Bupati Tanjab Barat Tanggapi Tuduhan Poktan Imam Hasan, Hingga Kadisbunak Lapor Balik ke Polda Jambi Bupati Tanjab Barat Hadiri Haul ke-87 Syekh Abdurrahman Sidiq Bin Syekh M. Afif Al- Banjari Laporan Poktan Imam Hasan di SP3, Kadisbunak Tanjab Barat Lapor Balik Bupati Anwar Sadat Jenguk Pengawas Pemilu yang Sakit Bupati Anwar Sadat Kunjungi Kantor Pos Kuala Tungkal Penyerahan Bantuan PKH

Home / Meraingin

Senin, 10 April 2023 - 19:11 WIB

Gali Peradaban Budaya dan Adat, Wabup Merangin Ikuti Rapat Persiapan Kenduri Swarnabhumi 2023

BANGKO-BULENONNEWS.COM. Kenduri Swarna Bhumi (KSB) merupakan upaya menggali peradaban budaya dan adat istiadat Provinsi Jambi, terutama di kabupaten/kota di Daerah Aliran Sungai (DAS) Batanghari.

Hal tersebut sebagaimana dikatakan Wabup Merangin Nilwan Yahya, usai mengikuti rapat persiapan Kenduri Swarnabhumi 2023 yang dipimpin Gubernur Jambi H Al Haris, di Auditorium rumah dinas Gubernur Jambi, Senin (10/4).

‘’Kabupaten Merangin akan terus menggali peradaban budaya dan adat istiadat daerah, sehingga budaya dan adat istiadat itu akan terus dilestarikan para generasi muda penerus bangsa,’’ujar Nilwan Yahya.

Baca Juga  Bupati Merangin MoU dengan PT EDC Indonesia Terkait PSPE Hingga Izin Pengembangan Panas Bumi

Rapat persiapan Kenduri Swarnabhumi tersebut, dihadiri Dirjen Kebudayaan, Hilmar Farid beserta rombongan, H Bakrie anggota komisi V DPR RI, Wali Kota Sungai Penuh, Wakil Bupati Merangin dan para pejabat yang mewakili kepala daerahnya.

‘’Kegiatan Swarnabhumi 2023 ini merupakan kelanjutan dari program Kenduri Swarnabhumi 2022 lalu. Rangkaian kegiatan ini berada di DAS Batanghari, bahkan sampai ke Kabupaten Dharmasraya, Sumbar,’’ujar Dirjen Kebudayaan, Hilmar Farid.

Baca Juga  BKMT Merangin Segera Gelar Rakornis

Kenduri Swarnabhumi jelas Hilmar, untuk menelusuri kembali jejak peradaban kerajaan Melayu di DAS Batanghari di masa lalu. Diperkirakan Dirjen, lebih dari 600 tahun lalu, mulai dari abad ke-7 Masehi hingga 14 Masehi.

Gubernur Jambi H Al Haris menjelaskan, Kenduri Swarnabhumi menjadi contoh kemajuan kebudayaan yang kongkret dan berbasis kepada gotong royong. Untuk itu, event akbar KSB 2023, harus sukses dan spektakuler.

 

Reporter : Ote.

Share :

Baca Juga

Meraingin

Jembatan Lubuk Bumbun Andai Tidak Dibangun Pusat Tahun Ini, Maka Akan Dibagun Dari Dana APBD

Meraingin

Festival Tradisi ‘Ompek Ganjie Limo Gonok’ Meriahkan HUT Ke 15 Tabir Barat

Meraingin

Pansus Covid DPRD Terus Lakukan Pemanggilan OPD Pengguna Anggaran Refocusing

Meraingin

Merangin Sukses Gelar BBGRM XX dan HKG PKK ke-51

Meraingin

Hearing Komisi ll DPRD Merangin Bersama Dikbud dan BKPSDM Penuh Rasa Haru

Meraingin

Festival Lagu Dangdut di Wisata Sikumbang WatePark Meriah..!

Meraingin

Kunjungan Ke Pulau Tujuh, Camat Pamenang Barat Haidir Jadikan Nur Eliza Sebagai Anak Asuh Stunting

Meraingin

Bupati Salurkan Santunan Anak Yatim Dari Masjid Bhaitul Makmur Kabupaten Merangin