Bupati Tanjab Barat Tanggapi Tuduhan Poktan Imam Hasan, Hingga Kadisbunak Lapor Balik ke Polda Jambi Bupati Tanjab Barat Hadiri Haul ke-87 Syekh Abdurrahman Sidiq Bin Syekh M. Afif Al- Banjari Laporan Poktan Imam Hasan di SP3, Kadisbunak Tanjab Barat Lapor Balik Bupati Anwar Sadat Jenguk Pengawas Pemilu yang Sakit Bupati Anwar Sadat Kunjungi Kantor Pos Kuala Tungkal Penyerahan Bantuan PKH

Home / Meraingin

Senin, 5 Februari 2024 - 13:56 WIB

Inflasi Merangin Minus 1,54 Persen, Pj Bupati Rakor Bersama Menteri Dalam Negeri Secara Virtual

 

BANGKO-BULENONNEWS.COM. Alhamdulillah pertanggal 5 Januari 2024 hari ini, Indeks Perkembangan Harga (IPH) kita turun secara signifikan diangka minus 1,54 persen, ini pelu kita syukuri atas kerja keras kita bersama, dan tentu hasil kerja dari tim pengendalian inflasi yang baik.

Hal ini sebagaimana disampaikan Pj Bupati Merangin H Mukti Said kepada awak media, usai mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) Inflasi bersama Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia secara virtual, yang dilaksanakan di ruangan MCP Kantor Bappeda Kabupaten Merangin (5/2/2024.

Menurut Pj Bupati, Jika IPH tidak stabil dan terlalu rendah, berdampak tidak baik terhadap perekonomian Masyarakat.

Baca Juga  H Mukti Bangga Produk UMKM Merangin Diminati Pengunjung Luar Jambi di Pameran STQH XXVII

” Tapi kalau terjadi deflasi juga berakibat tidak baik, dimana harga bahan rendah nilai upah rendah, pedagang jadi lesu ekonomi tidak pun bergerak, jadi tugas kita mengendalikan inflasi daerah agar tetap stabil, karena sebentar lagi kita akan menghadapi bulan puasa yang cenderung pada kenaikan harga,” katanya.

Salah satu kiat Pemkab Merangin dalam menjaga kenaikan inflasi adalah, mengetahui perkembangan harga pasar, tim harus memantau terutama komunitas ketahan pangan seperti beras cabe bawang dan lainnya.

” Begitu ada gejala kenaikan kita akan cepat turun melalui operasi pasar, dan kerjasama antar daerah dengan Kabupaten tetangga dan luar provinsi yang berpotensi terhadap penyumbang inflasi,” lanjutnya.

Baca Juga  Bupati Sampaikan Nota Keuangan RAPBD 2023

Menurut laporan tim inflasi, Bulog dan Asisten II Setda Merangin terang H Mukti, ketahanan pangan Kabupaten Merangin saat ini cukup kuat.

” Persediaan beras kita banyak, kemarin dua hari kita melakukan operasi pasar, sehingga hasil dari itu, inflasi kita turun dari angka 2,3 persen sekarang sudah minus satu koma, artinya tim pengendalian inflasi kita sangat efektif,” tutupnya. (Red).

Share :

Baca Juga

Meraingin

Bupati Merangin Safari Ramadhan 1444 H ke Sungai Manau

Meraingin

Siswa SMK Negeri 1 Merangin Segera Berangkat PKL, Komite Gelar Rapat Persiapan

Meraingin

Provinsi Jambi Bakal Punya Zonasi Pertambangan Rakyat, Pembahasan Masuk Ke RTRW

Meraingin

Pantau Kegiatan Nataru Kapolres Merangin Dampingi Bupati H. Mashuri

Meraingin

Puluhan Tahun Jalan Pamenang-Empang Benao Rusak, Pj Bupati Merangin Turun Lokasi

Meraingin

Akhirnya Fajarman Dilantik Bupati Merangin Jadi Sekda Definitif

Meraingin

Progres Pembangunan Mushola Ikhwanul Muslimin Dusun Nangko Kian Pesat

Meraingin

DPD Relawan Anies Baswedan Merangin Hari Ini Laksanakan Deklarasi