Seorang Pria di Tanjab Barat Alami Luka Bacok di Perut dan Tangan  Bupati Anwar Sadat Berikan Bantuan Sepada Baru Pada Pedagang Jamu Keliling  Bupati Tanjab Barat Tinjau TPU Desa Sialang Bupati Tanjab Barat Pimpin Apel Perdana Setelah Lebaran Idul Fitri  Bupati Serahkan Hadiah Juara Arakan Sahur di Tanjab Barat

Home / Meraingin

Kamis, 18 Februari 2021 - 23:56 WIB

DLH Merangin Siap Mendorong Legalitas PETI

MERANGIN-BULENONnews.com.

Aktifitas Pertambangan Emas Tanpa Izin (PETI) di Kabupaten hingga saat ini belum dapat diatasi dan hampir setiap penjuru pelaku melakukan penambangan dengan ilegal.

Dalam hal ini Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Merangin segera mendorong legalitas Pertambangan Emas Tanpa Izin (PETI) kepada Pemerintah Kabupaten Merangin.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Merangin Zulhifni, saat diwawancarai Media ini mengutarakan kesiapannya untuk mendukung dan mendorong Legalitas PETI yang ada di Kabupaten Merangin.

” Lingkungan dan alam di Merangin bakalan hancur juga oleh Oknum pemain PETI, kemudian masyarakat kecil dijadikan pekerja dengan alasan mencari makan, sementara para cukong yang memperoleh untung besar disitu,” ujarnya.

Baca Juga  Mantap..! Dana Pusat Sebesar 10 M, Berhasil di Boyong Mashuri Ke Merangin

Lanjut Kadis DLH, ” Dari pada aparat penegak hukum selalu berbenturan dengan masyarakat, ada baik aktifitas PETI kita dorong keabsahanya, disitu masyrakat aman bekerja, pun PAD juga akan masuk ke Daerah ini,” Kata Zulhifni.

Namun demikan sambungnya,” Sudah barang tentu hal ini diatur oleh aturan dan standar dari Pemerintah, seperti Penambang harus memiliki wadah Petambangan Rakyat yang dikelola oleh kelompok, koperasi dan Lembaga Kemasyarakatan Desa (LKD) minsalnya, harus ada bak penampungan, resefuarnya, dan menjaga dampak lingkungan, dan juga harus ada endapan penyaring ketika air akan mengalir kesungai,” tambahnya.

Baca Juga  Gelar Operasi Pasar, Upaya Pemkab Merangin Mencegah Infalsi Daerah

Ditanya, apakah Dinas Lingkunang Hidup Kabupaten Merangin siap mendorong Pemerintah dalam Melegalkan semua PETI yang ada di Merangin ini?

“Sangat siap, dan nanti akan ada zonasi-zonasi pertambangan yang akan di legalkan ke Pemkab,”pungkasnya.

 

Reporter/Editor: Ote.

Share :

Baca Juga

Meraingin

Empat Desa Di Kecamatan Nalo Tantan Hari Ini Dilanda Banjir

Meraingin

Motor Warga Raib Saat Sholat Eid, Pelaku Terpaksa Lebaran di Jeruji Besi

Meraingin

Koperasi Tidak Aktif Melaksanakan RAT Terancam Dibubarkan

Meraingin

BREAKING NEWS.. Warga Pulau Rayo Heboh Atas Penemuan Mayat Mengambang Di Sungai Merangin

Meraingin

Hearing Bersama PUPR Soal Infrastruktur, Herman Efendi : Apa Yang Kita Takutkan Jika Tak Korupsi

Meraingin

Azra’i Husin Resmi Dilantik Sebagai Ketua LAM Kabupaten Merangin

Meraingin

Kegiatan HUTRI di Tanjab Barat Dibatasi

Meraingin

Pemuda Pancasila Merangin Lounching Wifi Gratis Buat Anak Pelajar