Bupati Tanjab Barat Hadiri Haul ke-87 Syekh Abdurrahman Sidiq Bin Syekh M. Afif Al- Banjari Laporan Poktan Imam Hasan di SP3, Kadisbunak Tanjab Barat Lapor Balik Bupati Anwar Sadat Jenguk Pengawas Pemilu yang Sakit Bupati Anwar Sadat Kunjungi Kantor Pos Kuala Tungkal Penyerahan Bantuan PKH Bupati Tanjab Barat Safari Jumat di Masjid As-Shahabah

Home / Meraingin

Jumat, 27 Mei 2022 - 21:10 WIB

Harga TBS Anjlok, Sejumlah Petani Audiensi ke DPRD Merangin

 

BULENONNEWS.COM – BANGKO. Bertempat di Ruang Banggar DPRD Merangin, Kamis (12/5/2022) Bupati dan DPRD Merangin audiensi dengan Apkasindo dan Pengelola pabrik. Hal ini terkait polemik harga sawit di Merangin.

Anggota DPRD Merangin terlihat hadir dari komisi-komisi. Ketua Komisi I, Sukar terlihat hadir beserta anggota dan Asari ElWakas memimpin kegiatan.

DPD Apkasindo dan pihak pengelola Pabrik Kepala Sawit (PKS) yang ada di Kabupaten Merangin bersama dewan dan bupati membahas penetapan harga TBS.

Tampak hadir pada audensi itu perwakilan dari pengelola Pabrik Kepala Sawit (PKS) PT SAL, PT Sinar Mas, PT Awi, PT AIP, PT Graha, PT Shogun. Sedangkan dari PT Kepal tidak hadir karena mengutus perwakilannya pada audensi tersebut.

Baca Juga  Dinas Perhubungan Akan Mengoperasikan Alat KIR Kendaraan di Merangin

“Setelah kita tampung berbagai aspirasi dari para petani terkait harga sawit, hari ini kita lakukan audensi. Untuk sementara harga TBS yang kita berlakukan masih berkisar antara Rp 2.200 sampai Rp 2.300 perkologramnya,” ujar Bupati.

Diakui Bupati saat ini masih banyak PKS yang tutup. Tutupnya PKS itu bukan karena masih dalam suasana Lebaran Idul Fitri 1443 H, tetapi karena semua tangki penampungan Crude Palm Oil (CPO) sudah penuh semua.

“Jadi bagi PKS yang masih tutup, saya intruksikan hari ini mulai buka dan beroperasi kembali mengingat TBS petani sudah menumpuk. Untuk harga ikuti saya PKS yang sudah buka antara Rp 2.200 sampai Rp 2.300 perkilogramnya,” tegas Bupati.

Baca Juga  Kembali Terjadi, Diduga PETI Lubang Jarum Memakan Korban di Merangin

Sementara Ketua DPD Apkasindo Merangin, Joko mendukung sepenuhnya agar PKS yang masih tutup segera beroperasi kembali. Sedangkan untuk penetapan harga TBS Joko setuju antara Rp 2.200 sampai Rp 2.300 perkilogramnya

Sementara itu, Suhardi Antoni, Manager PT KDA mengatakan pihaknya masih menerima buah sawit. Pabrik yang berada di Pamenang itu, menerima sawit kategori Papan Rp 2.055/kg, sementara untuk super Rp 2.070/kg

Hal senada disampaikan Gunawan Siregar, Manager PT AIP pada awak media. Hal ini, mematahkan kabar yang beredar, sejumlah pabrik tutup atau tak menerima buah sawit.

“Aktifitas seperti biasa,” katanya.

Reporter : Ote

 

Share :

Baca Juga

Meraingin

3 Kuasa Hukum Sekaligus, Dampingi Abu Hakim Laporkan Edi Surya Ke Polisi

Meraingin

Pemkab Merangin Segera Terbitkan SE Pembatasan Pengunjung di Tempat Wisata

Meraingin

Pengurus Forum Pemuda Bathin IX Ilir Resmi Dikukuhkan Pj Bupati Merangin

Meraingin

Merangin Raih Stunting Award 2023 Untuk Kategori Pengolahan dan Pemberian Pangan Lokal Hewani

Meraingin

Libur Maulid Nabi Muhammad SAW 1443 H Bergeser? Baca Penjelasanya

Meraingin

F-LPM Layangkan Surat Audiensi Bersama Polres Merangin, Terkait Dugaan Batubara Bodong

DPRD

Dewan Kembali Fasilitasi Korban Kebakaran Duduk Bersama Dengan Pj Sekda dan OPD Merangin

Meraingin

Hearing Bersama PUPR Soal Infrastruktur, Herman Efendi : Apa Yang Kita Takutkan Jika Tak Korupsi