Hari Raya Idul Fitri 1442 H, Lapas Kelas IIB Kuala Tungkal Berikan Remisi Pada 215 Napi Shalat Idul Fitri di Ponpes Al Baqiyatush Shalihat, Bupati Tanjab Barat Ucapkan Selamat Lebaran Pada Masyarakat Polres Tanjab Barat Laksanakan Bakti Sosial Bagi Sembako Pada Pasien Covid 19 Bupati Tanjab Barat tinjau Persiapan Prokes Sholat Id Disejumlah Masjid Dalam Kota Kuala Tungkal Audensi Bersama Perpani,Wabub Beri Dukungan Atlit Rifabel

Home / Meraingin

Minggu, 11 April 2021 - 02:16 WIB

Dinas Perikanan Merangin Panen Ikan Kolam Teknologi Bioflok di Pesentren Darussalam

MERANGIN-BULENONnews.com.

Kementerian Perikanan dan Kelautan melaui Balai Perikananan Budidaya Air Tawar Sungai Gelam bekerjasama dengan Dinas Perikanan Kabupaten Merangin telah Melakukan Program bantuan Kolam Teknologi Bioflok, salah satunya di Kabupaten Merangin.

Dengan bantuan Pemerintah Pusat tersebut, kemarin siang, Sabtu (10/4/21) Dinas Perikanan Kabupaten Merangin melaksanakan Panen ikan Nila di Pondok Pesantren Darussalam Desa Pulau Baru Kecamatan Batang Masumai.

Acara berlangsung dengan hikmad yang juga dihadiri Muhammad Yani Anggota DPRD Kabupaten Merangin, Muis Kepala Desa Pulau Baru, Ustadz Abas Pengasuh Pondok Pesantren, Dora Penyuluh Lapangan dan para Santri disertai masyarakat setempat.

Baca Juga  Box Culvert Jalan Poros Menuju Tabir Timur Amblas, DPUPR Diminta Tinjau Lokasi

Pada kesempatan acara tersebut Kepala Dinas Perikan Kabupaten Merangiin, M. Damai menyampaikan, samabutannya, bahwa Program Budidaya Ikan Teknologi sistim Bioflok akan lakuakan Dinas Perikanan Kabupaten Merangin di Setiap Pesantren Kabupaten Merangin

” Dalam rangka Pemulihan Ekonomi Baru di masa Covid-19, Pemerintah pusat melalui Balai Perikanan Budidaya Air Tawar Bekerjasama dengan Dinas Perikanan Merangin mencoba membuat terobosan yaitu membantu Pondok pesantren yang ada di Merangin akan menjadi ladang Perikanan,” Ujar Damai.

Baca Juga  Izhar Majid Ketua Komisi ll DPRD Prov. Jambi Hadiri Kunker Gubernur di Merangin

Dengan tujuan Sambung Kadis,” Membbudidaya ikan dengan sistim teknologoi Bioflok akan mengurangi Kerambah apung, dan memamfaatkan lahan dan pekarangan yang ada,”ucap Kadis

Sementra Ustads Abas pengasuh Pesantren dalam wawancara, menyebutkan,” Kami Pesantren Darussalam sangat berterimakasih dan bangga kepada Dinas Perikanan dan Bapak Yani Anggota Dewan Merangin, berkat bantuannya Pesantren Darussalam hari ini bisa Panen ikan dan dapat Sepuluh Kolam model baru,” tandasnya.

Baca Juga  HUT Kemerdekaan RI Ke-75 Diisi Remaja Masjid Jami' Dengan Kegiatan Keagaman

Kepala Desa Pulau Baru, Muis menuturkan,” Selain kegiatan yang dilakukan Dinas Perikan, disini tak luput pula pembinaan dari PPL , dan hendaknya masyarakat termotivasi untuk dikembangkan,” harap Kades.

Dora Elmavira PPL Batang masumai menerangkan, “Pembinaan terhadap Kolompok dan Masyarakat disini banyak suka dukanya, terkadang faktor cuaca yang berubah-rubah menyebabkan kematian pada ikan, dari 12.000 dari Sepuluh kolam bantuan pusat ini tingkat kematian nya mecapai 4 persen,”terang Perempuan berparas Ayu ini.

Penulis/Editor: Ote.

Share :

Baca Juga

Meraingin

H. Al Haris Beri Apresiasi Saat Resmikan Sikumbang Water Park

Meraingin

Plt Bupati H Mashuri Pimpin Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila

Meraingin

H. Mashuri Tanda Tangani Zona Intergritas WBK dan WBBM di Polres Merangin

Meraingin

Jembatan Lubuk Bumbun Andai Tidak Dibangun Pusat Tahun Ini, Maka Akan Dibagun Dari Dana APBD

Meraingin

Dibeli Belasan Milyar, Kapal Tungkal Samudera Bakal Dilelang Seharga Ratusan Juta Rupiah.

Meraingin

Dua Warga Pembawa Emas Hasil PETI Ditangkap

Meraingin

Timbunan Jembatan Tergerus dan Bepotensi Pendangkalan, Bupati Segera Cek Lokasi

Meraingin

Progres Pembangunan Mushola Ikhwanul Muslimin Dusun Nangko Kian Pesat