Percepatan Penurunan Stunting, Bupati Tanjab Barat Buka Kegiatan Workshop GENREAKSI Bupati Anwar Sadat Pimpin Sidang GTRA  Secara Virtual Bupati Anwar Sadat Ikuti Rakornas Wasin Pemerintah Tahun 2024 Secara Virtual Bupati Tanjab Barat Saksikan Pelantikan PJ Bupati Muaro Jambi dan Sarolangun Bupati Anwar Sadat Tekankan Pentingnya Profesional APIP Dalam Meningkatkan AKIP di Tanjab Barat 

Home / Tanjab Barat

Kamis, 7 Januari 2021 - 18:50 WIB

Jadi Temuan BPK Sejak 2005, 148 Kasus di Tanjab Barat Tak Selesai Digarap Inspektorat

TANJAB BARAT – Tercatat ada ratusan kasus yang jadi temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) di Kabupaten Tanjung Jabung Barat, belum tuntas ditindaklanjuti selama belasan tahun.

Buktinya, terdapat 148 Kasus hasil audit BPK di berbagai kegiatan di lingkup pemerintahan Kabupaten Tanjabbar, sejak Tahun 2005 hingga 2020 yang belum selesai digarap oleh pihak Inspektorat Tanjabbar.

Dari ratusan kasus temuan tersebut, saat ini baru 71,83 persen yang ditindak lanjutin dan diselesaikan Inspektorat. Sisanya, masih akan ditindak lanjuti.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Inspektorat Tanjabbar, Encep Jarkasih. Ia menyebutkan bahwa rata rata, kasus yang menjadii temuan BPK ini melibatkan bendahara PNS, Bendahara non PNS dibeberapa instansi dan pihak ketiga.

Baca Juga  Anwar Sadat Buka Secara Resmi Sosialisasi Kebijakan Akusisi Arsip di lingkungan Pemkab Tanjab Barat

” Hanya di perusahaan daerah saja yang nihil dari temuan BPK, ” Ungkapnya.

Ia menyebutkan bahwa, dari ratusan kasus jadi temuan BPK tersebut, ada beberapa hal yang menjadi kendala dalam menindak lanjutinya, hingga belasan tahun belum terselesaikan.

” Pertama, adanya mutasi pegawai atau perpindahan pegawai ke daerah lain. Sementara pegawai yang pindah tersebut belum sempat dimintai keterangan, ini menyebabkan terputusnya mata rantai kasus temuan tersebut. ” Kata mantan Kepala BKPSDM Tanjabbar ini.

Disisi lain ia juga menyebutkan bahwa, kasus temuan BPK ini termasuk juga keterlibatan pihak ketiga (perusahan) yang saat itu terlibat dalam kerjasama, saat ini sudah pindah kepemilikan.

Baca Juga  Ketua DPRD Tanjab Barat Hadiri Musrenbang Tingkat Kecamatan Betara

” Tetap akan kami telusuri lagi. Karena masih menyimpan Data lengkapnya. Kronologisnya akan kami telusuri lagi, hingga munculnya temuan yang sampai saat ini belum terselesaikan.” Tegasnya.

Sayang nya Encep saat disinggung soal kegiatan apa saja yang menjadi temuan Tahun 2005 tersebut? Ia tidak menyebutkan secara rinci bentuk kegiatannya. Namun dirinya hanya menjelaskan hanya kegiatan fisik dan pengadaan saja yang menjadi temuan saat itu. (Amr).

Share :

Baca Juga

Tanjab Barat

Bupati Merangin Cek Kesehatan Sebelum Menuju Arena MTQ

DPRD

Isu Pembelian Mobil Baru Bupati Tanjabbar Berkembang, Ketua Komisi II DPRD: Itu Hoax Tidak Benar !

Tanjab Barat

Kapolres Tanjabbarat Pantau Pelaksanaan Vaksin 1-2 dan 3 Di

Tanjab Barat

Tradisi Akhir Bulan Safar Warga Tanjab Barat Baca Do’a Tolak Balak

Tanjab Barat

Diduga Kapal Bermuatan Kasur Dari Negara Tetangga Diamankan Sat Pol Airud Polres Tanjabbarat

Tanjab Barat

Kembali di Tunda, CJH Tanjab Barat Tarik Setoran

Tanjab Barat

Diawali Bupati Safrial Panen Panen Ikan Di Sungai Lubuk Larangan Raja Gagak Dusun Mudo

Tanjab Barat

Soal Dugaan Anggaran Rumah Dinas Wabup,Ketua DPRD Tanjabbarat Bungkam