Seorang Pria di Tanjab Barat Alami Luka Bacok di Perut dan Tangan  Bupati Anwar Sadat Berikan Bantuan Sepada Baru Pada Pedagang Jamu Keliling  Bupati Tanjab Barat Tinjau TPU Desa Sialang Bupati Tanjab Barat Pimpin Apel Perdana Setelah Lebaran Idul Fitri  Bupati Serahkan Hadiah Juara Arakan Sahur di Tanjab Barat

Home / Polri

Rabu, 11 Januari 2023 - 11:32 WIB

Tradisi Pedang Pora Sambut Kapolres Tanjab Barat AKBP Padli,SH,S.IK,MH

Tradisi Pedang Pora Sambut Kapolres Tanjab Barat AKBP Padli,SH,S.IK,MH. Foto SJ

Tradisi Pedang Pora Sambut Kapolres Tanjab Barat AKBP Padli,SH,S.IK,MH. Foto SJ

TANJABBARAT,BULENONNEWS.COM – Prosesi penyambutan Kapolres Tanjab Barat yang baru AKBP Padli, SH, S.IK, MH disambut dengan tradisi Pedang Pora, Rabu (11/1/23). Penyambutan dimulai dari gerbang Mapolres Tanjab Barat hingga menuju depan lobby Mapolres.

AKBP Padli, SH, S.IK, MH beserta ibu saat tiba di Mapolres Tanjab Barat disambut langsung oleh AKBP Muharman Arta, S.IK, Bupati Tanjab Barat, Forkopimda Tanjab Barat, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat serta tamu dan undangan lainnya.

Dalam prosesi penyambutan itu juga diisi dengan berbagai kegiatan diantaranya pertunjukan barongsai, pemberian buket bunga kepada Kapolres Tanjab Barat beserta Ibu, jajar hormat, tarian sekapur sirih, dan dilanjutkan dengan tradisi pedang pora.

Baca Juga  Jelang Hari Raya Idul Fitri 1443 H,Polres Tanjab Barat Siapkan 4 Pos Keamanan dan Pelayanan

Pada saat tradisi pedang pora, sejumlah perwira dari Polres Tanjab Barat dan Kodim 0419/Tanjab membentuk barisan saling berhadapan di pintu masuk Mapolres sambil menghunus pedang.

Kapolres Tanjab Barat AKBP Padli, SH, S.IK, MH beserta istri kemudian berjalan perlahan, melewati barisan perwira tersebut. Satu persatu pedang diangkat ke atas dengan disilangkan membentuk gerbang dan diiringi musik serta taburan bunga, Kapolres beserta ibu melangkah maju hingga melewati akhir barisan.

Dengan demikian tongkat komando Kapolres Tanjab Barat berpindah dari AKBP Muharman Arta, S.IK kepada pejabat baru AKBP Padli, SH, S.IK, MH yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolres Pidie Polda Aceh. Sedangkan AKBP Muharman Arta, S.IK resmi alih tugas menempati jabatan baru sebagai Kapolres Muaro Jambi.

Baca Juga  Hari Pertama Operasi Zebra 2022, Sejumlah Pelajar di Kuala Tungkal Terjaring Razia

Setelah tradisi pedang pora selesai, acara dilanjutkan dengan laporan kesatuan dari Kapolres lama kepada Kapolres baru di ruang Renconfu Mapolres Tanjab Barat. Kemudian dilanjutkan dengan acara Kenal Pamit dan diakhiri dengan acara tradisi Gerbang Pora atau prosesi pelepasan AKBP Muharman Arta, S.IK *

 

 

 

Penulis/Editor: Tim

Share :

Baca Juga

Polri

Himbau Masyarakat Pengabuan dan Senyerang Untuk Tidak Bakar Hutan Serta Lahan,Kapolsek: Melanggar Kita Tindak Tegas

Polri

Sat Polair Polres Tanjab Barat Lakukan Patroli Beat

Polri

Kasat Narkoba Polres Tanjab Barat Diperiksa Bid Propam,Kabid Humas Polda Jambi : Audit Investigasi Sedang Berjalan

Polri

Hindari Aksi Jambret, Polres Tanjab Barat Himbaua  Masyarakat Jangan Menggunakan Barang Mencolok

Berita

Satreskrim Polres Tanjab Barat Razia Lapak Penjual Petasan 

Polri

Antisipasi Kapal Membawa Migor, Polairud Polres Tanjab Barat Lakukan Penyisiran

Polri

Polres Tanjab Barat Mengamankan Kedua Kelompok yang Bertikai Untuk Dilakukan Mediasi

Polri

Puluhan Insan Pers Buka Puasa Bersama Kapolres Tanjab Barat