Diduga Oknum Komisioner PPK di Tanjab Barat Jadi Timses Caleg Bupati Tanjab Barat Tanggapi Tuduhan Poktan Imam Hasan, Hingga Kadisbunak Lapor Balik ke Polda Jambi Bupati Tanjab Barat Hadiri Haul ke-87 Syekh Abdurrahman Sidiq Bin Syekh M. Afif Al- Banjari Laporan Poktan Imam Hasan di SP3, Kadisbunak Tanjab Barat Lapor Balik Bupati Anwar Sadat Jenguk Pengawas Pemilu yang Sakit

Home / Berita

Selasa, 30 Maret 2021 - 10:00 WIB

Wabup Lakukan Pembekalan Kades dan BPD

Sebelum Berangkat Studytiru ke Gunung Kidul Yogyakarta

Bangko – Sejumlah kepala desa (Kades) dan anggota Badan Pemusyawarahan Desa (BPD) di Kabupaten Merangin, akan melakukan studytiru ke Desa Nglanggeran Kecamatan Patuk Kabupaten Gunung Kidul Provinsi Yogyakarta.

 

Namun sebelum diberangkatkan ke desa tujuan, para Kades dan anggota BPD itu terlebih dahulu mendapat pembelakan dari Wabup Merangin H Mashuri di Auditorium Hotel Syariah Merangin, Sabtu (27/3).

 

Dikatakan wabup, peningkatan kapasitas Kades dan anggota BPD sangatlah penting. Ini seiring dengan perkembangan zaman, dimana pemerintahan desa dituntut memanfaatkan dan menggunakan sisitem administrasi desa berbasis digital.

 

‘’Administrasi desa berbasis digital ini akan mampu membantu pemerintahan desa meningkatakan efesiensi kinerja dalam menjalankan roda pemerintahan desa,’’ujar Wabup dibenarkan Kadis PMD Merangin Andre.

Baca Juga  H Mukti Beri Semangat, Merangin FC Juara Grup Penyisihan Gubernur Cup 2024

 

Sistem adminsitrasi desa berbasis digital ini jelas wabup, dapat digunakan oleh banyak pengguna dalam waktu yang bersamaan, sehingga proses kerja akan lebih cepat terselesaikan.

 

‘’Jadi pengelolaan dokumen-dokumen penting di desa akan lebih baik, sehingga terbebas resiko kerusakan, hilang sebagaimana selama ini sering terjadi. Hal inilah yang akan kita sempurnakan di desa-desa kita,’’terang Wabup.

 

Diakui wabup, sampai saat ini masih banyak desa yang belum paham dan menerapkan teknologi digital, yang berimbas kepada tidak tertibnya administasi di desa,  sehingga terkadang menghambat pelayanan publik di desa.

Baca Juga  Bocah 5 Tahun Meninggal Digigit Ular Berbisa di Merangin

 

Semua desa di Merangin kedepan diharapkan wabup, akan menerapkan system administrasi berbasi digital. Untuk itu para Kades dan anggota BPD diminta betul memperhatikan cara kerja, maupun cara menggunakan teknologi berbasis digital itu.

 

‘’Sehingga sepulangnya dari studytiru ini para Kades dan anggota BPD dapat diimplementasikan di desanya masing-masing, sehingga dapat menjadi solusi bagi pemerintahan desa dalam menata memetakan dan mengelola segala data desa.

 

Pada kesempatan itu, wabup minta sebelum berangkat studytiru para Kades dan anggota BPD harus memastikan segala  urusan yang berkenan dengan pelayanan  di desa tidak terhambat sepeninggalan dalam mengikuti studitiru, baik dalam penetapan RKPDes, APBDes dan surat menyurat lainnya.(*)

Share :

Baca Juga

Berita

Selama 33 Tahun Bertugas Di Polres Lingga Kepri Bertemu Teman Seangkatan Di Polres Tanjabbarat

Berita

Ketua DPC PD Kab. Tanjab Barat siap memenangkan Anies Baswedan sebagai Presiden

Berita

Apel Pagi,Kapolres Pimpin Penekanan Pembangunan ZI WBK Menuju WBBM Personil Polres Tanjabbar

Berita

Wabup Ikuti Virtual Sidang Dewan Eksekutif UNESCO di Paris, Geopark Merangin Ditetapkan Sebagai UGG

Berita

Jamal,Terkait Polemik Jalan Rigit Beton BTN Disinyalir Kurangnya Koordinasi

Berita

KH. Zainal Abidin Mantan Ketua MUI Sarolangun Tutup Usia

Berita

Anekdot Studi banding FJ-TJB Di Kabupaten Lingga

Berita

H Mukti Ajak Masyarakat ke TPS 14 Februari 2024, Gunakan Hak Pilih dengan Baik dan Benar