Hari Raya Idul Adha Tahun 2024 Pemkab Tanjab Barat Sembelih Hewan Korban  Bupati Anwar Sadat Minta OPD Tindaklanjuti Hasil Evaluasi Reformasi Birokrasi. Bupati Anwar Sadat Dorong Dekranasda Tingkatkan Promosi Ekonomi Kreatif di Tanjab Barat Jelang Idul Adha 1445 H, Bupati Anwar Sadat Tinjau Pasar Tanggo Rajo Kuala Tungkal Bupati Anwar Sadat Hadiri Peringatan HKG PKK ke-52

Home / Meraingin

Senin, 10 April 2023 - 19:11 WIB

Gali Peradaban Budaya dan Adat, Wabup Merangin Ikuti Rapat Persiapan Kenduri Swarnabhumi 2023

BANGKO-BULENONNEWS.COM. Kenduri Swarna Bhumi (KSB) merupakan upaya menggali peradaban budaya dan adat istiadat Provinsi Jambi, terutama di kabupaten/kota di Daerah Aliran Sungai (DAS) Batanghari.

Hal tersebut sebagaimana dikatakan Wabup Merangin Nilwan Yahya, usai mengikuti rapat persiapan Kenduri Swarnabhumi 2023 yang dipimpin Gubernur Jambi H Al Haris, di Auditorium rumah dinas Gubernur Jambi, Senin (10/4).

‘’Kabupaten Merangin akan terus menggali peradaban budaya dan adat istiadat daerah, sehingga budaya dan adat istiadat itu akan terus dilestarikan para generasi muda penerus bangsa,’’ujar Nilwan Yahya.

Baca Juga  Pemkab Merangin Kibarkan Sang Merah Putih Peringati Hari Lahir Pancasila

Rapat persiapan Kenduri Swarnabhumi tersebut, dihadiri Dirjen Kebudayaan, Hilmar Farid beserta rombongan, H Bakrie anggota komisi V DPR RI, Wali Kota Sungai Penuh, Wakil Bupati Merangin dan para pejabat yang mewakili kepala daerahnya.

‘’Kegiatan Swarnabhumi 2023 ini merupakan kelanjutan dari program Kenduri Swarnabhumi 2022 lalu. Rangkaian kegiatan ini berada di DAS Batanghari, bahkan sampai ke Kabupaten Dharmasraya, Sumbar,’’ujar Dirjen Kebudayaan, Hilmar Farid.

Baca Juga  H. Al Haris: Alm Johansyah Polisi Yang Santun

Kenduri Swarnabhumi jelas Hilmar, untuk menelusuri kembali jejak peradaban kerajaan Melayu di DAS Batanghari di masa lalu. Diperkirakan Dirjen, lebih dari 600 tahun lalu, mulai dari abad ke-7 Masehi hingga 14 Masehi.

Gubernur Jambi H Al Haris menjelaskan, Kenduri Swarnabhumi menjadi contoh kemajuan kebudayaan yang kongkret dan berbasis kepada gotong royong. Untuk itu, event akbar KSB 2023, harus sukses dan spektakuler.

 

Reporter : Ote.

Share :

Baca Juga

Meraingin

Kabar Gembira!! Merangin Bakal  Menerima CPNS 2024

Meraingin

H. Mashuri Turut Penyambutan Kedatangan Gubenur Jambi

Meraingin

Meraingin

TPPS Merangin Gelar Rapat TA Percepatan Penurunan Stunting

Meraingin

Kodim 0420/Sarko Peringati Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW 1443 H

Meraingin

Pj Bupati Merangin Hadiri Acara Sosialisasi Gemarkan di Desa Simpang Parit

Meraingin

Respon Cepat, H. Mashuri Datangi Warga Batang Masumai Blokir Jalan

Meraingin

Tiga Titik Ruas Jalan Rusak Segera Diperbaiki, Pj Bupati Cek Lokasi