DPC PPP Tanjab Barat Buka Pendaftaran Bakal Cakada Ahmad Jahfar Ambil Formulir Pendaftaran Cakada di Partai Demokrat Tanjab Barat. Polres Tanjab Barat Ringkus Pelaku Setubuhi Anak Dibawah Umur Seorang Pria di Tanjab Barat Alami Luka Bacok di Perut dan Tangan  Bupati Anwar Sadat Berikan Bantuan Sepada Baru Pada Pedagang Jamu Keliling 

Home / Meraingin

Jumat, 14 Januari 2022 - 08:48 WIB

Sekdin DKUKMPP Merangin Mengaku Terima Rekaman Video Dugaan Pungli di Pasar Bangko

Bulenonnews.com – Bangko. Terhendus Dugaan Pungutan liar (pungli) yang berkedok  sumbangan untuk pengecoran lantai lapak pedagang Ayam di Pasar rakyat Type B Wilayah pasar Baru Bangko.

Informasi yang diperoleh, dari 3 rekaman Video yang didapat media ini, dugaan pungli itu dilakukan oleh oknum petugas pasar (UPTD) Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah Perdagangan Dan Industri (DKUKMPP) Kabupaten Merangin, dengan jumlah uang yang sangat Fantastis.

Disinyalir para pedagang dipungut uang senilai 1.270.000 Rupiah per lapak dagagan, dengan jumlah 10 orang pedagang, jika dikalkulasikan jumlah uang  dengan 10 orang pedagang yang dipungut tersebut, oknum petugas sudah mengantongi uang sebanyak  12 Juta lebih.

” Tiap lapak menyediokan bayar Satu Juta Dua Ratus, ado Sepuluh lapak,” suara yang terekam di video.

Sementara lantai lapak dagangan yang di cor oleh UPTD pasar diduga tidak sesuai dengan dana yang dipungut oleh oknum petugas pasar tersebut.

” Kalau tidak, apokah ni tanah pemerintah, apokah pedagang yang mebayar apo pemerintah?. Ni keadaan pengecorannyo, tukang ayam mengeluhkan, sebanyak Sejuta Duo Ratus per orang, kalu sepuluh orang, Duo Baleh Juta Duo Ratus telah terima dari pedagang untuk pak NN untuk pengecoran ini,” sebutnya lagi dalam rekaman Video sambil menggerai pasir yang sudah dicor.

Baca Juga  Kejuaraan #DBON IGORNAS Jambi di Merangin Resmi Ditutup

Menurut pengakuan pedagang ayam Pasar Type B pasar Bangko, benar adanya pungutan sejumlah uang uang oleh oknum petugas pasar.

” Kami limo kiri limo ke kanan bayar semuanyo,” beber pedagang ayam minta namanya ditutupi.

Bukan hanya itu, Diduga pula oknum petugas pasar juga memungut sumbangan dengan modus uang kebersihan dan pengecatan toko senilai 250.000 Rupiah terhadap pedagang pasar rakyat Type B, dilokasi Eks Terminal Bis Kota Bangko. Semua pedangang dipaksa harus membayar tanpa kecuali, jika pedagang tidak membayar, maka pedagang dianggap tidak menghargai kepala UPTD dan diancam lapak dagangan akan dibongkar.

” Kalo aku pak yo, dari awal lah ngomong samo dio (Kepala UPTD.Red). Pak ni kawan-kawan minta dikumpulin semuanyo, jadi anggaran nyo tu brapo jadinyo brapo, kalo dipatok Dua Ratus Lima Puluh sayo dak biso pak. Dio marah dengan aku, begitu dio marah kan aku gini, sudah pak aku sanggupnyo ngasih Dua Ratus, selain Dua Ratus sayo dak biso, tapi ni semua nyo keno yo,”ungkap seorang pedagang di Video.

Baca Juga  H. Mashuri Merandang Saat Sidak Kelokasi PETI Desa Lubuk Bumbun

Atas bayaran 200.000 Rupiah, Kepala itu marah-marah kepada pedagang yang tidak mengikuti ketentuan oleh UPTD.

“Ngapo nak ngatur-ngatur aku, Aku ni kepala pasar sini jadi yang dak mau ngikuti aturan aku kagek sewaktu-waktu barang ku bongkar, itu hak aku,” beber pedagang pasar rakyat type A meniru ucapan kepala UPTD.

Dilain tempat Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah Perdagangan Dan Perindustrian (DKUKMPP)  Kabupaten Merangin, M. Ladani Melaui Sekdin M. Amir Tamsil saat dikonfirmasi mengaku telah mendapatkan rekaman Video itu.

” Nanti kita cek kebenarnnya, saya juga dapat Video itu, dan sudah dilaporkan ke Pak Kadis ,” ujar Sekdin, Kamis (13/01/22).

Penulis : Ote.

Share :

Baca Juga

Meraingin

Konsep Tidak Jelas, Pembangunan Kios PKL Pasar Bawah Di Hentikan

Meraingin

TP -PKK Kabupaten Merangin Beri Pembinaan Terhadap TP-PKK Desa Sido Lego

Meraingin

Polres Merangin Panggil Sejumlah Pejabat Dinas Kesehatan

Meraingin

Wabup Buka Forum Perangkat Daerah Bidang Pendidikan Kabupaten Merangin Tahun 2023

Meraingin

Buka MTQ Kecamatan Bangko, H Mashuri: Mari Pahami dan Amalkan Isi Al Quran

Meraingin

Ala Kapolres Baru “Ngawani Nogopi” Para Insan Pers Merangin.

Meraingin

Taufiq Berangkatkan 10 Peserta Seleksi Sepak Bola Nasional U-16 dan U-19 Ke Pekan Baru

Meraingin

Kasat Binmas Polres Merangin Hadiri Giat Wisuda 49 Tahfitz Alqur’an Pondok Pesantren Al Munawaroh