Polres Tanjab Barat Amankan Dua Terduga Pelaku Curanmor  Himatel Unbari Bersama Bruin Mengungkap Sudut Kota Jambi Dengan Segala Rahasianya Bupati Anwar Sadat Hadiri Acara Pelepasan 314 Siswa SMA Negeri 1 Tanjab Barat  Anwar Sadat Cakada Pertama mengembalikan Formulir Pendaftaran di DPC Partai Demokrat Tanjab Barat  DPC PPP Tanjab Barat Buka Pendaftaran Bakal Cakada

Home / Meraingin

Senin, 5 Februari 2024 - 13:56 WIB

Inflasi Merangin Minus 1,54 Persen, Pj Bupati Rakor Bersama Menteri Dalam Negeri Secara Virtual

 

BANGKO-BULENONNEWS.COM. Alhamdulillah pertanggal 5 Januari 2024 hari ini, Indeks Perkembangan Harga (IPH) kita turun secara signifikan diangka minus 1,54 persen, ini pelu kita syukuri atas kerja keras kita bersama, dan tentu hasil kerja dari tim pengendalian inflasi yang baik.

Hal ini sebagaimana disampaikan Pj Bupati Merangin H Mukti Said kepada awak media, usai mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) Inflasi bersama Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia secara virtual, yang dilaksanakan di ruangan MCP Kantor Bappeda Kabupaten Merangin (5/2/2024.

Menurut Pj Bupati, Jika IPH tidak stabil dan terlalu rendah, berdampak tidak baik terhadap perekonomian Masyarakat.

Baca Juga  Pj Bupati Merangin : Pengunaan Dana Desa 2024 Akan Didampingi APH

” Tapi kalau terjadi deflasi juga berakibat tidak baik, dimana harga bahan rendah nilai upah rendah, pedagang jadi lesu ekonomi tidak pun bergerak, jadi tugas kita mengendalikan inflasi daerah agar tetap stabil, karena sebentar lagi kita akan menghadapi bulan puasa yang cenderung pada kenaikan harga,” katanya.

Salah satu kiat Pemkab Merangin dalam menjaga kenaikan inflasi adalah, mengetahui perkembangan harga pasar, tim harus memantau terutama komunitas ketahan pangan seperti beras cabe bawang dan lainnya.

” Begitu ada gejala kenaikan kita akan cepat turun melalui operasi pasar, dan kerjasama antar daerah dengan Kabupaten tetangga dan luar provinsi yang berpotensi terhadap penyumbang inflasi,” lanjutnya.

Baca Juga  PT Graha Bangko di Disidak Komisi lll DPRD Merangin

Menurut laporan tim inflasi, Bulog dan Asisten II Setda Merangin terang H Mukti, ketahanan pangan Kabupaten Merangin saat ini cukup kuat.

” Persediaan beras kita banyak, kemarin dua hari kita melakukan operasi pasar, sehingga hasil dari itu, inflasi kita turun dari angka 2,3 persen sekarang sudah minus satu koma, artinya tim pengendalian inflasi kita sangat efektif,” tutupnya. (Red).

Share :

Baca Juga

Meraingin

24 Camat Se – Kabupaten Merangin Ikuti Rakor Pertama Bersama Pj Bupati H Mukti Said

Meraingin

Peringatan Hari IBI, Juniarti Nilwan Lepas Keberangkatan Latihan Penyandang Disabilitas

Meraingin

TP-PKK Kabpaten Merangin Berikan Pembinaan Terhadap TP-PKK Desa Sidolego Margo Tabir

Meraingin

H Mashuri Launching Gerakan Nasional Aksi Bergizi

Meraingin

Layanan Vaksin P’Care TNI Terus Digenjot dan Berkelanjutan

Meraingin

Sejumlah Donfeng PETI Berjamaah Besar-besaran Sepanjang Sungai Tabir

Meraingin

Nilwan Yahya Tutup Turnamen Volly Ball Bupati Cup di Desa Meranti

Meraingin

Didampingi Kadis DKUKMPP, Pj Bupati Merangin Sidak Ke Pasar