Wujudkan Pernikahan Impian Bersama Seiyo Sekato Organizer Kepala Desa Janji Gelar Musyawarah Desa Penyusunan RKPDes Tahun Anggaran 2025 Mewakili Bupati, Pj. Sekretaris Daerah Hadiri Rapat Paripurna ke Dua DPRD Kabupaten Tanjab Barat  Bupati Anwar Sadat Promosikan Potensi SDA Tanjab Barat di Otonomi Expo 2024 Mediasi Permasalahan Tanah di Kantor Desa Janji Temukan Kesepakatan

Home / Meraingin

Rabu, 7 Juni 2023 - 18:54 WIB

Dana Hibah Dari BPDP-KS, Bupati Merangin Buka Sosialisasi Replanting Sawit Rakyat

Dana Hibah Dari BPDP-KS, Bupati Merangin Buka Sosialisasi Replanting Sawit Rakyat

BANGKO-BULENONNEWS.COM. Bupati Merangin H Mashuri membuka sosialisasi replanting (Peremajaan) kebun kelapa sawit rakyat, melalui dana hibah dari Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDP-KS), Rabu (07/6).

Sosialisasi yang diikuti sebanyak 40 orang petani dari 24 desa lokus replanting kebun kelapa sawit rakyat tersebut, berlangsung khidmat di Auditorium Hotel Family Iin Bangko.

Tampak mendampingi bupati Kadis Peternakan dan Perkebunan (Nakbun) Kabupaten Merangin Kaprawi dan Sekdin Nakbun Hendri Widodo dan beberapa orang dari BPDP-KS.

Baca Juga  Wabup Salurkan Zakat Konsumtif Tahap Satu Untuk 9.083 Orang Mustahik Fakir, Miskin dan Fisabilillah

Dikatakan bupati, untuk dapat memanfaatkan dana hibah tersebut, diatur lebih lanjut melalui Permentan nomor tiga tahun 2022, yang mengatur mekanisme dan persyaratan dalam penyaluan dana untuk peremajaan kelapa sawit rakyat.

‘’Saya sangat bersyukur dan berterimakasih dengan tersedianya dana hibah ini, karena akan dapat membantu petani dalam meremajakan kebun kelapa sawit miliknya,’’ujar Bupati.

Dijelaskan bupati, Pemkab Merangin telah berupaya melakukan terobosan-terobosan dalam replanting perkebunan milik rakyat. Salah satunya dengan menjalin kemitraan dengan BPDP-KS.

‘’Pemkab Merangin sejak 2018 sudah membantu petani mendapatkan dana hibah dari BPDPKS, untuk peremajaan kebun kelapa sawit rakyat yang ada di Kabupaten Merangin,’’terang Bupati.

Baca Juga  Fraksi NasDem Merangin Ucap Selamat Datang Pengurus Baru DPW Partai NasDem Prov. Jambi

Pada 2018 lalu kebun sawit rakyat yang direplanting seluas 552 hektar, pada 2019 seluas 1.108 hektar, pada 2020 seluas 1.218 hekar, pada 2021 seluas 1.133 hektar dan pada 2022 seluas 950 hektar.

Sehingga dalam kurun waktu 2018 sampai 2022 kebun kelapa sawit rakyat yang sudah direplanting seluas 4.973 hektar. Kebun-kebun yang sudah direplanting lewan dana hibah BPDP-KS itu tersebar di 36 dalam Kabupaten Merangin. (Ote)

Share :

Baca Juga

Meraingin

Dengan Bimtek CPPOB IRTP Dinkes Merangin Diharapkan Dapat Meningkatkan Ekonomi Masyarakat

Meraingin

Ny. Juniarti Nilwan Pimpin Ratusan Pegawai Senam di Lokasi BBGRM XX 2023

Meraingin

Yani dan Hasan Jalil Jemput Aspirasi Masyarakat Aur Beduri Via Reses Akhir Tahun

Meraingin

Bupati Merangin Bersama Pemprov Jambi Salurkan Bantuan Banjir di Nalo Tantan

Meraingin

Hari Ini, Ribuan Pelajar Ikut Pawai Budaya Dalam Rangka HUT Ke 73 Kabupaten Merangin

Meraingin

Sukseskan STQ Tingkat Nasional di Provinsi Jambi, H Mukti Pastikan Anjungan Merangin Mantap

Meraingin

Bupati Merangin Hadiri Gelar TTG Nusantara XXIII di Cirebon

Meraingin

Abdaei Belum Serahkan Aset Dinas Kesehatan Merangin