Dugaan Penyimpangan Pupuk Subsidi, Kejari Tanjab Barat Terbitkan Surat Perintah Penyelidikan Wabup Tanjab Barat Hadiri peringatan Haul Syekh Samman Al-Madani di Desa Mandala Jaya Wabup Tanjab Barat Hadiri Acara Perpisahan TK As Syuhada Kuala Tungkal Bupati Tanjab Barat Apresiasi Kerja Keras dan Dedikasi Pada Pengelola PBB-P2  Bupati Anwar Sadat Lepas 398 JCH Tanjab Barat

Home / Meraingin

Sabtu, 1 Juli 2023 - 22:23 WIB

Nilwan: Budaya Biduk Amo Akan Kita Patenkan, Merangin Gelar Sedekah Bumi 

BANGKO-BULENONNEWS.COM. Budaya Keberadan budaya Biduk Amo yang ada di Desa Pulau Rengas Kabupaten Merangin, haknya akan segera dipatenkan sehingga tidak bisa diklem daerah lainnya.

Hal tersebut sebagaimana ditegaskan Wabup Merangin Nilwan Yahya, pada acara Sedekah Bumi Biduk Amo yang digelar di Desa Pulau Rengas Kecamatan Bangko Barat, Sabtu (01/7).

‘’Pemkab Merangin akan berupaya semaksimal mungkin, menghidupkan budaya-budaya yang ada di Merangin,’’ujar Wabup pada acara yang dihadiri Ketua TP PKK Jambi Hj Hesnidar Haris dan Wakil Ketua TP PKK Merangin Ny Juniarti Nilwan.

Baca Juga  Pertama Kali, Wabup dan Sekda Naik Jeep Willyz Keliling Kota Bangko Bersama Tim Merangin FC

Untuk Budaya Bidul Amo lanjut wabup, melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Merangin dan Balitbangda Merangin, Biduk Amo Desa Pulau Rengas akan diajukan hak patennya ke Meneri Hukum dan HAM.

‘’Mudah-mudahan kedepan Biduk Amo akan mendapat hak paten secara nasional. Ini seiring dengan sudah resminya Geopark Merangin-Jambi menjadi Unesco Global Geopark (UGG),’’terang Wabup.

Diharapkan wabup, dengan memangkitkan budaya Merangin tersebut, kedepannya sudah ada kolerasi antara Budaya-budaya yang ada di Kabupaten Merangin dengan UGG.

Baca Juga  Gas Full..! Paripurna DPRD Merangin Digelar Dinihari

Terpisah, pada acara yang berlangsung meriah di atas Perahu Biduk Amo di perairan Sungai Merangin tersebut, Ketua TP PKK Jambi Hj Hesnidar Haris menegaskan sudah banyak budaya di Merangin yang masuk rekor MURI.

‘’Belum lama ini setelah Bakar Jaudah, Bubur Ayak Merangin juga sudah masuk rekor MURI. Kita akan gali terus potensi-potensi budaya lainnya seperti Senang Kawang penghalang dada untuk wanita,’’ujar Hj Hesnidari Haris. (Ote).

Share :

Baca Juga

Meraingin

24 Camat Se – Kabupaten Merangin Ikuti Rakor Pertama Bersama Pj Bupati H Mukti Said

Meraingin

Disnakbun Merangin Sosialisasikan Sarana dan Prasarana Perkebunan Sawit Ke Kelompok Tani Dusun Bangko

Meraingin

M. Yuzan Pimpin Komisi ll DPRD Merangin Terbaru

Meraingin

Rombongan Polda Jambi Sudah Ter evakuasi Semua Nilwan Ucap Puji Syukur

Meraingin

Meraingin

Komisi ll DPRD Merangin Panggil Dewas Soal Kisruh RSUD Kol Abundjani

Meraingin

Jelang Pilkada Serentak, H Mashuri Laporkan Kondisi Merangin Terkini Ke Pjs Gubernur Jambi

Meraingin

Kejuaraan DBON IGORNAS Jambi di Merangin Resmi Ditutup