Dugaan Penyimpangan Pupuk Subsidi, Kejari Tanjab Barat Terbitkan Surat Perintah Penyelidikan Wabup Tanjab Barat Hadiri peringatan Haul Syekh Samman Al-Madani di Desa Mandala Jaya Wabup Tanjab Barat Hadiri Acara Perpisahan TK As Syuhada Kuala Tungkal Bupati Tanjab Barat Apresiasi Kerja Keras dan Dedikasi Pada Pengelola PBB-P2  Bupati Anwar Sadat Lepas 398 JCH Tanjab Barat

Home / Meraingin

Selasa, 14 November 2023 - 17:47 WIB

Pj Bupati Paparkan RDTR Merangin di Lima Pusat Kegiatan Lingkungan Ke Kementerian ATR/BPN

 

BANGKO-BULENONNEWS.COM. Penjabat (Pj) Bupati Merangin H Mukti memaparkan Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) Wilayah Perencanaan (WP) Kabupaten Merangin, di lima Pusat Kegiatan Lingkungan (PKL) ke Kementerian ATR/BPN di Jakarta, Selasa (14/11).

Hadir menyimak paparan H Mukti, Direktorat Jenderal Tata Ruang Kementerian ATR/BPN Gibriel Triwibawa dan Direktur Bina Perencanaan Tata Ruang Daerah Wilayah I Drs Pelopor, M. Eng. Sc.

Sedangkan empat bupati yang menyaksikan, Bupati Demak, Bupati Padang Pariaman, Bupati Aceh Besar dan Bupati Muara Enim serta para Ketua DPRD-nya yang juga ikut memaparkan PKL di daerahnya masing-masing.

Baca Juga  Komisi ll DPRD Minta Penempatan Zonasi Dalam Peningkatan PAD Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Merangin

Kelima PKL tersebut dijelaskan H Mukti pada Rapat Lintas Sektoral RDTR di Ballroom Millennium Hotel Sirih Jakarta itu, PKL Perkotaan Bangko (Perbup No 95 tahun 2022).

‘’Selain perkotaan Bangko, juga ada PKL Perkotaan Sungai Manau, PKL Perkotaan Pamenang, PKL Perkotaan Rantau Panjang Kecamatan Tabir dan PKL Perkotaan Lembah Masurai,’’ujar Pj Bupati Merangin.

Penyusunan RDTR jelas H Mukti, merupakan amanah dari Peratuan Pemerintah No 21 tahun 2021 tentang Penataan Ruang dan menurut Perda RTRW Kabupaten Merangin No 04 tahun 2014 terdapat lima PKL.

Diakui Pj bupati, dalam penyusunan RDTR WP Sungai Manau terdapat isu strategis pengembangan kawasan yaitu, Goa Tiangko yang berupakah salah satu geosite dari taman bumi (Geopark) Merangin-Jambi.

Baca Juga  Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Merangin Wakili Bupati Tutup PKD 2023

Selain itu ada lahan sawah dilindungi, dilalui jalan kolektor primer 1, perkembanan perdagangan dan jasa di Ruas JKP 1. Tidak hanya itu juga ada penambangan tanpa izin dan daerah rawan bencana alam banjir serta banjir-banjir bandang.

Tujuan penataan ruang RDTR wilayah perencanaan Perkotaan Sungai Manau yang maju dari sekor Pariwisata, Pertanian serta Perdagangan dan Jasa secara berkelanjutan, dengan memperhatikan kearifan lokal dan berwawasan lingkungan.(Red).

Share :

Baca Juga

Meraingin

Tim Antik Polres Merangin Ungkap 5 Kasus Tindak Pidana Narkoba Seberat 15,23 Gram

Meraingin

Menjelang Puasa Ramadhan 1445 H Pj Bupati Cek Lokasi Pasar Bedug dan Bazar

Meraingin

Pj Bupati Buka Rakor TP-PKK Kecamatan Desa dan Kelurahan Se-Merangin 2023

Meraingin

Samsul Ahyar Keberatan Jika Dua Kecamatan di Jangkat Dikategorikan Miskin Ekstrim

DPRD

Paripurna Ketiga DPRD, Bupati Merangin Sampaikan Tanggapan Fraksi

DPRD

M. Yani dan Hasan Jalil Didampingi Abu Bakar Tinjau Usaha Produksi Marning Jagung di Mentawak

Meraingin

Ketua DPRD Merangin Pimpin Hearing Soal Sengketa Lahan Tabir Ilir Dengan PT. APN

Meraingin

Mantan Sekda Merangin Tutup Usia, Ini Pesan Terakhirnya.