Satreskrim Polres Tanjab Barat Razia Lapak Penjual Petasan  Polres Tanjab Barat Mengamankan Kedua Kelompok yang Bertikai Untuk Dilakukan Mediasi Belum Mempunyai Aturan Hukum,Diduga Kadishub Tanjab Barat Sering Masukan Alat Berat di Pelabuhan Roro Kuala Tungkal  DPRD Tanjab Barat Gelar Paripurna Pertama,Penyampaian Nota Pengantar LKPJ Bupati Tahun 2023 Hadiri Pelepasan Logistik Pemilu 2024,Ketua DPRD Tanjab Barat: Kita sangat mengapresiasi Penyelenggara Pemilu

Home / Berita

Selasa, 1 Februari 2022 - 11:35 WIB

H. Cek Endra Pimpin Rapat Forkopimda Kabupaten Sarolangun Bahas Soal Warga SAD

Bulenonnews.com – Sarolangun.  Bupati H. Cek Endra memimpin rapat Forkopimda Kabupaten Sarolangun terkait permasalahan warga Suku Anak Dalam (SAD) di wilayah Kabupaten Sarolangun, di Ruang Pola Utama Kantor Bupati, Senin (31/01/22) sekira pukul 09.35 WIB.

Rapat dihadiri Ketua DPRD Sarolangun Tontawi Jauhari SE., Dandim 0420 Sarko Letkol Inf Tomi RD Lubis, Kapolres Sarolangun AKBP Anggun Cahyono, S.I.K.,  Kajari Sarolangun Bobby Ruswin, SH, MH., Wakil Ketua Pengadilan Sarolangun Deka Diana, SH, MH.

Juga hadiri Ketua Pengadilan Agama Sarolangun Drs. H. M. Syatar, Wakil Ketua DPRD Sarolangun, Syahrial Gunawan, SE., Sekda Kabupaten Sarolangun Ir. Endang A. Naser. Asisten 1 Pemd Sarolangin Arif Ampera, Para OPD Pemda Sarolangun dan Instansi Terkait.

Sambutan Bupati Sarolangun mengatakan Kita akan membahas Permasalahan Pasca Perdamaian Adat antara Suku Anak Dalam (SAD) dengan Security PT. PKM.

“Di harapkan kepada Pak Kajari dan Ibu Ketua Pengadilan agar segera mungkin di percepat Proses hukum Positif kepada 3 orang SAD yang melakukan penembakan kepada Security PT. PKM, ” harap Bupati.

Kapolres Sarolangun Menyikapi masalah ini, Kapolsek mendapat Informasi dari warga bahwa 100 orang Suku Anak Dalam akan mendatangi Polres Sarolangun untuk menanyakan Permasalahan ke 3 SAD yang di tahan di Polres Sarolangun.

Baca Juga  Bupati dan Wabup Tanjab Barat Penen Raya Jahe Merah dan Peresmian UMKM

” Kami berharap bisa dilakukan putusan yang sebijaknya dari Kajari dan PN kepada 3 Suku Anak Dalam (SAD) yang melakukan penembakan kepada Security PT. PKM, ” ujarnya.

Terkat penggalangan dari Kasat Intel Res Sarolangun dan Kapolsek situasi dapat berjalan dengan aman dan kondusif terkait dengan Rencana SAD yang akan ke Polres Sarolangun.

Di duga ada 2 Provokator yang dapat menimbulkan permasalahan antara SAD dengan Masyarakat setempat maupun Perusahaan di wilayah Kecamatan Air Hitam.

” Kami menyarankan kepada Bapak Bupati agar membuat Program dari rekan SAD yang jangka waktunya jangan terlalu Panjang, Bila didukung dengan Administrasi, apabila di butuhkan kami siap menandatangani,” sebutnya lagi.

Dandim 0420 Sarko mengatakan, ” SAD ini sama dengan kita, namun cara kehidupannya yang berbeda. TNI – Polri telah merekrut Anggota dari SAD yang diharapkan agar dapat menjaga situasi. Saya setuju dengan Pak Kapolres, kita harus mengubah Pola SAD ini dengan jangka panjang. Di mata hukum kita ini sama, tidak ada yang berbeda. Ada pihak – pihak tertentu yang melakukan Provokasi terhadap SAD,” harap Dandim.

Baca Juga  H Mukti : Tubuh Yang Sehat Memacu Semangat Untuk Bekerja, ASN Merangin Senam Bersama

Perlu dilakukan Proses yang cepat untuk memutuskan Hukuman kepada ke 3 SAD.

” Perlu lakukan Sosialisasi Hukum, TNI dan Polri siap memberikan Sosialisasi hukum. Lakukan Bintek kepada SAD, namun harus kita pikirkan dan direncanakan dengan baik, ” pungkas Dandim.

Sementara itu, Kepala Kejaksaan Negri Sarolangun mengatakan, ” Kami sudah koordinasi dengan Penyidik Polres sebentar lagi sdh P21. Kami berharap setelah Tahap II SAD tersebut tetap di Tahan di Polres untuk keamanan.Untuk Sidang kami akan melakukan melalui Vidio Zoom saja untuk keamanan,” ucap Kajari.

LWakil Ketua Pengadilan Sarolangun juga menyampaikan,” “Insyaallah Pengadilan siap untuk memutuskan Permasalahan ini secepat mungkin. Kita akan memberikan Efek jera saja, kami akan memutuskan hukuman seringan mungkin.

” Kami akan melakukan Penguatan dan akan meminta bantuan kepada TNI – Polri setelah memutuskan Hukuman,” ujarnya.

Editor. OS.

Share :

Baca Juga

Berita

Hamas : Ketua DPD Partai Demokrat Provinsi Jambi Serahkan Berkas Bacaleg

Berita

H. Al Haris: Baru 50 Persen,Jumlah SAD Terdata

Berita

LPG Di Pangkalan Ahmad Lubis Jalan Manunggal Aman

Berita

H. Al Haris LKPJ Merupakan Laporan Resmi Bupati Kepada Dewan

Berita

Dalam Rangka HUT ke 22 Partai Demokrat, DPC PD Kab. Tanjab Barat Mengadakan Lomba Gasing

Berita

Ketua TP PKK Tanjab Barat Gelar Acara Peringatan Isra Miraj

Berita

Sebelum Terjadi Pembunuhan,Ini yang Di Lakukan Pelaku

Berita

KH. Zainal Abidin Mantan Ketua MUI Sarolangun Tutup Usia