Truk Fuso Bermuatan Tanah Basecose Terguling di Tanjab Barat,Tiga Orang Meninggal Dunia  Koalisi Penyelamat Pilar Demokrasi di Jambi Demo Tolak RUU Penyiaran Percepatan Penurunan Stunting, Bupati Tanjab Barat Buka Kegiatan Workshop GENREAKSI Bupati Anwar Sadat Pimpin Sidang GTRA  Secara Virtual Bupati Anwar Sadat Ikuti Rakornas Wasin Pemerintah Tahun 2024

Home / Berita

Rabu, 6 Maret 2024 - 12:25 WIB

Pj Bupati Terima Sertifikat Bebas Frambusia Dari Menteri Kesehatan RI

 

 

BANGKO-BULENONNEWS.COM. Merangin menjadi salah satu dari 99 kabupaten/kota di Indonesia yang dinyatakan bebas Frambusia. Bebasnya Merangin dari penyakit ini ditandai dengan penyerahan Sertifikat Bebas Frambusia dari Menkes RI Budi Gunadi Sadikin.

Sertifikat Bebas Frambusia itu diterima Pj Bupati Merangin H Mukti, pada acara puncak peringatan Hari Neglected Tropical Diseases (NTDs) se-Dunia 2024, yang digelar di Puri Agung Convention Hotel Grand Sahid Jaya Jakarta, Rabu (06/3).

Sebelumnya jelas H Mukti, telah dilakukan surveilan dan asessmen oleh tim dari kemenkes RI yang menunjukkan tidak ditemukan adanya kasus baru Frambusia di Merangin, serta telah dilakukan kegiatan kewaspadaan dini dan respon kasus baru Frambusia.

Baca Juga  SMA N 1 Tanjung Jabung Barat Sambut Kunjungan Badan Akreditasi Nasional 2021 Provinsi Jambi

‘’Alhamdulillah sekarang Kabupaten Merangin telah dinyatakan bebas dari Frambusia. Dinas Kesehatan dan Puskesmas tolong pertahankan status ini, jangan sampai muncul kasus baru Frambusia,’’ujar Pj Bupati.

Jaga lanjut Pj bupati, derajat kesehatan masyarakat melalui pembangunan kesehatan yg berwawasan lingkungan dan menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di masyarakat.

‘’Kita sangat bersyukur di bidang kesehatan Merangin telah bergerak cepat meski dengan segala keterbatasan, namun atas dukungan masyrakat dan semua pihak banyak keberhasilan yang telah kita raih,’’terang Pj Bupati.

Baca Juga  Menindaklanjuti Kelangkaan Gas LPG Bersubsidi, Pemkab Merangin Panggil 6 Perusahaan Penyalur

Terpisah, Kadis Kesehatan Merangin drg Sony Propesma, MPH menambahkan, ada tiga kabupaten di Provinsi Jambi yang menariman Sertifikat Bebas Frambusia tersebut. ‘’Ketiga kabupaten itu, Merangin, Muaro jambi dan Bungo,’’jelas drg Soni.

Frambusia adalah suatu infeksi bakteri jangka panjang (kronis) yang paling sering mengenai kulit, tulang dan sendi. Sebenarnya Kemenkes Republik Indonesia telah menetapkan Indonesia bebas Frambusia tahun 2024.(Red).

Share :

Baca Juga

Berita

H Mukt Pimpin Rakor Pengawas dan Korwil Sekolah Wilayah Pamenang Sekitar

Berita

Aspan: Tak Ada RAB untuk Pengerukan Sungai Pada Proyek Jembatan Sungai Merangin

Berita

H Mukti Acungkan Jempol, Puskesmas Bangko Mampu Raih Sertifikat Akreditasi Paripurna

Berita

Pengajian Rutin ASN di Masjid Bhaitul Makmur, Sekda Berikan Kuis Doorprize

Berita

Pemegang Paspor RI yang Hendak Bepergian ke Jerman dapat Mengajukan Pengesahan endorsement Tanda Tangan di Kantor Imigrasi

Berita

H. Al Haris Desa Blank Sport Bisa Menuju Smat City

Berita

Percepat Program Kerja 2024, Pj Bupati Merangin Rapat Staf Lengkap Evaluasi Serapan 2023

Berita

Piala Gubernur Cup Kembali Akan di Perebutkan, Pj Bupati Serahkan Piala Ke Gubernur Jambi