Bulog Kancab Kuala Tungkal Jamin Ketersediaan Beras Cukup Hingga Akhir Tahun Inspektorat Akan Tambah Auditor Pengawas 114 Desa di Tanjab Barat Bupati Tanjab Barat Pimpin Upacara HUT Pramuka Ke-61 Mancing Mania HUT TNI ke-77, Kodim 0419/Tanjab Jaga Silaturahmi dan Sinergitas Diduga Pilkades Desa Tanjung Pasir Penuh Kecurangan, Suharyono: Musyawarah di Tiap Tingkatan Mengecewakan

Home / Meraingin

Rabu, 11 Mei 2022 - 16:12 WIB

Jaga Kondusif Pilkades Serentak 2022, Pemkab Merangin Gelar Apel Siaga Sat-Linmas

BULENONNEWS.COM – BANGKO. Pemkab Merangin menggelar apel siaga Sat-Linmas dalam rangka pengamanan pemilihan kepala desa (Pilkades) Serentak 2022, di halaman depan Kantor Bupati Merangin, Rabu (11/5).

Tampil sebagai pemina apel Bupati Merangin H Mashuri. Dikatakan bupati pada pengarahannya, apel tersebut sengaja dilaksanakan untuk memastikan kesiapan anggota Sat-Linmas dalam pengamanan Pilkades Serentak 2022.

”Satlimnas merupakan garda terdepan dalam rangka untuk menyukseskan Pilkades Serentak 2022. Dalam pengamanan Tempat Pemungutan Suara (TPS) Sat-Linmas akan bersinergi dengan TNI dan Kepolisian,”ujar Bupati.

Hal ini lanjut bupati, telah diamanatkan dalam peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 10 tahun 2009, tentang penugasan Sat-Linmas dalam penanganan ketentraman, ketertiban dan keamanan penyelenggaraan pemilihan umum.

Baca Juga  19 Eksavator Ativitas PETI Berajamaah di Tabir Ulu, Ketegasan Hukum Dipertanyakan

Penugasan ini dijelaskan pada pasal 2 Permendagri nomor 10 tahun 2009 yang berbunyi, Sat-Linmas melaksanakan penanganan, ketentraman, ketertiban dan keamanan penyelenggaraan Pemilu.

”Pengamanan penyelenggaraan Pemilu sebagaimana dimaksud pada ayat (1) ini dilakukan dengan menjaga dan memelihara ketentraman, ketertiban dan keamanan TPS,”terang Bupati.

Nanti terang bupati, di setiap TPS akan ditempatkan dua orang anggota Sat-Linmas, yang disesuaikan dengan situasi dan kondisi serta kebutuhan di lapanganan.

Baca Juga  M.Yani Hadiri Wisuda Angkat Ke V Santri-Santriwati Pondok Pesantren Lebay Yasin

Selain itu pada apel  itu bupati berpesan, sebagai pelayan masyarakat Sat-Linmas harus menjaga netralitas dalam bertugas.

Untuk menghindari konflik kepentingan anggota Sat-Linmas harus netral dalam Pilkades Serentak.
”Anggota Sat-Linmas tidak boleh menguntungkan atau merugikan salah satu calon Kades. Berugaslah dengan penuh rasa tanggungjawab dan tetap pengedepankan profesionalitas,”tegas Bupati.

Dipenghujung apel, bupati memeriksa barisan kesiapan Sat-Linmas dalam pengamanan Pilkades Serentak di yang akan  berlangsung di sebanyak 176 desa di Kabupaten Merangin.

Reporter : Ote

Share :

Baca Juga

Meraingin

Bupati Hadiri Pelantikan DPC-KPPI Kabuapten Merangin

Meraingin

Kasat Binmas Polres Merangin Hadiri Giat Wisuda 49 Tahfitz Alqur’an Pondok Pesantren Al Munawaroh

Meraingin

Satgas TMMD Ratakan Halaman Paud Berkembang Yang Sering Tergenang Air

Meraingin

Bupati : Selamat Jalan Kapolres Merangin

Meraingin

Kapolres Baru “Ngawani Ngopi” Para Insan Pers Merangin

Meraingin

BREAKING NEWS..! Akhirnya Partai PAN Mengerucut Dukungannya Ke Satu Paslon Gubenur Jambi

Meraingin

H. Bakar Tokoh Masyarakat Merangin Gelar Vaksinasi Bagi Warga Dusun Bangko.

Meraingin