Bupati Tanjabbar Ikuti Rakor Sinergi dan Penguatan Pemberantasan Korupsi Kepala Daerah se-Provinsi Jambi. Wabup Harian Hadiri Halal Bihalal Santri Lirboyo  Bupati Tanjab Barat Pimpin Rapat Penanganan Konflik Sosial  Bupati Tanjung Jabung Barat Gelar Halal Bihalal Bersama Kerukunan Bubuhan Banjar Paripurna ketiga, DPRD Tanjab Barat Mendengarkan Tanggapan LKPJ Bupati

Home / Pendidikan

Rabu, 9 November 2022 - 06:31 WIB

Guru SMKN 1 Tanjab Barat Minta Plt Kepsek Mundur

TANJABBARAT,BULENONNEWS.COM – Diduga merasa resah serta tidak nyaman dibawah kepemimpinan Plt. Dra. Nurliah. Guru yang mengajar di SMKN 1 Tanjab Barat minta  Plt Kepsek mundur dari sekolah.

Hal ini sampaikan pengawas SMK Koordinator Wilayah (Korwil) Kabupaten Tanjung Jabung Barat Drs. Agusman, M.Pd saat melakukan kunjungan serta melakukan pemetaan terkait polemik yang beberapa waktu lalu, terkait Kepala Sekolah diminta untuk mundur dari jabatannya yang dinilai arogan.

Agusman mengatakan, setelah melakukan rapat kurang lebih empat jam di ruangan guru bersama para guru yang ada di sekolah tersebut, tidak hanya tuntutan dari pihak pelajar, melainkan para guru juga berkesimpulan menuntut agar kepala sekolah tersebut mundur dari jabatannya.

“Tadi kita telah melakukan rapat bersama para guru-guru serta dengan Plt. Kepala Sekolah (Dra. Nurliah) dari kesimpulannya dikatakan hasil poin para guru,  Beliau jarang senyum, jadi tidak menciptakan rasa nyaman dalam berkomunikasi” Ucap Agusman, saat dikonfirmasi, usai mengadakan rapat bersama para guru. Selasa, (08/11/22).

Baca Juga  Polres Tanjab Barat Rapid Antigen 36 Santri Yang Pulang Ke Pesantren di Pulau Jawa

Tidak hanya itu, Agusman juga menuturkan kepala sekolah sering kali saat diminta dana untuk kegiatan, beliau menyatakan dana habis.

Terlebih parahnya, Agusman mengatakan. Plt. Nurliah diduga sering mengancam sertifikasi guru dan atau mengancam mutasi dengan mengatasnamakan pemetaan. Apabila tidak mengikuti kehendaknya.

“Tidak pernah lagi rapat, yang ada briefing saja. Dulu saat rapat,  biasanya diadakan sekarang tidak ada lagi, ” jelas Agusman.

Terkait hal tersebut, dirinya selaku pengawas dibidang SMK Koordinator Wilayah Kabupaten Tanjung Jabung Barat, akan menyerahkan hasil dari kesimpulan serta temuan pada sekolah tersebut.

“Hasil ini akan kita serahkan ke diknas (Dinas Pendidikan Provinsi Jambi – red). untuk nanti memutuskan kita tidak bisa memutuskan, akan tetapi telah menjalankan hasil dan menyerahkan berkas hasil dari rapat ini” Tutup Agusman.

Terpisah beberapa guru saat dikonfirmasi usai mengikuti rapat menyatakan perihal yang sama, menuntut oknum Plt. kepala sekolah pindah dari sekolah SMKN 1

“Kalo tuntutan kami beliau pindah dari SMKN 1 Tanjab Barat, baik statusnya sebagai PLT, maupun sebagai guru.” Ujar Guru yang mengikuti rapat.

Baca Juga  Izhar Majid Dewan Provinsi Jambi Serahkan Bantuan Meja Kursi Ke Madrasah Dusun Bangko

Adapun masalah yang diangkat oleh para guru adalah:

  1. Jarang senyum
  2. Diminta dana terkait kegiatan sekolah selalu dibilang habis
  3. Mengancam sertifikasi dan mutasi apabila tidak mengikuti kehendaknya
  4. Tidak ada lagi rapat hanya Briefing
  5. Pemotongan honor
  6. Pemanggilan guru yang telat saat hujan
  7. Absensi kehadiran para guru di bawa – bawa
  8. Playing victim (seolah-olah beliau yang menjadi korban)
  9. Tidak mendukung guru yang menjalani proses PPG
  10. Tidak adanya Transparansi dana Sekolah.

Sementara itu,  Dra Nurliah, Plt Kepala Sekolah SMKN 1 Tanjab Barat, saat dikonfirmasi. Dirinya mengaku lelah sekali dan tidak bisa memberikan banyak keterangan.

“Maaf ya bapak – bapak dan ibu dari media. Saya merasa lelah. Saat rapat tadi saya tidak berikan hak menjawab dan sebatas mendengarkan saja. Saya dengarkan aja, nanti ada hak jawab saya. Namun saya akan pertanggung jawabkan semua;”pungkasnya.*

 

 

Penulis/ Editor:Amir/Otte

Share :

Baca Juga

Meraingin

Hearing Komisi ll DPRD Merangin Bersama Dikbud dan BKPSDM Penuh Rasa Haru

Meraingin

SDN 299/VI Langling ll Kabupaten Merangin Butuh Rehab.

Pendidikan

Unjuk Rasa Pelajar SMKN 1 Kuala Tungkal Mendapat Sorotan Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Jambi

Pendidikan

Miris, Bangun SDN 118 Desa Suak Labu Memprihatinkan

Meraingin

Siswa SMK Negeri 1 Merangin Segera Berangkat PKL, Komite Gelar Rapat Persiapan

Pendidikan

Siswa SMPN 2 Kuala Tungkal Lulus Masuk di SMAN TT Jambi, Pauzan;Ini Berkat Perjuangan Semua Pihak

Pendidikan

Puluhan Kepsek di Tanjabbar Masih Jabat Plt,Ini Kata Plt Kadisdikbud

Pendidikan

Penerimaan Peserta Didik Baru SMAN 1 Kuala Tungkal Akan Berakhir