Bupati Tanjab Barat Serahkan Bantuan Kepada Nelayan Bupati Bersama Gubernur Laksanakan Gerakan Panen Cabai Desa Lubuk Terentang Wabup Hairan Sambut Kunjungan dan Silaturahmi LP3KD Tanjab Barat Wabup Hairan Hadiri Pertemuan Aksi 7 Publikasi Data Stunting Tingkat Kabupaten Tanjab Barat Tahun 2022 Ditandai Pemukulan Gong, Secara Resmi Bupati Tanjab Barat Buka MTQ Ke-50 Tingkat Kabupaten

Home / Meraingin

Minggu, 11 April 2021 - 02:16 WIB

Dinas Perikanan Merangin Panen Ikan Kolam Teknologi Bioflok di Pesentren Darussalam

MERANGIN-BULENONnews.com.

Kementerian Perikanan dan Kelautan melaui Balai Perikananan Budidaya Air Tawar Sungai Gelam bekerjasama dengan Dinas Perikanan Kabupaten Merangin telah Melakukan Program bantuan Kolam Teknologi Bioflok, salah satunya di Kabupaten Merangin.

Dengan bantuan Pemerintah Pusat tersebut, kemarin siang, Sabtu (10/4/21) Dinas Perikanan Kabupaten Merangin melaksanakan Panen ikan Nila di Pondok Pesantren Darussalam Desa Pulau Baru Kecamatan Batang Masumai.

Acara berlangsung dengan hikmad yang juga dihadiri Muhammad Yani Anggota DPRD Kabupaten Merangin, Muis Kepala Desa Pulau Baru, Ustadz Abas Pengasuh Pondok Pesantren, Dora Penyuluh Lapangan dan para Santri disertai masyarakat setempat.

Pada kesempatan acara tersebut Kepala Dinas Perikan Kabupaten Merangiin, M. Damai menyampaikan, samabutannya, bahwa Program Budidaya Ikan Teknologi sistim Bioflok akan lakuakan Dinas Perikanan Kabupaten Merangin di Setiap Pesantren Kabupaten Merangin

Baca Juga  Bupati Merangin Launching Pojok Pentas Desa

” Dalam rangka Pemulihan Ekonomi Baru di masa Covid-19, Pemerintah pusat melalui Balai Perikanan Budidaya Air Tawar Bekerjasama dengan Dinas Perikanan Merangin mencoba membuat terobosan yaitu membantu Pondok pesantren yang ada di Merangin akan menjadi ladang Perikanan,” Ujar Damai.

Dengan tujuan Sambung Kadis,” Membbudidaya ikan dengan sistim teknologoi Bioflok akan mengurangi Kerambah apung, dan memamfaatkan lahan dan pekarangan yang ada,”ucap Kadis

Sementra Ustads Abas pengasuh Pesantren dalam wawancara, menyebutkan,” Kami Pesantren Darussalam sangat berterimakasih dan bangga kepada Dinas Perikanan dan Bapak Yani Anggota Dewan Merangin, berkat bantuannya Pesantren Darussalam hari ini bisa Panen ikan dan dapat Sepuluh Kolam model baru,” tandasnya.

Baca Juga  Pramuka Saka Wira Kartika Kodim 0420/Sarko Bagikan Takjil Gratis

Kepala Desa Pulau Baru, Muis menuturkan,” Selain kegiatan yang dilakukan Dinas Perikan, disini tak luput pula pembinaan dari PPL , dan hendaknya masyarakat termotivasi untuk dikembangkan,” harap Kades.

Dora Elmavira PPL Batang masumai menerangkan, “Pembinaan terhadap Kolompok dan Masyarakat disini banyak suka dukanya, terkadang faktor cuaca yang berubah-rubah menyebabkan kematian pada ikan, dari 12.000 dari Sepuluh kolam bantuan pusat ini tingkat kematian nya mecapai 4 persen,”terang Perempuan berparas Ayu ini.

Penulis/Editor: Ote.

Share :

Baca Juga

Meraingin

Polda Jambi Gelar Pisah Sambut Bersama Dirreskrimsus dan Dua Kapolres

Meraingin

Pol PP Merangin Akan Angkut Gerobak dan Lapak PKL Yang Tidak Taat Aturan

Meraingin

Komisi ll DPRD Merangin Panggil Dewas Soal Kisruh RSUD Kol Abundjani

Meraingin

Bupati Merangin Dampingi Gubernur Jambi Salurkan Bantuan Kepada Korban Kebakaran

Meraingin

Kapolres Merangin Hadiri Launching Aplikasi Asap Nasional Secara Virtual Oleh Kapolri

Meraingin

HUT Kemerdekaan RI Ke-75 Diisi Remaja Masjid Jami’ Dengan Kegiatan Keagaman

Meraingin

Jagung Merangin Dijual Keluar Provinsi, UMKM Beli Jagug Dari Sarolangun dan Bungo

Meraingin

DPRD Merangin Panggil Ulang Dewas RSUD Tekait Kisruh RSUD