Koalisi Penyelamat Pilar Demokrasi di Jambi Demo Tolak RUU Penyiaran Percepatan Penurunan Stunting, Bupati Tanjab Barat Buka Kegiatan Workshop GENREAKSI Bupati Anwar Sadat Pimpin Sidang GTRA  Secara Virtual Bupati Anwar Sadat Ikuti Rakornas Wasin Pemerintah Tahun 2024 Secara Virtual Bupati Tanjab Barat Saksikan Pelantikan PJ Bupati Muaro Jambi dan Sarolangun

Home / Hukum dan HAM

Selasa, 14 November 2023 - 13:02 WIB

Kantor Imigrasi Kelas II TPI Kuala Tungkal Laksanakan Rapat Tim Pora

TANJABTIM, BULENONNEWS.COM – Kantor Imigrasi Kelas II TPI Kuala Tungkal melaksanakan Rapat Tim Pengawasan Orang Asing (TIM PORA). Rapat diselenggarakan di Hotel Ratu, Talang Babat, Muara Sabak,Selasa (14/11/23). Rapat ini membahas terkait dengan keberadaan dan kegiatan orang asing yang ada di Kabupaten Tanjung Jabung Timur.

“Karena adanya beberapa perusahaan multinasional yang berlokasi di Tanjabtim membuat perlunya koordinasi dan sinergi yang baik di antara para stakeholder untuk secara disiplin dan konsekuen menegakkan aturan keimigrasian,”ucap Kepala Seksi Intelijen dan Penindakan Keimigrasian, Ferry Limanto.

Selain itu, kata Ferry adanya potensi penyalahgunaan dokumen ilegal kependudukan bagi orang asing dan juga Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO)  juga perlu diwaspadai mengingat posisi geografis Tanjung Jabung Timu (Tanjabtim).

Baca Juga  Januari  2024, Jam Kerja ASN Tanjab Barat Berubah

“Mengingat posisi Tanjabtim yang dekat dengan Batam (Kepulauan Riau) maka perlu bagi kita untuk mewaspadai adanya potensi perdagangan manusia”,kata Ferry mengingatkan.

Sementara itu Kepala Kantor Imigrasi (Kakanim) Kelas II TPI Kuala Tungkal, Sugeng Haryadi, menekankan tentang pentingnya komunikasi yang baik di antara setiap anggota TIM PORA.

“Bapak-bapak merupakan pemangku jabatan di wilayah Tanjung Jabung Timur tentunya dapat memiliki informasi terkait keberadaan maupun kegiatan orang asing,”ujar Kakanim.

Lanjut Kakanim,oleh karenanya dibutuhkan kerjasama dari semua pihak,” untuk itu bapak-bapak sekalian secara aktif untuk melaporkan hal-hal terkait pengawasan orang asing kepada kami ”terang Sugeng.

Kakanim berharap TIM PORA dapat memastikan tidak adanya hambatan tertentu yang mengganggu stabilitas keamanan menjelang Pemilu 2024.

“Kami berharap TIM PORA yang berada di lapangan memastikan kembali aktivitas dan pergerakan orang asing ini, terutama mengingat kita juga tengah menghadapi Pemilu 2024. Tentunya hal tersebut dapat menjadi perhatian agar Pemilu 2024 kelak dapat berjalan dengan aman dan kondusif,”pungkasnya.

Baca Juga  Terkena Semburan Api Pipa Line,8 Pekerja PetroChina Jadi korban Luka Bakar

Kegiatan ini dihadiri berbagai unsur yang tergabung dalam TIM PORA tingkat kecamatan, diantaranya Kepala Bakesbangpol, Kasat Intelijen Polres Tanjab Timur, Kasi Intelijen Kejaksaan Negeri Muara Sabak, Danramil Muara Sabak dan Geragai, Kasat Polairud Tanjung Jabung Timur, Kasat Penjagaan Laut dan Pantai Muara Sabak, Kepala Pos Bea Cukai Muara Sabak, Komandan Pos TNI AL Muara Sabak, Camat se-Kabupaten Tanjung Jabung Timur serta Kepala Polsek se Kabupaten Tanjung Jabung Timur.*

Penulis/ Editor: Amir /Otte

 

Share :

Baca Juga

Hukum dan HAM

Dihari Natal,Kalapas Kuala Tungkal Serahkan SK Remisi Kepada 18 WBP

Hukum dan HAM

Imigrasi Kuala Tungkal, Gelar Sosialisasi Aplikasi M- PASPOR dan Layanan EAZY PASPOR

Hukum dan HAM

Sepanjang Tahun 2022 Kantor Imigrasi Kuala Tungkal Melaksanakan Tugas dan Fungsi Dengan Optimal

Hukum dan HAM

Dilantik Jadi Dirjend Imigrasi, Ini Harapan Silmy Karim

Hukum dan HAM

Imigrasi Se-Indonesia Layani Paspor Simpatik dan Eazy Passport Hingga 25 Januari 2023

Hukum dan HAM

Para Peserta Umroh Mendominasi Pembuatan Paspor di Kantor Imigrasi Kuala Tungkal

Hukum dan HAM

Di Hari Jadi Ke 73,Ini Harapan Kakanim Kuala Tungkal