Kapolres Bungo Pimpin Upacara Pemberian Reward Penghargaan 4 Pilar Di Halaman Mapolres Izhar Majid Siap Perebutkan Kursi Wakil Bupati Merangin Vaksinasi Masal DPRD Tanjab Barat, H. Abdullah: Masyarakat Sangat Antusias Hasbi Anshory Turut Berduka Atas Wafatnya Anggota DPR RI Percha Leanpuri Politisi NasDem Terpapar Covid 19, Pelayanan IGD RSUD KH Daud Arif dan Puskesmas Pijoan Baru Tutup Sementara

Home / Meraingin

Minggu, 11 April 2021 - 02:16 WIB

Dinas Perikanan Merangin Panen Ikan Kolam Teknologi Bioflok di Pesentren Darussalam

MERANGIN-BULENONnews.com.

Kementerian Perikanan dan Kelautan melaui Balai Perikananan Budidaya Air Tawar Sungai Gelam bekerjasama dengan Dinas Perikanan Kabupaten Merangin telah Melakukan Program bantuan Kolam Teknologi Bioflok, salah satunya di Kabupaten Merangin.

Dengan bantuan Pemerintah Pusat tersebut, kemarin siang, Sabtu (10/4/21) Dinas Perikanan Kabupaten Merangin melaksanakan Panen ikan Nila di Pondok Pesantren Darussalam Desa Pulau Baru Kecamatan Batang Masumai.

Acara berlangsung dengan hikmad yang juga dihadiri Muhammad Yani Anggota DPRD Kabupaten Merangin, Muis Kepala Desa Pulau Baru, Ustadz Abas Pengasuh Pondok Pesantren, Dora Penyuluh Lapangan dan para Santri disertai masyarakat setempat.

Baca Juga  M. Taufik Dambakan Damkar di Pamenang Ketimbang Alat Berat

Pada kesempatan acara tersebut Kepala Dinas Perikan Kabupaten Merangiin, M. Damai menyampaikan, samabutannya, bahwa Program Budidaya Ikan Teknologi sistim Bioflok akan lakuakan Dinas Perikanan Kabupaten Merangin di Setiap Pesantren Kabupaten Merangin

” Dalam rangka Pemulihan Ekonomi Baru di masa Covid-19, Pemerintah pusat melalui Balai Perikanan Budidaya Air Tawar Bekerjasama dengan Dinas Perikanan Merangin mencoba membuat terobosan yaitu membantu Pondok pesantren yang ada di Merangin akan menjadi ladang Perikanan,” Ujar Damai.

Baca Juga  DLH Merangin Siap Mendorong Legalitas PETI

Dengan tujuan Sambung Kadis,” Membbudidaya ikan dengan sistim teknologoi Bioflok akan mengurangi Kerambah apung, dan memamfaatkan lahan dan pekarangan yang ada,”ucap Kadis

Sementra Ustads Abas pengasuh Pesantren dalam wawancara, menyebutkan,” Kami Pesantren Darussalam sangat berterimakasih dan bangga kepada Dinas Perikanan dan Bapak Yani Anggota Dewan Merangin, berkat bantuannya Pesantren Darussalam hari ini bisa Panen ikan dan dapat Sepuluh Kolam model baru,” tandasnya.

Baca Juga  Soal PETI di Kelurahan Dusun Bangko, Lurah dan LPM Akan Mengambil Tindakan Tegas

Kepala Desa Pulau Baru, Muis menuturkan,” Selain kegiatan yang dilakukan Dinas Perikan, disini tak luput pula pembinaan dari PPL , dan hendaknya masyarakat termotivasi untuk dikembangkan,” harap Kades.

Dora Elmavira PPL Batang masumai menerangkan, “Pembinaan terhadap Kolompok dan Masyarakat disini banyak suka dukanya, terkadang faktor cuaca yang berubah-rubah menyebabkan kematian pada ikan, dari 12.000 dari Sepuluh kolam bantuan pusat ini tingkat kematian nya mecapai 4 persen,”terang Perempuan berparas Ayu ini.

Penulis/Editor: Ote.

Share :

Baca Juga

Meraingin

Paripurna Ketiga DPRD, Bupati Merangin Sampaikan Tanggapan Fraksi

Meraingin

M. Taufik Dambakan Damkar di Pamenang Ketimbang Alat Berat

Meraingin

URC Satpol PP Merangin Merupakan Pasukan Khusus Sebagai Motor Yang Cepat dan Tangkas

Meraingin

Hj. Nurhaida Mashuri Besuk Kades Beringin Sanggul di RSD Kol. Abundjani Bangko

Meraingin

Kapolres Merangin, Komandan Yang Rendah Hati Buka Ruang Keakraban Bersama Pedas

Meraingin

Progres Mushola Ikhwanul Muslimin Sudah 70%

Meraingin

Bupati Merangin Dampingi Gubernur Jambi Salurkan Bantuan Kepada Korban Kebakaran

Meraingin

Reses Pertama Wakil Ketua ll DPRD Merangin Kausari Sukses