Kepala Desa Janji Gelar Musyawarah Desa Penyusunan RKPDes Tahun Anggaran 2025 Mewakili Bupati, Pj. Sekretaris Daerah Hadiri Rapat Paripurna ke Dua DPRD Kabupaten Tanjab Barat  Bupati Anwar Sadat Promosikan Potensi SDA Tanjab Barat di Otonomi Expo 2024 Mediasi Permasalahan Tanah di Kantor Desa Janji Temukan Kesepakatan Bupati Tanjab Barat Kukuhkan dan Ambil Sumpah Janji Jabatan Kades dan BPD

Home / Meraingin

Sabtu, 8 Oktober 2022 - 18:43 WIB

Desa Air Batu Titik Pertama Assesmen Geopark Setibanya Tim Evaluator Sampai di Merangin

BANGKO-BULENONNEWS.COM. Mr Babis C Fasoula dan Mr Alireza didampingi Gubernur Jambi H Al Haris, tiba di Kabupaten Merangin. Tim Evaluator Unesco Global Geopark (UGG) tersebut, disambut Bupati H Mashuri bersama Wabup Nilwan Yahya dan Sekda Fajarman di pelataran rumah dinas bupati, Sabtu (08/10).

Tampak hadir juga General Manager (GM) Geopark Merangin Dr Agus Zainuddin,  Ketua DPRD Merangin Herman Effendi dan Forkopimda lainnya, serta sejumlah pejabat di jajaran Pemkab Merangin.

Penyambutan tamu penting Unesco itu dilakukan secara adat, dengan Tarian Sekapur Sirih. Diakhir tarian, Mr Babis C Fasoula dan Mr Alireza dikalungi sal batik Merangin oleh pasangan Bujang-Upik Merangin 2022.

Selanjutnya mereka diajak bupati, menuju ke ruang tengah rumah dinas bupati untuk mengikuti acara Pembukaan Misi Evaluasi Geopark. Bupati dalam sambutannya mengucapkan selamat datang di Merangin kepada Mr Babis C Fasoula dan Mr Alireza.

Baca Juga  Muhammad Yani Hadiri Pelantikan 50 BPD Kecamatan Bantang Masumai

‘’Kita sama-sama berharap agar Geopark Merangin-Jambi ini bisa lolos masuk dalam daftar UGG,  pada assesmen yang akan dilakukan tim evaluator UGG ini,’’ujar Bupati yang kemudian diperjemahkan oleh interpreter Malla Indra.

Paparan Misi Evaluasi Geopark Merangin-Jambi dilakukan oleh Dr Agus Zainudin. Dari paparan yang dilakukan tampak dari bahasa tubuh Mr Babis C Fasoula dan Mr Alireza, memahami dan cukup kagum dengan keberadaan Geopark Merangin-Jambi.

Rombongan selanjutnya bertolak ke Desa Air Batu Kecamatan Renah Pembarap, mengunjungi komunitas Air Batu River (ABR), lalu bergeser ke Sekolah Dasar Negeri 14 Desa Air Batu untuk tanya jawab dengan para murid.

Jelang siang rombongan menuju ke Taman Siti Rahmah Garden menikmati keindahan dan mengamati Taman Geopark Merangin-Jambi tersebut. Di taman yang dipenuhi pohon-pohon tua itu, rombongan melakukan makan siang bersama.

Baca Juga  Usai Solat Subuh Bupati Langsung Tinjau Lokasi Kebakaran Puluhan Kios Pasar Bangko

Setelah istirahat sejenak, Tim Evaluator UGG akan menuju ke Basecamp Dua Sahabat, untuk segera melakukan arung jeram mengarungi titik-titik geosite kawasan Geopark Merangin-Jambi di sepanjang aliran Sungai Batang Merangin.

Perahu-perahu karet yang ditumpangi tim evaluator UGG itu akan singgah di Geosite Granitoid Air Batu, Teluk Gedang Geosite, Geosite Wood fossil Teluk Gedang. Selanjutnya mereka melanjutkan pejalanan mengarung ke Geosite Muara Karing.

Assesmen Geopark Merangin-Jambi pada hari pertama itu, akan berakhir setelah perahu karet mereka finish di Geopark Merangin-Jambi kawasan Teluk Wang Sakti. Mereka akan istirahat sejenak sembari menikmati indahnya bebatuan Teluk Wang Sakti sambil santap snack.

Usai ganti baju yang sempat basah-basah mengarungi kawasan Geopark Merangin-Jambi di sepanjang aliran Sungai Batang Merangin, Tim Evaluator UGG menuju rumah dinas bupati Merangin untuk istirahat dan santap malam.***

Share :

Baca Juga

Meraingin

Kesbangpol Merangin Perpisahan Besama Sekban dan Kasubag Yang Purna Tugas

Meraingin

Yani Kembalikan Kejayaan NasDem Merangin di Legislatif

Meraingin

Bukan Hanya Dalam Rangka Adipura, Pol PP Merangin Akan Tertib PKL Secara Permanen.

Meraingin

Penundaan Pilkades, Sulut Warga Sei Tabir Gerudug DPRD Merangin

Meraingin

DKUKMPP Merangin Teken Persetujuan Kerjasama PKS Dengan Fakultas Pertanian UNJA

Meraingin

Plt Bupati Merangin Tegaskan, Belajar Tatap Muka Ajaran Baru Harus Pakai Shift dan Perketat Prokes

Meraingin

Pemuda Pancasila Merangin Lounching Wifi Gratis Buat Anak Pelajar

Meraingin

VIRAL..! dr. Sephelio Direktur RSD Kol. Abundjani Bangko Dibanjiri Ucapan Selamat