Kodim 0419/Tanjab Gelar Upacara Ziarah Nasional di TMP Yudha Satria Pengabuan DPRD Tanjab Barat Gelar Rapat Paripurna Ketiga Pembahasan Rancangan Perda Bupati Tanjab Barat Harapkan Ekraf Fest Mampu Tingkatkan Daya Saing Produk Lokal Hari Pertama Operasi Zebra 2022, Sejumlah Pelajar di Kuala Tungkal Terjaring Razia Bupati Anwar Sadat Apresiasi Giat Sepeda Santai

Home / Meraingin

Jumat, 27 Mei 2022 - 21:10 WIB

Harga TBS Anjlok, Sejumlah Petani Audiensi ke DPRD Merangin

 

BULENONNEWS.COM – BANGKO. Bertempat di Ruang Banggar DPRD Merangin, Kamis (12/5/2022) Bupati dan DPRD Merangin audiensi dengan Apkasindo dan Pengelola pabrik. Hal ini terkait polemik harga sawit di Merangin.

Anggota DPRD Merangin terlihat hadir dari komisi-komisi. Ketua Komisi I, Sukar terlihat hadir beserta anggota dan Asari ElWakas memimpin kegiatan.

DPD Apkasindo dan pihak pengelola Pabrik Kepala Sawit (PKS) yang ada di Kabupaten Merangin bersama dewan dan bupati membahas penetapan harga TBS.

Tampak hadir pada audensi itu perwakilan dari pengelola Pabrik Kepala Sawit (PKS) PT SAL, PT Sinar Mas, PT Awi, PT AIP, PT Graha, PT Shogun. Sedangkan dari PT Kepal tidak hadir karena mengutus perwakilannya pada audensi tersebut.

Baca Juga  Pencalonan Anggota BPD Desa Kungkai, Peserta Harus Sumbangan Sejumlah Uang

“Setelah kita tampung berbagai aspirasi dari para petani terkait harga sawit, hari ini kita lakukan audensi. Untuk sementara harga TBS yang kita berlakukan masih berkisar antara Rp 2.200 sampai Rp 2.300 perkologramnya,” ujar Bupati.

Diakui Bupati saat ini masih banyak PKS yang tutup. Tutupnya PKS itu bukan karena masih dalam suasana Lebaran Idul Fitri 1443 H, tetapi karena semua tangki penampungan Crude Palm Oil (CPO) sudah penuh semua.

“Jadi bagi PKS yang masih tutup, saya intruksikan hari ini mulai buka dan beroperasi kembali mengingat TBS petani sudah menumpuk. Untuk harga ikuti saya PKS yang sudah buka antara Rp 2.200 sampai Rp 2.300 perkilogramnya,” tegas Bupati.

Baca Juga  2019 Hinga 2022 Pembangunan Desa Mudo dari APBD "Zonk", Yani : Wajib Diperjuangkan di 2023

Sementara Ketua DPD Apkasindo Merangin, Joko mendukung sepenuhnya agar PKS yang masih tutup segera beroperasi kembali. Sedangkan untuk penetapan harga TBS Joko setuju antara Rp 2.200 sampai Rp 2.300 perkilogramnya

Sementara itu, Suhardi Antoni, Manager PT KDA mengatakan pihaknya masih menerima buah sawit. Pabrik yang berada di Pamenang itu, menerima sawit kategori Papan Rp 2.055/kg, sementara untuk super Rp 2.070/kg

Hal senada disampaikan Gunawan Siregar, Manager PT AIP pada awak media. Hal ini, mematahkan kabar yang beredar, sejumlah pabrik tutup atau tak menerima buah sawit.

“Aktifitas seperti biasa,” katanya.

Reporter : Ote

 

Share :

Baca Juga

Meraingin

HUT RI Ke 76, Mashuri: Sebanyak 251 Warga Binaan Dapat Remisi

Meraingin

Letkol Inf Amaraldo Cornelius Resmi Jabat Dandim 0420/Sarko

Meraingin

APBD Sarolangun Disepakati 1,2 Triliyun, Cek Endra Puas dan Bahagia

Meraingin

Mukerprov PBSI Jambi Resmi Dibuka Bupati Merangin

Meraingin

Plt Bupati: Terimakasih TNI, Impian Masyarakat Punya Jalan Bagus Terwujud

Meraingin

DPD II Partai Golkar Merangin Gelar Musyawarah Ke X Tahun 2021

Meraingin

Januari Hingga Agustus 2020, Angka Kebakaran di Merangin Mencapai 14 Kasus

Meraingin

Kabupaten Merangin Pertama Kali Gunakan Aplikasi Anjab