Inspektorat Akan Tambah Auditor Pengawas 114 Desa di Tanjab Barat Bupati Tanjab Barat Pimpin Upacara HUT Pramuka Ke-61 Mancing Mania HUT TNI ke-77, Kodim 0419/Tanjab Jaga Silaturahmi dan Sinergitas Diduga Pilkades Desa Tanjung Pasir Penuh Kecurangan, Suharyono: Musyawarah di Tiap Tingkatan Mengecewakan Bupati Tanjab Barat Singgung Kinerja Camat dan Lurah Lambatnya Koordinasi Berbagai Persoalan

Home / Meraingin

Kamis, 18 Februari 2021 - 23:56 WIB

DLH Merangin Siap Mendorong Legalitas PETI

MERANGIN-BULENONnews.com.

Aktifitas Pertambangan Emas Tanpa Izin (PETI) di Kabupaten hingga saat ini belum dapat diatasi dan hampir setiap penjuru pelaku melakukan penambangan dengan ilegal.

Dalam hal ini Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Merangin segera mendorong legalitas Pertambangan Emas Tanpa Izin (PETI) kepada Pemerintah Kabupaten Merangin.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Merangin Zulhifni, saat diwawancarai Media ini mengutarakan kesiapannya untuk mendukung dan mendorong Legalitas PETI yang ada di Kabupaten Merangin.

” Lingkungan dan alam di Merangin bakalan hancur juga oleh Oknum pemain PETI, kemudian masyarakat kecil dijadikan pekerja dengan alasan mencari makan, sementara para cukong yang memperoleh untung besar disitu,” ujarnya.

Baca Juga  Laporaran Hasil Pemeriksaan (LHP) Refocusing Anggaran Covid-19 Segera Terbit

Lanjut Kadis DLH, ” Dari pada aparat penegak hukum selalu berbenturan dengan masyarakat, ada baik aktifitas PETI kita dorong keabsahanya, disitu masyrakat aman bekerja, pun PAD juga akan masuk ke Daerah ini,” Kata Zulhifni.

Namun demikan sambungnya,” Sudah barang tentu hal ini diatur oleh aturan dan standar dari Pemerintah, seperti Penambang harus memiliki wadah Petambangan Rakyat yang dikelola oleh kelompok, koperasi dan Lembaga Kemasyarakatan Desa (LKD) minsalnya, harus ada bak penampungan, resefuarnya, dan menjaga dampak lingkungan, dan juga harus ada endapan penyaring ketika air akan mengalir kesungai,” tambahnya.

Baca Juga  Kapolres Merangin Pimpin Apel Sertijab Tujuh Perwira

Ditanya, apakah Dinas Lingkunang Hidup Kabupaten Merangin siap mendorong Pemerintah dalam Melegalkan semua PETI yang ada di Merangin ini?

“Sangat siap, dan nanti akan ada zonasi-zonasi pertambangan yang akan di legalkan ke Pemkab,”pungkasnya.

 

Reporter/Editor: Ote.

Share :

Baca Juga

Meraingin

Bupati Didampingi Wakil Bupati Merangin Buka Rapat Baznas Kabupaten Merangin

Berita

Pengguna Narkoba Marak di Merangin

Meraingin

Kapolres Baru “Ngawani Ngopi” Para Insan Pers Merangin

Meraingin

Wabup Merangin Buka Pelatihan Berbasis Kompetensi

Meraingin

Pembangunan Pagar Dinas DPPKB Merangin Tanpa Ada Penghapusan Aset Terlebih Dahulu

Meraingin

PP Merangin Bersama Anggota MPR-RI M. Syukur Sosialisaikan 4 Pilar Kebangsaan

Meraingin

Progres Pembangunan Mushola Ikhwanul Muslimin Dusun Nangko Kian Pesat

Meraingin

Kolam Ikan Anggaran Dana Desa Karang Anyar Rubuh, Camat Cek Lokasi.