Kepala Desa Janji Gelar Musyawarah Desa Penyusunan RKPDes Tahun Anggaran 2025 Mewakili Bupati, Pj. Sekretaris Daerah Hadiri Rapat Paripurna ke Dua DPRD Kabupaten Tanjab Barat  Bupati Anwar Sadat Promosikan Potensi SDA Tanjab Barat di Otonomi Expo 2024 Mediasi Permasalahan Tanah di Kantor Desa Janji Temukan Kesepakatan Bupati Tanjab Barat Kukuhkan dan Ambil Sumpah Janji Jabatan Kades dan BPD

Home / Pemerintahan

Senin, 18 Maret 2024 - 20:18 WIB

Bupati Tanjab Barat Dampingi Menteri Parekraf Sandiaga Uno Buka festival Arakan Sahur Tahun 2024

TANJABBARAT,BULENONNEWS.COM – Indonesia merupakan negara yang memiliki banyak tradisi budaya. Setiap tradisi budaya memiliki keunikan dan filosofi masing-masing. Contohnya di Bulan Ramadhan, setiap daerah memiliki cerita dan cara masing-masing dalam menyambut dan memeriahkannya yang lambat laun menjadi tradisi yang di lakoni dari tahun ketahun.

Kabupaten Tanjung Jabung Barat adalah salah satu kabupaten di Provinsi Jambi yang memiliki tradisi unik di Bulan Ramadhan yang bernama Arakan Sahur. Arakan sahur adalah merupakan aktifitas sekelompok orang yang membangunkan masyarakat untuk makan Sahur.

Tradisi Arakan Sahur ini sudah ada sejak zaman dahulu. Bahkan sejak sebelum kemerdekaan RI dan baru tercatat di tahun 1966 yang kemudian terus dilaksanakan turun temurun sampai sekarang. Pada awal awal pelaksanaan arakan sahur hanya sebatas aktivitas membangunkan sahur oleh sekelompok pemuda dengan menggunakan peralatan seadanya seperti ember, panci, dan besi atau bamboo sebagai alat pukul dengan menyerukan lagu / yel yel khusus,namun saat ini dengan berjalannya waktu Arakan sahur sudah dikemas dalam bentuk festival.

Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat melihat peluang dan potensi yang cukup bagus dan menjadikan Arakan Sahur sebagai Festival Arakan Sahur yang diselenggarakan setiap tahun di Bulan Ramadhan. Pelaksanaan Festival Arakan Sahur di laksanakan setiap malam minggu selama bulan Rammadhan.  Pesertanya terdiri dari orang dewasa hingga anak-anak. Hal lain yang menarik dari festival ini, setiap peserta selalu berusaha menampilkan yang terbaik atas permainan musik dan keindahan maket yang dibuatnya, ada yang membuat kapan-kapalan, Al Quran besar, miniatur masjid, dan lain-lain.

Baca Juga  Peringatan Hari Pahlawan, Bupati Tanjab Barat Berikan Penghargaan Camat Teladan dan Berprestasi

Tradisi arakan sahur itu menjadi sebuah tradisi yang cukup unik karena mereka yang ikut dalam kegiatan tersebut harus berkeliling sepanjang jalan Tungkal dengan rute yang telah ditentukan. Mereka juga harus memainkan alat musik yang mereka pertunjukan kepada masyarakat di sana sebagai bentuk cara mereka dalam membangunkan warga untuk melaksanakan sahur.

Di Tahun 2024 ini, festival Arakan Sahur dibuka oleh Menteri Parekraf Sandiaga. Dengan terpilihnya Festival Arakan Sahur kedalam 110 Event Terbaik Versi Kharisma Event Nusantara Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, diharapkan dapat menyumbangkan kontribusi di sektor pariwisata dan kebudayaan serta meningkatkan pertumbuhan ekonomi para pelaku Pariwisata dan dan budaya di Provinsi Jambi khususnya di Kabupaten Tanjung Jabung Barat.

Bupati Tanjab Barat, H. Anwar Sadat dalam sambutan nya menyampaikan festival arakan sahur adalah tradisi yang dilaksanakan setiap tahun dan ini juga telah menjadi kalender nasional.

Baca Juga  Bupati Anwar Sadat Perkenalkan Produk UMKM Tanjab Barat di Gernas BBI

“Pada tahun 2023 lalu Arakan sahur pernah mendapatkan penghargaan dari kementerian parekraf, ” Ujar Bupati.

Dilanjutkan bupati, Maksud dan tujuan kegiatan ini sebagai upaya untuk memeriahkan kabupaten tanjung jabung barat dalam menyambut bulan Ramadhan selain itu Guna meningkatkan sektor UMKM. Peserta lomba adalah masyarakat kabupaten tanjung jabung barat, dari perwakilan masjid masjid yang ada.

“Atas nama pemerintah daerah kabupaten tanjung jabung barat mengucapkan terimakasih kepada seluruh pihak yang berpartisipasi, kami juga berterimakasih dan apresiasi dari Kemenperekraf yang telah berkenan hadir di tengah tengah masyarakat Tanjab barat, ” Demikian kata bupati.

Sementara itu, Menteri Parekraf Sandiaga salahudin Uno mengatakan apresiasi kepada seluruh masyarakat kabupaten tanjung jabung barat. Karena arakan sahun menjadikan festival arakan sahur menjadi yang terbaik se-nusantara.

“Festival arakan sahur Ini adalah kolaborasi budaya dan arakan sahur, Menjadi daya tarik daya wisata religi. Saya ingin mengangkat tulang punggung destinasi wisata halal Indonesia. Dan Festival ini menjadi kekuatan dari provinsi jambi, ” Ujarnya.

Dia juga menyatakan ada banyak destinasi yang ada di provinsi jambi dan berharap festival arakan sahur tahun 2024 sukses dengan inovasi adaptasi dan kolaborasi. *

 

 

 

Penulis Editor Amir Ote

Share :

Baca Juga

Pemerintahan

Bupati Tanjab Barat Safari Jumat di Masjid As-Shahabah

Pemerintahan

Pemkab Tanjab Barat Lakukan Kerjasama Dengan STIKBA Jambi

Pemerintahan

Wabup Tanjab Barat Tinjau Kegiatan Vaksinasi Masal di Polsek Tungkal Ulu

Meraingin

Paripurna DPRD, Pemkab Merangin Jawab Pandangan Umum 9 Fraksi Dewan

Pemerintahan

Pemkab Tanjab Barat Safari Ramadhan Perdana di Kecamatan Bram Itam

Pemerintahan

Sekda Tanjab Barat Buka Secara Resmi Edukasi dan Penyuluhan Pelaporan SPT Tahunan

Pemerintahan

Bupati Tanjab Barat Pimpin Rapat Percepatan Penanganan Konflik Sosial Kelompok Tani 

Pemerintahan

Hadiri Launching LIDIA Bupati Tanjab Barat: Ini Satu-satunya Se-Provinsi Jambi