Seorang Pria di Tanjab Barat Alami Luka Bacok di Perut dan Tangan  Bupati Anwar Sadat Berikan Bantuan Sepada Baru Pada Pedagang Jamu Keliling  Bupati Tanjab Barat Tinjau TPU Desa Sialang Bupati Tanjab Barat Pimpin Apel Perdana Setelah Lebaran Idul Fitri  Bupati Serahkan Hadiah Juara Arakan Sahur di Tanjab Barat

Home / Meraingin

Jumat, 27 Mei 2022 - 21:10 WIB

Harga TBS Anjlok, Sejumlah Petani Audiensi ke DPRD Merangin

 

BULENONNEWS.COM – BANGKO. Bertempat di Ruang Banggar DPRD Merangin, Kamis (12/5/2022) Bupati dan DPRD Merangin audiensi dengan Apkasindo dan Pengelola pabrik. Hal ini terkait polemik harga sawit di Merangin.

Anggota DPRD Merangin terlihat hadir dari komisi-komisi. Ketua Komisi I, Sukar terlihat hadir beserta anggota dan Asari ElWakas memimpin kegiatan.

DPD Apkasindo dan pihak pengelola Pabrik Kepala Sawit (PKS) yang ada di Kabupaten Merangin bersama dewan dan bupati membahas penetapan harga TBS.

Tampak hadir pada audensi itu perwakilan dari pengelola Pabrik Kepala Sawit (PKS) PT SAL, PT Sinar Mas, PT Awi, PT AIP, PT Graha, PT Shogun. Sedangkan dari PT Kepal tidak hadir karena mengutus perwakilannya pada audensi tersebut.

Baca Juga  Handayani Terpilih Sebagai Ketua IKM Secara Aklamasi

“Setelah kita tampung berbagai aspirasi dari para petani terkait harga sawit, hari ini kita lakukan audensi. Untuk sementara harga TBS yang kita berlakukan masih berkisar antara Rp 2.200 sampai Rp 2.300 perkologramnya,” ujar Bupati.

Diakui Bupati saat ini masih banyak PKS yang tutup. Tutupnya PKS itu bukan karena masih dalam suasana Lebaran Idul Fitri 1443 H, tetapi karena semua tangki penampungan Crude Palm Oil (CPO) sudah penuh semua.

“Jadi bagi PKS yang masih tutup, saya intruksikan hari ini mulai buka dan beroperasi kembali mengingat TBS petani sudah menumpuk. Untuk harga ikuti saya PKS yang sudah buka antara Rp 2.200 sampai Rp 2.300 perkilogramnya,” tegas Bupati.

Baca Juga  Admin Elsimil dan TPK Sebagai Ujung Tombak’ Penurunan Stunting, Wabup Beri Penghargaan

Sementara Ketua DPD Apkasindo Merangin, Joko mendukung sepenuhnya agar PKS yang masih tutup segera beroperasi kembali. Sedangkan untuk penetapan harga TBS Joko setuju antara Rp 2.200 sampai Rp 2.300 perkilogramnya

Sementara itu, Suhardi Antoni, Manager PT KDA mengatakan pihaknya masih menerima buah sawit. Pabrik yang berada di Pamenang itu, menerima sawit kategori Papan Rp 2.055/kg, sementara untuk super Rp 2.070/kg

Hal senada disampaikan Gunawan Siregar, Manager PT AIP pada awak media. Hal ini, mematahkan kabar yang beredar, sejumlah pabrik tutup atau tak menerima buah sawit.

“Aktifitas seperti biasa,” katanya.

Reporter : Ote

 

Share :

Baca Juga

Meraingin

HUT Kemerdekaan RI Ke-75 Diisi Remaja Masjid Jami’ Dengan Kegiatan Keagaman

Meraingin

H Mashuri Jadi Narasumber Acara CBPD di Jakarta

Meraingin

Ketua Komisi ll DPRD Hadiri Penyerahan Hibah Aset Bangunan Pemkab Ke Brimob Merangin

Meraingin

Sejumlah Donfeng PETI Berjamaah Besar-besaran Sepanjang Sungai Tabir

Meraingin

Nilwan Yahya Ikuti Prosesi Pemakaman H. Syamsuri Ibrahim Ayah Dari Taufik DPRD Merangin

Meraingin

Dinas Perhubungan Akan Mengoperasikan Alat KIR Kendaraan di Merangin

Meraingin

Dinas Kominfo Raih Penghargaan Romantik, Instansi Mendapatkan Rekomendasi Statistik 2023

Meraingin

67 Pejabat Merangin Mengucapkan Sumpah dan Janji Saat Dilantik