Anwar Sadat Cakada Pertama mengembalikan Formulir Pendaftaran di DPC Partai Demokrat Tanjab Barat  DPC PPP Tanjab Barat Buka Pendaftaran Bakal Cakada Ahmad Jahfar Ambil Formulir Pendaftaran Cakada di Partai Demokrat Tanjab Barat. Polres Tanjab Barat Ringkus Pelaku Setubuhi Anak Dibawah Umur Seorang Pria di Tanjab Barat Alami Luka Bacok di Perut dan Tangan 

Home / Pemerintahan

Rabu, 26 Januari 2022 - 07:29 WIB

Diskoperindag Tanjab Barat Bubarkan 116 Koperasi Tak Aktif

Bulenon News.Com Tanjab Barat – Tercatat sejak 2019 lalu dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Tanjung Jabung Barat telah membubarkan sedikitnya 116 koperasi yang dinilai tidak aktif atau anggotanya tidak pernah melakukan rapat tahunan.

Hal itu diungkapkan oleh Redisal, Kabid Koperasi dan UMKM, Dinas Koperasi Perindustrian Perdagangan Tanjab Barat, bahwa pihaknya telah membubarkan sebanyak 116 koperasi yang sudah tidak aktif selama tiga tahun terakhir berdasarkan tinjauan dinas ditemui sudah tidak melakukan aktifitas.

“Pembubaran itu langsung dilakukan oleh Kementerian Koperasi sesuai dengan usulan kita terhadap koperasi yang dinilai sudah tidak adanya lagi kebersamaan untuk membangun memang ada proses dan tahapan nya terlebih dahulu,”tuturnya.

Lebih lanjut, ia menjelaskan terhadap koperasi yang sudah tidak aktif tersebut pihaknya memberikan tenggang waktu selama tiga tahun kepada pengurus koperasi untuk mengaktifkan kembali, melakukan pembinaan serta mencari kendala yang dihadapi agar koperasi tersebut aktif kembali.

Baca Juga  Bupati Anwar Sadat Laksanakan Safari Subuh di Kelurahan Tungkal II

“Nah jika serangkaian upaya itu sudah kita lakukan lebih kurang selama tiga tahun tetapi tidak juga ada perubahan atau kondisi kopersi itu sudah tidak dimungkinkan untuk aktif kembali, maka berdasarkan aturan Kementerian sudah saatnya untuk dibubarkan memang untuk pembubaran itu haknya di Kementerian kita hanya mengusulkan,”Sebut Redisal.

Disisi lain, ia menerangkan ditahun 2020 lalu ada sebanyak 274 koperasi yang terdata di Diskoperindag Tanjab Barat, sementara dari jumlah tersebut hanya 159 yang aktif. Namun kata Redisal pihaknya berupaya secara bertahap untuk mengaktifkan kembali koperasi yang saat ini masih non aktif.

Baca Juga  Wabup Hairan Buka Kegiatan Diseminasi Audit Kasus Stunting Semester II

“Kita lakukan upaya secara bertahap, memang sejauh ini yang kita temui kendala yang tidak aktif itu karena tidak adanya lagi kebersamaan, tetapi yang paling dominan biasanya masalah permodalan. Kita berharap semangat berkoperasi ini dapat hidup kembali jika memang ingin mengaktifkan pasti ada jalan nya,”tuturnya.

“Yang paling dominan di Tanjab Barat koperasi yang bergerak dibidang perkebunan, ada perikanan atau koperasi produsen, simpan pinjam dan lain lain, karena prinsipnya koperasi ini bisa bergerak tanpa modal yang penting adanya kebersamaan dan ada bahan produksi serta pemasaran, Insya Allah bisa bergerak aktif,”pungkasnya.

 

Penulis/Editor:Amir/Otte

Share :

Baca Juga

Pemerintahan

Hanggar Bongkar Muat Milik Dishub Tanjab Barat Jadi Gudang Kelapa

Pemerintahan

Bupati Anwar Sadat Tinjau Normalisasi Selokan di Sekitar Jalan Hidayat

Pemerintahan

Wabup Tanjabbar Dampingi Gubernur Jambi Resmikan MTs Soleh Al- Mubarok Desa Gemuruh

Pemerintahan

Wabup Tanjab Barat Sambut Kunjungan Silaturahmi Anggota DPR RI Komisi V

Pemerintahan

Bupati Anwar Sadat Secara Resmi Buka Acara Kegiatan Sosialisasi dan Bimbingan Teknis MRI

Pemerintahan

Sekda Tanjab Barat Buka Secara Resmi Edukasi dan Penyuluhan Pelaporan SPT Tahunan

Pemerintahan

Bupati Tanjab Barat Hadiri Paripurna Kedua Penyampaian Pandangan Umum Anggota DPRD

Pemerintahan

Bupati Anwar Sadat Hadiri Halalbihalal TP-PKK dan DWP Tanjab Barat