Bupati Anwar Sadat Hadiri Acara Pelepasan 314 Siswa SMA Negeri 1 Tanjab Barat  Anwar Sadat Cakada Pertama mengembalikan Formulir Pendaftaran di DPC Partai Demokrat Tanjab Barat  DPC PPP Tanjab Barat Buka Pendaftaran Bakal Cakada Ahmad Jahfar Ambil Formulir Pendaftaran Cakada di Partai Demokrat Tanjab Barat. Polres Tanjab Barat Ringkus Pelaku Setubuhi Anak Dibawah Umur

Home / Pemerintahan

Rabu, 17 Januari 2024 - 07:33 WIB

Pendapatan Asli Daerah Tanjab Barat 2024 Naik

TANJABBARAT,BULENONNEWS.COM – Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat menargetkan khusus sektor pajak tahun 2024 Rp 1.6 triliun. Jika dilihat dari 2023 yang ditargetkan Rp 1.4 triliun, tahun 2024 target yang ditargetkan dari APBD Rp 1.6 triliun.

Hal itu dibenarkan oleh Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Sugianto saat dikonfirmasikan Selasa (16/01/24) “Jadi ada penambahan sekitar Rp 250 Miliar lebih dari tahun lalu, ” ujarnya.

Lanjutnya, khusus untuk sektor pajak pendapatan asli daerah khusus 2024 jika dibandingkan 2023 terjadi kenaikan.

“Tahun 2023 PAD kita targetkan sebesar Rp 125 Miliar, di tahun 2024 PAD menjadi Rp 126 Miliar, jadi ada peningkatan Rp 1 Miliar, dan kalau kita lihat keseluruhan ada kenaikan khususnya di transfer, jadi pendapatan pendapatan transfer pusat dan daerah naik persentase khusus nya dana bagi hasil,” jelasnya.

Baca Juga  Bupati Tanjab Barat Tinjau Pemasangan Mesin Pendorong PDAM di Bram Itam

Ia menyebutkan, realasi khusus pajak di Kabupaten Tanjung Jabung Barat tahun 2023 sudah melebihi capaian target yang ditetapkan.

Sugianto mengatakan dari Rp 32,4 Miliar realisasi nya Rp 35,4 Miliar, Pemerintah Daerah mendapatkan surplus sekitar Rp 3.016 Miliar.

Baca Juga  Polres Tanjab Barat Gelar Sertijab PJU dan Kapolsek

“Jadi ada surplus dari target penetapan khusus pajak yang kita kelola di Badan Pendapatan Daerah,” ujarnya.

Ia menyampaikan, pendapatan daerah secara keseluruhan yang terdiri dari Pendapatan Asli Daerah (PAD) kemudian diiringi dengan transfer pusat ke daerah dan pendapatan daerah lainnya yang ditargetkan tahun 2023 itu adalah sebesar Rp 1.4 triliun.

“Dan realisasi nya sudah 1.49 triliun, jadi ada persentase kelebihan sekitar 40.1 Miliar, kalau presentase secara keseluruhan dari target sudah 102,77 persen, jadi pendapatan secara keseluruhan, “pungkasnya.*

Penulis Editor Tim

Share :

Baca Juga

Pemerintahan

Bupati Anwar Sadat Hadiri Giat Senam Santai

Pemerintahan

Bupati Anwar Sadat Tinjau Langsung Perbaikan Sementara Jalan Hidayat 

Pemerintahan

Pemkab Tanjab Barat Buka Penerimaan PPPK 

Meraingin

Usai Pimpin Rapat Plt Bupati Merangin Salurkan Bantuan Sosial Dampak Covid-19

Pemerintahan

Bupati Anwar Sadat Resmikan Peratshop Bumdes Maju Jaya Kecamatan Tebing Tinggi

Meraingin

Nilwan: Kearifan Lokal Tentukan Kebehasilan Assesmen Geopark

Meraingin

Laporaran Hasil Pemeriksaan (LHP) Refocusing Anggaran Covid-19 Segera Terbit

Pemerintahan

Pawai Budaya Meriahkan HUT RI Ke 77 dan Hari Jadi Tanjab Barat Ke 57