Bupati Anwar Sadat Berikan Bantuan Sepada Baru Pada Pedagang Jamu Keliling  Bupati Tanjab Barat Tinjau TPU Desa Sialang Bupati Tanjab Barat Pimpin Apel Perdana Setelah Lebaran Idul Fitri  Bupati Serahkan Hadiah Juara Arakan Sahur di Tanjab Barat Bupati Tanjab Barat Buka Festival Pawai Takbiran Idul Fitri 1445 H

Home / Berita

Selasa, 30 Maret 2021 - 10:00 WIB

Wabup Lakukan Pembekalan Kades dan BPD

Sebelum Berangkat Studytiru ke Gunung Kidul Yogyakarta

Bangko – Sejumlah kepala desa (Kades) dan anggota Badan Pemusyawarahan Desa (BPD) di Kabupaten Merangin, akan melakukan studytiru ke Desa Nglanggeran Kecamatan Patuk Kabupaten Gunung Kidul Provinsi Yogyakarta.

 

Namun sebelum diberangkatkan ke desa tujuan, para Kades dan anggota BPD itu terlebih dahulu mendapat pembelakan dari Wabup Merangin H Mashuri di Auditorium Hotel Syariah Merangin, Sabtu (27/3).

 

Dikatakan wabup, peningkatan kapasitas Kades dan anggota BPD sangatlah penting. Ini seiring dengan perkembangan zaman, dimana pemerintahan desa dituntut memanfaatkan dan menggunakan sisitem administrasi desa berbasis digital.

 

‘’Administrasi desa berbasis digital ini akan mampu membantu pemerintahan desa meningkatakan efesiensi kinerja dalam menjalankan roda pemerintahan desa,’’ujar Wabup dibenarkan Kadis PMD Merangin Andre.

Baca Juga  MPC Pemuda Pancasila Merangin Sesalkan Aksi Brutal KS Batubara Rusak Kantor Gubernur Jambi

 

Sistem adminsitrasi desa berbasis digital ini jelas wabup, dapat digunakan oleh banyak pengguna dalam waktu yang bersamaan, sehingga proses kerja akan lebih cepat terselesaikan.

 

‘’Jadi pengelolaan dokumen-dokumen penting di desa akan lebih baik, sehingga terbebas resiko kerusakan, hilang sebagaimana selama ini sering terjadi. Hal inilah yang akan kita sempurnakan di desa-desa kita,’’terang Wabup.

 

Diakui wabup, sampai saat ini masih banyak desa yang belum paham dan menerapkan teknologi digital, yang berimbas kepada tidak tertibnya administasi di desa,  sehingga terkadang menghambat pelayanan publik di desa.

Baca Juga  Percepat Program Kerja 2024, Pj Bupati Merangin Rapat Staf Lengkap Evaluasi Serapan 2023

 

Semua desa di Merangin kedepan diharapkan wabup, akan menerapkan system administrasi berbasi digital. Untuk itu para Kades dan anggota BPD diminta betul memperhatikan cara kerja, maupun cara menggunakan teknologi berbasis digital itu.

 

‘’Sehingga sepulangnya dari studytiru ini para Kades dan anggota BPD dapat diimplementasikan di desanya masing-masing, sehingga dapat menjadi solusi bagi pemerintahan desa dalam menata memetakan dan mengelola segala data desa.

 

Pada kesempatan itu, wabup minta sebelum berangkat studytiru para Kades dan anggota BPD harus memastikan segala  urusan yang berkenan dengan pelayanan  di desa tidak terhambat sepeninggalan dalam mengikuti studitiru, baik dalam penetapan RKPDes, APBDes dan surat menyurat lainnya.(*)

Share :

Baca Juga

Berita

H. Mukti Said Hadiri Penganugerahan Gelar Adat LAM Jambi Ke Sejumlah Tokoh Nasional Provinsi Jambi

Berita

Aspan: Tak Ada RAB untuk Pengerukan Sungai Pada Proyek Jembatan Sungai Merangin

Berita

Polres Tanjab Barat Bagikan Sembako dan Masker Buat Warga Terdampak Pandemi di Kecamatan Seko

Berita

Pemkab Merangin Gelar Peringatan HAB ke-78

Berita

Hasil Audit Inspektorat, Beberapa OPD Kembalikan Dana Refocusing Covid-19

Berita

Jamal Darmawan Sie Menghadiri Undangan Isra Mir’aj di Kelurahan Tungkal V

Berita

Pemegang Paspor RI yang Hendak Bepergian ke Jerman dapat Mengajukan Pengesahan endorsement Tanda Tangan di Kantor Imigrasi

Berita

Wow..! Pihak Kejari Resmi Tahan Anggota Dewan, Kasus Maling Sawit