Bupati  Lantik dan Pengambilan Sumpah Jabatan Penjabat Sekda Tanjab Barat  Bupati Tanjab Barat Buka MTQ ke-53 Desa Pembengis Didampingi Sang Suami yang Setia, Ibu 3 Anak Ini Terima SK dari Bupati Anwar Sadat. DPRD Tanjab Barat Gelar Rapat Paripurna Keempat Penandatanganan Nota Raperda RTRW dan RPJPD Tahun 2025- 2045 Bupati Anwar Sadat Hadiri Halal Bihalal Adat Melayu Jambi 

Home / Meraingin

Senin, 30 Oktober 2023 - 15:13 WIB

Perdana..!! Lembaga Adat Melayu Merangin Gelar Rakor, Lihat Jadwalnya.

BANGKO-BULENONNEWS.COM. Salah satu bentuk dari tindak lanjut Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Lembaga Adat Melayu (LAM) yang digelar tanggal 20-21 Oktober 2023 di jambi, Lembaga Adat Melayu Provinsi Jambi Kabupaten Merangin akan menyelenggarakan Rapat Koordinasi (Rakor) seluruh kecamatan se-Kabupaten Merangin.

Hal ini sebagaimana dikatakan Ketua Lembaga Adat Melayu Kabupaten Merangin Azra’i Husin melalui Sekretaris Jailani, bahwa rakor LAM Kabupaten Merangin tersebut merupakan tindak lanjut dari sinergitas kerjasama antara Aparat Penegak Hukum dengan LAM provinsi Jambi, sasaran akhirnya yakni membentuk rumah Restorative justice di desa -desa, Senin (30/10).

Bukan hanya itu kata Jailani, Rakor yang akan diagendakan minggu depan itu, bertujuan untuk memberikan pembinaan terhadap kader yang berada di Kabupaten dan di kecamatan, serta kegiatan program perdana bagi LAM Kabupaten Merangin setelah di lantik Pj Bupati pada tanggal 9 Oktober 2023 lalu.

Baca Juga  Tak Hiraukan Sosialisasi Polisi, PETI di Sungai Pinang Tetap Nekad  Beroperasi

” Selama ini lembaga Adat merasa agak bingung karena tidak adanya kekuatan hukum yang jelas, nah dengan adanya kerjasama bimbingan dari Aparat Penegak Hukum, maka LAM ada sebuah dasar yang kuat, sehingga perselisihan sengketa yang ada di desa tidak langsung dibawa ke kepolisan atau ke meja hijau,” terang Jailani yang merupakan Tokoh Tabir itu.

Baca Juga  DPD Partai NasDem Merangin Resmi di Lantik Syarif Fasha

Sekretaris LAM Merangin menjelaskan, bahwa Dua desa di Kabupaten Merangin sudah ada yang dibentuk sebagai Rumah Restorative Justice, namun dalam pelaksanaannya belum berjalan secara signifikan.

” Dalam pembentukan Desa Restoratice itu, bagaimana cara kita mengimplementasi setiap desa dapat diarahkan dan bisa berperan menyelesaikan persoalan sengketa yang terjadi, selama ini kan belum, jadi melalui rakor LAM nanti setiap desa dapat melaksanakan sesuai petunjuk dan ketentuan yang ada nanti,” pungkasnya.

Pada Rapat Koordinasi LAM Kabupaten Merangin akan menghadirkan narasumber dari Kejari, Polres dan Penjabat Bupati Merangin. (Red).

 

Share :

Baca Juga

Meraingin

Abdaei Belum Serahkan Aset Dinas Kesehatan Merangin

Meraingin

Bupati Merangin  Sholat ‘Id 1444 H Bareng Wabup di Masjid Agung Bhaitul Ma’mur

Meraingin

Pramuka Saka Wira Kartika Kodim 0420/Sarko Bagikan Takjil Gratis

Meraingin

Rombongan Polda Jambi Sudah Ter evakuasi Semua Nilwan Ucap Puji Syukur

Meraingin

Sempat Saling Dorong Saat Mahasiswa Aksi Soal Omnbuslaw di DPRD Merangin

Meraingin

Ala Kapolres Baru “Ngawani Nogopi” Para Insan Pers Merangin.

Meraingin

Koperasi Tidak Aktif Melaksanakan RAT Terancam Dibubarkan

Meraingin

Pj Bupati Merangin Saksikan Pengukuhan Bunda Paud Kabupaten Merangin