Himatel Unbari Bersama Bruin Mengungkap Sudut Kota Jambi Dengan Segala Rahasianya Bupati Anwar Sadat Hadiri Acara Pelepasan 314 Siswa SMA Negeri 1 Tanjab Barat  Anwar Sadat Cakada Pertama mengembalikan Formulir Pendaftaran di DPC Partai Demokrat Tanjab Barat  DPC PPP Tanjab Barat Buka Pendaftaran Bakal Cakada Ahmad Jahfar Ambil Formulir Pendaftaran Cakada di Partai Demokrat Tanjab Barat.

Home / Meraingin

Kamis, 18 Februari 2021 - 23:56 WIB

DLH Merangin Siap Mendorong Legalitas PETI

MERANGIN-BULENONnews.com.

Aktifitas Pertambangan Emas Tanpa Izin (PETI) di Kabupaten hingga saat ini belum dapat diatasi dan hampir setiap penjuru pelaku melakukan penambangan dengan ilegal.

Dalam hal ini Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Merangin segera mendorong legalitas Pertambangan Emas Tanpa Izin (PETI) kepada Pemerintah Kabupaten Merangin.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Merangin Zulhifni, saat diwawancarai Media ini mengutarakan kesiapannya untuk mendukung dan mendorong Legalitas PETI yang ada di Kabupaten Merangin.

” Lingkungan dan alam di Merangin bakalan hancur juga oleh Oknum pemain PETI, kemudian masyarakat kecil dijadikan pekerja dengan alasan mencari makan, sementara para cukong yang memperoleh untung besar disitu,” ujarnya.

Baca Juga  Kunjungi Balita Stunting, Wabup Berikan Bantuan Telur dan Susu Untuk Balita di Mensango

Lanjut Kadis DLH, ” Dari pada aparat penegak hukum selalu berbenturan dengan masyarakat, ada baik aktifitas PETI kita dorong keabsahanya, disitu masyrakat aman bekerja, pun PAD juga akan masuk ke Daerah ini,” Kata Zulhifni.

Namun demikan sambungnya,” Sudah barang tentu hal ini diatur oleh aturan dan standar dari Pemerintah, seperti Penambang harus memiliki wadah Petambangan Rakyat yang dikelola oleh kelompok, koperasi dan Lembaga Kemasyarakatan Desa (LKD) minsalnya, harus ada bak penampungan, resefuarnya, dan menjaga dampak lingkungan, dan juga harus ada endapan penyaring ketika air akan mengalir kesungai,” tambahnya.

Baca Juga  Kapolres Merangin Hadiri Launching Aplikasi Asap Nasional Secara Virtual Oleh Kapolri

Ditanya, apakah Dinas Lingkunang Hidup Kabupaten Merangin siap mendorong Pemerintah dalam Melegalkan semua PETI yang ada di Merangin ini?

“Sangat siap, dan nanti akan ada zonasi-zonasi pertambangan yang akan di legalkan ke Pemkab,”pungkasnya.

 

Reporter/Editor: Ote.

Share :

Baca Juga

Meraingin

Prihatin..! Santri Madrasah “Nuruddin” Dusun Bangko Belajar di Lantai Kering

Meraingin

Dua Kepala OPD Merangin Ikuti Diklat PIM II di Bali

Meraingin

Reses Tiga Dewan Dapil l Merangin Obati Kerinduan Warga Desa Muara Bantan

Meraingin

Jadi Percontohan Anti Korupsi, Desa Sidolego Didatangi KPK RI

Meraingin

Sunting GadisTurki, Mutawally di Antar Ketua DPD NasDem dan Keluarga Bantang Masumai

Meraingin

Pengurus Baru DPD NasDem Merangin Gelar Rapat Kosulidasi Percepatan E-KTA

Meraingin

Kapolda Jambi Sanjung Kinerja Mantan Kapolres Merangin

Meraingin

Bupati Safari Subuh Bersama Ustadz Syukur Ajak, Jamaah ‘Sempatkan Waktu untuk Berzikir’