Ketua DPRD Tanjab Barat Tampung Aspirasi Dua Desa di Kecamatan Betara Ketua DPRD Tanjab Barat Serap Aspirasi Masyarakat Desa Serdang Jaya Komisi III DPRD Tanjab Barat Panggil Sejumlah Pihak Terkait Jembatan Parit Gompong DPRD Tanjab Barat Akan Gelar 1000 Dosis Vaksinasi Untuk Masyarakat Ketua DPRD Tanjab Barat Apresiasi Serbuan Vaksin Kodim 0419/Tanjab

Home / Tanjab Barat

Rabu, 10 November 2021 - 12:57 WIB

BPBD Minta Warga Waspada Banjir Rob Agar Terhindar Dari Musibah

 

TANJABBARAT-BULENONNEWS.COM, Banjir rob  kerap melanda kota Kuala Kuala Tungkal setiap penghujung tahun kini terjadi kembali, beberapa hari terakhir volume air terus mengalami peningkatan hingga menggenangi sejumlah ruas jalan raya.

Kepala Pelaksana (Kalaksa) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Zulfikri mengungkapkan bahwa wilayah pesisir Tanjab Barat memang kerap terjadi banjir rob mengingat kondisi kota Kualatungkal yang berada didataran rendah.

Baca Juga  Sukseskan Program Pemulihan Ekonomi Nasional Menyongsong HUT Bhayangkara, Ini yang Dilakukan Bupati, Kapolres dan Dandim

“Memang sering terjadi di Kualatungkal setiap tahun pasang besar hingga menggenangi jalan raya namun hanya sekitar tiga jam saja kemudian surut,”ujar Kalaksa BPBD Tanjab Barat. Senin, (08/11/2021).

Disisi lain, sejumlah ruas jalan yang tergenang dengan ketinggian sekitar 10-15 cm malah dijadikan anak-anak sebagai wahana hiburan untuk bermain air. Dalam hal itu, Zulfikri menegaskan agar orang tua untuk tetap waspada dan mengawasi anak anak yang bermain banjir rob, dikhawatirkan kembali terjadi insiden hanyut terbawa arus pasang surut bagian parit maupun sungai.

Baca Juga  Diduga KPU Tanjabbarat Tebang Pilih Media Untuk Meliput Pemberitaan Pilkada

“Malah anak anak di Kualatungkal pada saat musim pasang besar mereka bermain dijalanan, kita minta orang tua untuk lebih waspada dalam mengawasi anaknya akan tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, apalagi air asin itu juga dapat menimbulkan bakteri dan penyakit,”tuturnya.

Baca Juga  Dilanda Pendemi Covid-19,Rendi Pengusaha Daging Sapi Potong Di Simpang Aneka Merugi

Dia juga menghimbau agar masyarakat tidak membuang sampah didalam got atau saluran air, sebab dapat menyumbat pembuangan air menuju muara sungai.

“Terkadang kesadaran masyarakat kita juga rendah terhadap sampah, buang sembarangan digot sehingga menyumbat drainase, belum lagi lumpur endapan air pasang menjadi meluap hingga menggenangi jalan dan pemukiman warga,”pungkasnya.

PEWARTA:AMIR.

EDITOR:MARDAN.

 

 

 

Share :

Baca Juga

Tanjab Barat

Pemkab Tanjab Barat Lantik 77 Pejabat Eselon 3 dan 4

Tanjab Barat

Wabup Tanjab Barat Tinjau Rumah Warga yang Tertimpa Musibah Tanah Longsor

Tanjab Barat

Dampingi Gubernur Salurkan JPS, Bupati: Kerjasama Baik, Kunci Minimalkan Tumpang Tindih Data

Berita

Bupati Pimpin Apel Operasi Mantap Praja Pengamanan Pemilukada Serentak 2020

Tanjab Barat

Safrial Salah Satu Kepala Daerah Tak di Suntik Vaksin Covid-19

Tanjab Barat

Hadapi Kemarau, Kapolres Tanjab Barat Gelar Survey dan Zonasi Lahan Semi Gambut

Tanjab Barat

Wabup Ikuti Rakor Pengendalian Karhutla Provinsi Jambi

Tanjab Barat

Seorang Staf Pegawai Honorer KPPN Kuala Tungkal Positif Covid-19