Seorang Pria di Tanjab Barat Alami Luka Bacok di Perut dan Tangan  Bupati Anwar Sadat Berikan Bantuan Sepada Baru Pada Pedagang Jamu Keliling  Bupati Tanjab Barat Tinjau TPU Desa Sialang Bupati Tanjab Barat Pimpin Apel Perdana Setelah Lebaran Idul Fitri  Bupati Serahkan Hadiah Juara Arakan Sahur di Tanjab Barat

Home / Meraingin

Rabu, 11 Mei 2022 - 16:12 WIB

Jaga Kondusif Pilkades Serentak 2022, Pemkab Merangin Gelar Apel Siaga Sat-Linmas

BULENONNEWS.COM – BANGKO. Pemkab Merangin menggelar apel siaga Sat-Linmas dalam rangka pengamanan pemilihan kepala desa (Pilkades) Serentak 2022, di halaman depan Kantor Bupati Merangin, Rabu (11/5).

Tampil sebagai pemina apel Bupati Merangin H Mashuri. Dikatakan bupati pada pengarahannya, apel tersebut sengaja dilaksanakan untuk memastikan kesiapan anggota Sat-Linmas dalam pengamanan Pilkades Serentak 2022.

”Satlimnas merupakan garda terdepan dalam rangka untuk menyukseskan Pilkades Serentak 2022. Dalam pengamanan Tempat Pemungutan Suara (TPS) Sat-Linmas akan bersinergi dengan TNI dan Kepolisian,”ujar Bupati.

Hal ini lanjut bupati, telah diamanatkan dalam peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 10 tahun 2009, tentang penugasan Sat-Linmas dalam penanganan ketentraman, ketertiban dan keamanan penyelenggaraan pemilihan umum.

Baca Juga  Polres Merangin Sosialisasi Dampak Lingkungan Akibat PETI

Penugasan ini dijelaskan pada pasal 2 Permendagri nomor 10 tahun 2009 yang berbunyi, Sat-Linmas melaksanakan penanganan, ketentraman, ketertiban dan keamanan penyelenggaraan Pemilu.

”Pengamanan penyelenggaraan Pemilu sebagaimana dimaksud pada ayat (1) ini dilakukan dengan menjaga dan memelihara ketentraman, ketertiban dan keamanan TPS,”terang Bupati.

Nanti terang bupati, di setiap TPS akan ditempatkan dua orang anggota Sat-Linmas, yang disesuaikan dengan situasi dan kondisi serta kebutuhan di lapanganan.

Baca Juga  Nilwan Yahya Ajak Masyarakat Hidup Sehat Dengan Proaktif dan Produktif Ikuti Germas

Selain itu pada apel  itu bupati berpesan, sebagai pelayan masyarakat Sat-Linmas harus menjaga netralitas dalam bertugas.

Untuk menghindari konflik kepentingan anggota Sat-Linmas harus netral dalam Pilkades Serentak.
”Anggota Sat-Linmas tidak boleh menguntungkan atau merugikan salah satu calon Kades. Berugaslah dengan penuh rasa tanggungjawab dan tetap pengedepankan profesionalitas,”tegas Bupati.

Dipenghujung apel, bupati memeriksa barisan kesiapan Sat-Linmas dalam pengamanan Pilkades Serentak di yang akan  berlangsung di sebanyak 176 desa di Kabupaten Merangin.

Reporter : Ote

Share :

Baca Juga

Meraingin

Rombongan Polda Jambi Sudah Ter evakuasi Semua Nilwan Ucap Puji Syukur

DPRD

Herman Efendi: Perayaan HUT RI ke 76, Sederhana Saja, Namun Tidak Mengurangi Tahapan

Meraingin

Paripurna Ke Tiga DPRD Merangin Gagal , Apakah Delapan Fraksi Menyusul NasDem Walkout??

Meraingin

Nilwan Yahya Ikuti Prosesi Pemakaman H. Syamsuri Ibrahim Ayah Dari Taufik DPRD Merangin

Meraingin

Ini Kata Syarif Fasha Saat Turun Ke Merangin Soal Persiapan 2024

Meraingin

Hasil Pemeriksaan LKPD 2022 oleh BPK RI, Merangin 7 Kali Berturut-turut Raih WTP

Meraingin

H. Mukti: Mengenang Jasa Pahlawan, Kita Dituntut Mengisi Kemerdekaan Dengan Kegiatan Positif

Meraingin

Ketua TP-PKK Merangin Hj. Nurhaida Mashuri Melayat Kerumah Duka di Desa Langling