Diduga Pilkades Desa Tanjung Pasir Penuh Kecurangan, Suharyono: Musyawarah di Tiap Tingkatan Mengecewakan Bupati Tanjab Barat Singgung Kinerja Camat dan Lurah Lambatnya Koordinasi Berbagai Persoalan Bupati Tanjab Barat Sidak Temui Kantor Kelurahan Kosong dan Bergembok Bupati Tanjab Barat Hadiri Ekspose Persiapan Tuan Rumah MTQ ke -50 Tingkat Kabupaten Bupati Tanjab Barat Hadiri Rakor Pemberantasan Korupsi se – Provinsi Jambi

Home / Berita

Selasa, 1 Februari 2022 - 11:35 WIB

H. Cek Endra Pimpin Rapat Forkopimda Kabupaten Sarolangun Bahas Soal Warga SAD

Bulenonnews.com – Sarolangun.  Bupati H. Cek Endra memimpin rapat Forkopimda Kabupaten Sarolangun terkait permasalahan warga Suku Anak Dalam (SAD) di wilayah Kabupaten Sarolangun, di Ruang Pola Utama Kantor Bupati, Senin (31/01/22) sekira pukul 09.35 WIB.

Rapat dihadiri Ketua DPRD Sarolangun Tontawi Jauhari SE., Dandim 0420 Sarko Letkol Inf Tomi RD Lubis, Kapolres Sarolangun AKBP Anggun Cahyono, S.I.K.,  Kajari Sarolangun Bobby Ruswin, SH, MH., Wakil Ketua Pengadilan Sarolangun Deka Diana, SH, MH.

Juga hadiri Ketua Pengadilan Agama Sarolangun Drs. H. M. Syatar, Wakil Ketua DPRD Sarolangun, Syahrial Gunawan, SE., Sekda Kabupaten Sarolangun Ir. Endang A. Naser. Asisten 1 Pemd Sarolangin Arif Ampera, Para OPD Pemda Sarolangun dan Instansi Terkait.

Sambutan Bupati Sarolangun mengatakan Kita akan membahas Permasalahan Pasca Perdamaian Adat antara Suku Anak Dalam (SAD) dengan Security PT. PKM.

“Di harapkan kepada Pak Kajari dan Ibu Ketua Pengadilan agar segera mungkin di percepat Proses hukum Positif kepada 3 orang SAD yang melakukan penembakan kepada Security PT. PKM, ” harap Bupati.

Kapolres Sarolangun Menyikapi masalah ini, Kapolsek mendapat Informasi dari warga bahwa 100 orang Suku Anak Dalam akan mendatangi Polres Sarolangun untuk menanyakan Permasalahan ke 3 SAD yang di tahan di Polres Sarolangun.

Baca Juga  Dua PJU Kasat Lantas dan Narkoba Tanjab Barat Dijabat Polwan

” Kami berharap bisa dilakukan putusan yang sebijaknya dari Kajari dan PN kepada 3 Suku Anak Dalam (SAD) yang melakukan penembakan kepada Security PT. PKM, ” ujarnya.

Terkat penggalangan dari Kasat Intel Res Sarolangun dan Kapolsek situasi dapat berjalan dengan aman dan kondusif terkait dengan Rencana SAD yang akan ke Polres Sarolangun.

Di duga ada 2 Provokator yang dapat menimbulkan permasalahan antara SAD dengan Masyarakat setempat maupun Perusahaan di wilayah Kecamatan Air Hitam.

” Kami menyarankan kepada Bapak Bupati agar membuat Program dari rekan SAD yang jangka waktunya jangan terlalu Panjang, Bila didukung dengan Administrasi, apabila di butuhkan kami siap menandatangani,” sebutnya lagi.

Dandim 0420 Sarko mengatakan, ” SAD ini sama dengan kita, namun cara kehidupannya yang berbeda. TNI – Polri telah merekrut Anggota dari SAD yang diharapkan agar dapat menjaga situasi. Saya setuju dengan Pak Kapolres, kita harus mengubah Pola SAD ini dengan jangka panjang. Di mata hukum kita ini sama, tidak ada yang berbeda. Ada pihak – pihak tertentu yang melakukan Provokasi terhadap SAD,” harap Dandim.

Baca Juga  Forum Musisi Tungkal Bakti Sosial Berikan Puluhan Paket Sembako Korban Kebakaran

Perlu dilakukan Proses yang cepat untuk memutuskan Hukuman kepada ke 3 SAD.

” Perlu lakukan Sosialisasi Hukum, TNI dan Polri siap memberikan Sosialisasi hukum. Lakukan Bintek kepada SAD, namun harus kita pikirkan dan direncanakan dengan baik, ” pungkas Dandim.

Sementara itu, Kepala Kejaksaan Negri Sarolangun mengatakan, ” Kami sudah koordinasi dengan Penyidik Polres sebentar lagi sdh P21. Kami berharap setelah Tahap II SAD tersebut tetap di Tahan di Polres untuk keamanan.Untuk Sidang kami akan melakukan melalui Vidio Zoom saja untuk keamanan,” ucap Kajari.

LWakil Ketua Pengadilan Sarolangun juga menyampaikan,” “Insyaallah Pengadilan siap untuk memutuskan Permasalahan ini secepat mungkin. Kita akan memberikan Efek jera saja, kami akan memutuskan hukuman seringan mungkin.

” Kami akan melakukan Penguatan dan akan meminta bantuan kepada TNI – Polri setelah memutuskan Hukuman,” ujarnya.

Editor. OS.

Share :

Baca Juga

Berita

Polsek Tungkal Ilir Mamfaatkan Lahan Kosong Budidaya Berbagai Jenis Ikan dan Pertanian

Berita

Diduga Terlibat Natkotika,3 Orang Diamanakan Satnarkoba Polres Tanjab Timur Diamankan Tanjabbarat

Berita

KH. Zainal Abidin Mantan Ketua MUI Sarolangun Tutup Usia

Berita

H. Al Haris: Baru 50 Persen,Jumlah SAD Terdata

Berita

Pengguna Narkoba Marak di Merangin

Berita

Bandar Serta Kurir Narkoba Berhasil Dipikkok Tim Polres Tanjabbarat

Berita

Kunker Kapolda Riau Di Inhil Serahkan 1500 Disis Vaksin Serta Bansos Sembako

Berita

Anak SMA dan Warga Desa Biuku Tanjung Terisolasi Akibat Banjir