Bupati Tanjab Barat Hadiri Haul ke-87 Syekh Abdurrahman Sidiq Bin Syekh M. Afif Al- Banjari Laporan Poktan Imam Hasan di SP3, Kadisbunak Tanjab Barat Lapor Balik Bupati Anwar Sadat Jenguk Pengawas Pemilu yang Sakit Bupati Anwar Sadat Kunjungi Kantor Pos Kuala Tungkal Penyerahan Bantuan PKH Bupati Tanjab Barat Safari Jumat di Masjid As-Shahabah

Home / Meraingin

Sabtu, 1 Juli 2023 - 22:23 WIB

Nilwan: Budaya Biduk Amo Akan Kita Patenkan, Merangin Gelar Sedekah Bumi 

BANGKO-BULENONNEWS.COM. Budaya Keberadan budaya Biduk Amo yang ada di Desa Pulau Rengas Kabupaten Merangin, haknya akan segera dipatenkan sehingga tidak bisa diklem daerah lainnya.

Hal tersebut sebagaimana ditegaskan Wabup Merangin Nilwan Yahya, pada acara Sedekah Bumi Biduk Amo yang digelar di Desa Pulau Rengas Kecamatan Bangko Barat, Sabtu (01/7).

‘’Pemkab Merangin akan berupaya semaksimal mungkin, menghidupkan budaya-budaya yang ada di Merangin,’’ujar Wabup pada acara yang dihadiri Ketua TP PKK Jambi Hj Hesnidar Haris dan Wakil Ketua TP PKK Merangin Ny Juniarti Nilwan.

Baca Juga  Waka Polres Merangin Lakukan Pengecekan Kendaraan Personil Polres Merangin

Untuk Budaya Bidul Amo lanjut wabup, melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Merangin dan Balitbangda Merangin, Biduk Amo Desa Pulau Rengas akan diajukan hak patennya ke Meneri Hukum dan HAM.

‘’Mudah-mudahan kedepan Biduk Amo akan mendapat hak paten secara nasional. Ini seiring dengan sudah resminya Geopark Merangin-Jambi menjadi Unesco Global Geopark (UGG),’’terang Wabup.

Diharapkan wabup, dengan memangkitkan budaya Merangin tersebut, kedepannya sudah ada kolerasi antara Budaya-budaya yang ada di Kabupaten Merangin dengan UGG.

Baca Juga  PPKM Level 4, Resepsi Pernikahan di Desa Tanjung Benuang Dibubarkan Petugas

Terpisah, pada acara yang berlangsung meriah di atas Perahu Biduk Amo di perairan Sungai Merangin tersebut, Ketua TP PKK Jambi Hj Hesnidar Haris menegaskan sudah banyak budaya di Merangin yang masuk rekor MURI.

‘’Belum lama ini setelah Bakar Jaudah, Bubur Ayak Merangin juga sudah masuk rekor MURI. Kita akan gali terus potensi-potensi budaya lainnya seperti Senang Kawang penghalang dada untuk wanita,’’ujar Hj Hesnidari Haris. (Ote).

Share :

Baca Juga

Meraingin

Malla Indra Sebut Merangin Layak Lolos UGG

Meraingin

Keluhan Keluarga Pasien RSD Kol Abundjani Dikomen Dengan Kebanggaan Produksi Oksigen

Meraingin

Al Haris Serahkan Sepeda Motor Ke Kades, Pj Bupati Merangin: Terimakasih Pak Gubernur

Meraingin

Hari Santri Nasional Tahun 2023 Kab. Merangin Berpusat di Ponpes Al Munawaroh Bangko

Meraingin

Hukum Adat Akan Diberlakukan Al Haris Jika Melanggar Prokes Covid-19

Meraingin

Lurah Dusun Bangko Akan Tertibkan PKL Kawasan Tugu Pedang  Dalam Rangka Adipura

Meraingin

Defi Martika Hari Ini Dilantik Sebagai Inspektur Kabupaten Merangin

Meraingin

Diskusi Soal Limbah,Wartawan Merangin Hujani DLH Dengan Pertanyaan