Bupati Tanjab Barat Hadiri Haul ke-87 Syekh Abdurrahman Sidiq Bin Syekh M. Afif Al- Banjari Laporan Poktan Imam Hasan di SP3, Kadisbunak Tanjab Barat Lapor Balik Bupati Anwar Sadat Jenguk Pengawas Pemilu yang Sakit Bupati Anwar Sadat Kunjungi Kantor Pos Kuala Tungkal Penyerahan Bantuan PKH Bupati Tanjab Barat Safari Jumat di Masjid As-Shahabah

Home / Polri

Rabu, 11 Januari 2023 - 11:32 WIB

Tradisi Pedang Pora Sambut Kapolres Tanjab Barat AKBP Padli,SH,S.IK,MH

Tradisi Pedang Pora Sambut Kapolres Tanjab Barat AKBP Padli,SH,S.IK,MH. Foto SJ

Tradisi Pedang Pora Sambut Kapolres Tanjab Barat AKBP Padli,SH,S.IK,MH. Foto SJ

TANJABBARAT,BULENONNEWS.COM – Prosesi penyambutan Kapolres Tanjab Barat yang baru AKBP Padli, SH, S.IK, MH disambut dengan tradisi Pedang Pora, Rabu (11/1/23). Penyambutan dimulai dari gerbang Mapolres Tanjab Barat hingga menuju depan lobby Mapolres.

AKBP Padli, SH, S.IK, MH beserta ibu saat tiba di Mapolres Tanjab Barat disambut langsung oleh AKBP Muharman Arta, S.IK, Bupati Tanjab Barat, Forkopimda Tanjab Barat, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat serta tamu dan undangan lainnya.

Dalam prosesi penyambutan itu juga diisi dengan berbagai kegiatan diantaranya pertunjukan barongsai, pemberian buket bunga kepada Kapolres Tanjab Barat beserta Ibu, jajar hormat, tarian sekapur sirih, dan dilanjutkan dengan tradisi pedang pora.

Baca Juga  Bupati Anwar Sadat Launching Penyaluran Cadangan Beras Pemerintah Bantuan Pangan Tahap II

Pada saat tradisi pedang pora, sejumlah perwira dari Polres Tanjab Barat dan Kodim 0419/Tanjab membentuk barisan saling berhadapan di pintu masuk Mapolres sambil menghunus pedang.

Kapolres Tanjab Barat AKBP Padli, SH, S.IK, MH beserta istri kemudian berjalan perlahan, melewati barisan perwira tersebut. Satu persatu pedang diangkat ke atas dengan disilangkan membentuk gerbang dan diiringi musik serta taburan bunga, Kapolres beserta ibu melangkah maju hingga melewati akhir barisan.

Dengan demikian tongkat komando Kapolres Tanjab Barat berpindah dari AKBP Muharman Arta, S.IK kepada pejabat baru AKBP Padli, SH, S.IK, MH yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolres Pidie Polda Aceh. Sedangkan AKBP Muharman Arta, S.IK resmi alih tugas menempati jabatan baru sebagai Kapolres Muaro Jambi.

Baca Juga  Polsek Pengabuan Gelar KOPI MANIS di Pasar Teluk Nilau

Setelah tradisi pedang pora selesai, acara dilanjutkan dengan laporan kesatuan dari Kapolres lama kepada Kapolres baru di ruang Renconfu Mapolres Tanjab Barat. Kemudian dilanjutkan dengan acara Kenal Pamit dan diakhiri dengan acara tradisi Gerbang Pora atau prosesi pelepasan AKBP Muharman Arta, S.IK *

 

 

 

Penulis/Editor: Tim

Share :

Baca Juga

Polri

Polsek Tebing Tinggi Gelar Kegiatan ‘Police Goes To School’

Polri

Jelang Hari Raya Idul Fitri 1443 H,Polres Tanjab Barat Siapkan 4 Pos Keamanan dan Pelayanan

Polri

Pergantian Malam Tahun Baru 2023 Ke 2024,Kapolres Tanjab Barat Himbau Masyarakat Lakukan Hal Positif

Polri

Polsek Pengabuan Gelar KOPI MANIS di Pasar Teluk Nilau

Polri

Kapolres Tanjab Barat Pimpin Sertijab Wakapolres dan 2 Kasat

Polri

Hindari Aksi Jambret, Polres Tanjab Barat Himbaua  Masyarakat Jangan Menggunakan Barang Mencolok

Polri

Polres Tanjab Barat Gelar Sertijab PJU dan Kapolsek

Polri

Polres Tanjab Barat Lakukan Pengamanan Jalur Moge di Perbatasan Jambi – Riau