menghantui Kuala Tungkal. Maka, pihaknya akan melakukan penimbunan di pemakaman itu nantinya dengan ketinggian 50 cm.

“Nanti di setiap cluster itu akan ada pembatas agar air tidak masuk terus nanti setiap makam diberi batas luas 2×2 meter saja,” sebutnya.

Baca Juga  Ratusan ASN Tanjab Barat Masuk Masa Pensiun

Safrun menyebutkan proyek ini metupakan proyek umat yang akan terus dibangun setiap clasternya sesuai dengan kebutuhan makam yang ada.

“Misal, nanti kita lihat tahun ini ada 100 orang yang harus dimakamkan dalam 1 kecamatan apakah itu mampu menampung 1 claster maka kita dua atau tiga tahun lagi tambah clasternya di tanah yang seluas 2 hektar di dekat sialang.”pungkasnya.

 

Penulis/Editor: Amir/Otte

Share :

Baca Juga

Pemerintahan

Wabup Hairan Hadiri Peringatan Hari Jadi Baznas ke-22

Pemerintahan

Wabup Tanjab Barat Serahkan Bantuan Korban Kebakaran di Suak Samin

Meraingin

Bupati Kembali Rombak Kabinet Merangin Mantap, Ini Nama-nama Pejabat Yang Dilantik

Pemerintahan

Bupati Anwar Sadat Gotong Royong Bersama Forkopimda dan Masyarakat 

Pemerintahan

Tarif PDAM Naik, Bupati : Kita Minta Pelayanan PDAM Juga Harus Makin Baik

Pemerintahan

Terima Hibah 708 Unit Thermogun Dari KPU, Bupati Tanjab Barat: Ini Sangat Bermamfaat

Pemerintahan

Wabup Hairan Buka Kegiatan Diseminasi Audit Kasus Stunting Semester II

Pemerintahan

Dinas Perakim Tanjab Barat Lakukan Bedah Rumah di Sejumlah Titik