Bupati Tanjab Barat Tanggapi Tuduhan Poktan Imam Hasan, Hingga Kadisbunak Lapor Balik ke Polda Jambi Bupati Tanjab Barat Hadiri Haul ke-87 Syekh Abdurrahman Sidiq Bin Syekh M. Afif Al- Banjari Laporan Poktan Imam Hasan di SP3, Kadisbunak Tanjab Barat Lapor Balik Bupati Anwar Sadat Jenguk Pengawas Pemilu yang Sakit Bupati Anwar Sadat Kunjungi Kantor Pos Kuala Tungkal Penyerahan Bantuan PKH

Home / Meraingin

Rabu, 11 Mei 2022 - 16:12 WIB

Jaga Kondusif Pilkades Serentak 2022, Pemkab Merangin Gelar Apel Siaga Sat-Linmas

BULENONNEWS.COM – BANGKO. Pemkab Merangin menggelar apel siaga Sat-Linmas dalam rangka pengamanan pemilihan kepala desa (Pilkades) Serentak 2022, di halaman depan Kantor Bupati Merangin, Rabu (11/5).

Tampil sebagai pemina apel Bupati Merangin H Mashuri. Dikatakan bupati pada pengarahannya, apel tersebut sengaja dilaksanakan untuk memastikan kesiapan anggota Sat-Linmas dalam pengamanan Pilkades Serentak 2022.

”Satlimnas merupakan garda terdepan dalam rangka untuk menyukseskan Pilkades Serentak 2022. Dalam pengamanan Tempat Pemungutan Suara (TPS) Sat-Linmas akan bersinergi dengan TNI dan Kepolisian,”ujar Bupati.

Hal ini lanjut bupati, telah diamanatkan dalam peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 10 tahun 2009, tentang penugasan Sat-Linmas dalam penanganan ketentraman, ketertiban dan keamanan penyelenggaraan pemilihan umum.

Baca Juga  Pj Bupati Merangin Hadiri Paripurna DPRD Muaro Jambi Dalam Rangka Milad Ke - 24

Penugasan ini dijelaskan pada pasal 2 Permendagri nomor 10 tahun 2009 yang berbunyi, Sat-Linmas melaksanakan penanganan, ketentraman, ketertiban dan keamanan penyelenggaraan Pemilu.

”Pengamanan penyelenggaraan Pemilu sebagaimana dimaksud pada ayat (1) ini dilakukan dengan menjaga dan memelihara ketentraman, ketertiban dan keamanan TPS,”terang Bupati.

Nanti terang bupati, di setiap TPS akan ditempatkan dua orang anggota Sat-Linmas, yang disesuaikan dengan situasi dan kondisi serta kebutuhan di lapanganan.

Baca Juga  Dandim 0420/Sarko Hadiri Rapat Virtual Evaluasi PPKM Level 4 Di Bapedda Merangin

Selain itu pada apel  itu bupati berpesan, sebagai pelayan masyarakat Sat-Linmas harus menjaga netralitas dalam bertugas.

Untuk menghindari konflik kepentingan anggota Sat-Linmas harus netral dalam Pilkades Serentak.
”Anggota Sat-Linmas tidak boleh menguntungkan atau merugikan salah satu calon Kades. Berugaslah dengan penuh rasa tanggungjawab dan tetap pengedepankan profesionalitas,”tegas Bupati.

Dipenghujung apel, bupati memeriksa barisan kesiapan Sat-Linmas dalam pengamanan Pilkades Serentak di yang akan  berlangsung di sebanyak 176 desa di Kabupaten Merangin.

Reporter : Ote

Share :

Baca Juga

Meraingin

Full Data, Tim Evaluator Unesco Tinggalkan Merangin Jambi

Meraingin

Penyertaan Modal Bank 9 Jambi Bangko 54 M, Berapa Rupiah Deviden Yang Kembali Ke Pemkab?

Meraingin

Jelang Ramadhan, H Mashuri Serahkan Bangunan Mushola Pribadi Ke Warga

Meraingin

Bupati: Pasang Patok Anti Cekcok anti Caplok

Meraingin

Bupati Berangkatkan 40 Raimuna Merangin Ke Bumi Perkemahan Abdurahman Sayoeti Muaro Jambi

Meraingin

Bupati H Mashuri Teken MoU dengan STIKes Merangin

Meraingin

Komisi I DPRD Merangin Warning 2 Hal, Jelang Pilkades Dilaksanakan

Berita

Susana Lebaran Polres Merangin Beri Bingkisan Kepada Petugas dan Pasien Covid-19 RSD Kol. Abundjani Bangko