Bupati Anwar Sadat Hadiri Acara Pelepasan 314 Siswa SMA Negeri 1 Tanjab Barat  Anwar Sadat Cakada Pertama mengembalikan Formulir Pendaftaran di DPC Partai Demokrat Tanjab Barat  DPC PPP Tanjab Barat Buka Pendaftaran Bakal Cakada Ahmad Jahfar Ambil Formulir Pendaftaran Cakada di Partai Demokrat Tanjab Barat. Anggota DPRD Jamal Darmawan Hadiri Peresmian TPU Berkah di Kelurahan Sriwijaya

Home / Meraingin

Selasa, 14 November 2023 - 17:47 WIB

Pj Bupati Paparkan RDTR Merangin di Lima Pusat Kegiatan Lingkungan Ke Kementerian ATR/BPN

 

BANGKO-BULENONNEWS.COM. Penjabat (Pj) Bupati Merangin H Mukti memaparkan Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) Wilayah Perencanaan (WP) Kabupaten Merangin, di lima Pusat Kegiatan Lingkungan (PKL) ke Kementerian ATR/BPN di Jakarta, Selasa (14/11).

Hadir menyimak paparan H Mukti, Direktorat Jenderal Tata Ruang Kementerian ATR/BPN Gibriel Triwibawa dan Direktur Bina Perencanaan Tata Ruang Daerah Wilayah I Drs Pelopor, M. Eng. Sc.

Sedangkan empat bupati yang menyaksikan, Bupati Demak, Bupati Padang Pariaman, Bupati Aceh Besar dan Bupati Muara Enim serta para Ketua DPRD-nya yang juga ikut memaparkan PKL di daerahnya masing-masing.

Baca Juga  Progres Pembangunan Mushola Ikhwanul Muslimin Dusun Nangko Kian Pesat

Kelima PKL tersebut dijelaskan H Mukti pada Rapat Lintas Sektoral RDTR di Ballroom Millennium Hotel Sirih Jakarta itu, PKL Perkotaan Bangko (Perbup No 95 tahun 2022).

‘’Selain perkotaan Bangko, juga ada PKL Perkotaan Sungai Manau, PKL Perkotaan Pamenang, PKL Perkotaan Rantau Panjang Kecamatan Tabir dan PKL Perkotaan Lembah Masurai,’’ujar Pj Bupati Merangin.

Penyusunan RDTR jelas H Mukti, merupakan amanah dari Peratuan Pemerintah No 21 tahun 2021 tentang Penataan Ruang dan menurut Perda RTRW Kabupaten Merangin No 04 tahun 2014 terdapat lima PKL.

Diakui Pj bupati, dalam penyusunan RDTR WP Sungai Manau terdapat isu strategis pengembangan kawasan yaitu, Goa Tiangko yang berupakah salah satu geosite dari taman bumi (Geopark) Merangin-Jambi.

Baca Juga  Jembatan Lubuk Bumbun Andai Tidak Dibangun Pusat Tahun Ini, Maka Akan Dibagun Dari Dana APBD

Selain itu ada lahan sawah dilindungi, dilalui jalan kolektor primer 1, perkembanan perdagangan dan jasa di Ruas JKP 1. Tidak hanya itu juga ada penambangan tanpa izin dan daerah rawan bencana alam banjir serta banjir-banjir bandang.

Tujuan penataan ruang RDTR wilayah perencanaan Perkotaan Sungai Manau yang maju dari sekor Pariwisata, Pertanian serta Perdagangan dan Jasa secara berkelanjutan, dengan memperhatikan kearifan lokal dan berwawasan lingkungan.(Red).

Share :

Baca Juga

Meraingin

Komisi II DPDR Merangin Terima Audiensi KONI Terkait Anggaran Porvrop Jambi 2023.

Meraingin

Pramuka Saka Wira Kartika Kodim 0420/Sarko Bagikan Takjil Gratis

Meraingin

Ketua DPRD Merangin Hadiri Acara Pengantar Tugas dan Sambut Kajari Merangin Yang Baru

Meraingin

Hearing Komisi ll DPRD Merangin Bersama Dikbud dan BKPSDM Penuh Rasa Haru

Meraingin

Postingan Facebook Muhammad Yani Yang Membuka Sayembara Wisata Merangin Viral

Meraingin

GOR Merangin Sudah Seperti Bangunan Tua Belanda, DPRD Akan Panggil Disparpora

Meraingin

H Mashuri Tak ‘Kan Tebang Pilih Dalam Uji Kopetensi 30 Pejabat Eselon ll

Meraingin

Prihatin..! Santri Madrasah “Nuruddin” Dusun Bangko Belajar di Lantai Kering