Satreskrim Polres Tanjab Barat Razia Lapak Penjual Petasan  Polres Tanjab Barat Mengamankan Kedua Kelompok yang Bertikai Untuk Dilakukan Mediasi Belum Mempunyai Aturan Hukum,Diduga Kadishub Tanjab Barat Sering Masukan Alat Berat di Pelabuhan Roro Kuala Tungkal  DPRD Tanjab Barat Gelar Paripurna Pertama,Penyampaian Nota Pengantar LKPJ Bupati Tahun 2023 Hadiri Pelepasan Logistik Pemilu 2024,Ketua DPRD Tanjab Barat: Kita sangat mengapresiasi Penyelenggara Pemilu

Home / Meraingin

Senin, 10 Oktober 2022 - 21:31 WIB

Tim Evaluator UGG Kepincut Rasa Kopi Jangkat dan Takjub Akan Indahnya Panorama Danau Pauh

BANGKO-BULENONNEWS.COM. Memasuki hari ketiga assesmen Geopark Merangin, Tim Evaluator Unesco Global Geopark (UGG) mulai kepincut dengan rasa Kopi Jangkat, yang diolah secara manual dan tradisional.

Ini terlihat ketika Mr Babis C Fasoula dan Mr Alireza disaksikan Wabup Merangin Nilwan Yahya, serius menyaksikan pengelolaan kopi secara tradisional oleh ibu-ibu di Desa Simpang Talang Tembago Kecamatan Jangkat Timur, Senin (10/10).

‘’Rasa kopi yang dikelola secara tradisional ini jelas beda dengan kopi yang dikelola secara modern. Kopi ini nikmat sekali,’’ujar Mr Babis C Fasoula dengan bahasa Inggris sebagaimana diterjemahkan oleh interpreter Malla Indra.

Pengelolaan kopi secara tradisional itu disaksikan Mr Babis C Fasoula dan Mr Alireza, mulai dari penjemuran buah kopi, pengupasan kulit kopi, mengsanggrai sampai penggilingan kopi menggunakan batu yang diputar dengan tangan.

Sementara itu sebelumnya, Tim Evaluator UGG setelah bermalam di sebuah homestay di kawasan Geopark Danau Pauh, pagi harinya Senin (10/10) usai sarapan pagi, menuju ke bantaran Danau Pauh.

Baca Juga 

Dari dermaga  kecil di danau vulkanik itu, mereka naik perahu bermesin mengelilingi pinggiran danau, menikmati indahnya pemandangan tiga gunung, Gunung Masurai, Gunung Hulu Nilo dan Gunung Sumbing yang ketiga puncaknya tampak jelas.

‘’Ketiga gunung itu merupakan gunung purba yang pernah aktif pada tahun sebelum masehi,’’ujar Wabup Merangin Nilwan Yahya didampingi GM Geopark Merangin Dr Agus dan sejumlah pejabat lainnya.

Mr Babis C Fasoula dan Mr Alireza didampingi Wabup Nilwan Yahya, kemudian menuju ke Desa Rantau Kermas Kecamatan Jangkat. Di desa itu mereka berjalan kaki dari Tugu Kalpataru Hutan Adat Serampas menuju lokasi Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH).

PLTMH yang dikelola oleh desa itu, mampu memenuhi kebutuhan listrik warga Desa Rantau Kermas, yang menyala selama 24 jam setiap harinya. Untuk cadangan kebutuhan listrik, desa itu juga punya jaringan PLN.

Baca Juga  Empat Sejoli di Merangin Diangkut Pol PP Saat Ngamar di Kosan

Rombongan Tim Evaluator UGG juga sempat mengunjungi Rumah Kopi Bundes Rantau Kermas. Di rumah kopi itu ditampilkan berbagai kemasan kopi dan beralatan proses pembuatan kopi.

Setelah sempat istirahat sejenak sambil minum kopi, Mr Babis C Fasoula dan Mr Alireza bersama wabup dan GM Geopark Merangin-Jambi serta rombongan, bertolak ke Desa Simpang Talang Tembago.

Lagi-lagi Tim Evaluator UGG itu mengunjungi Rumah Produksi Kopi yang berada di desa tersebut. Kopi di Desa Simpang Talang Tembago itu diolah ibu-ibu setempat secara tradisional.

Serangkain kegiatan pada hari ketiga tersebut, ditutup dengan kunjungan ke Kebun Nanas di gerbang Komplek Masurai. Di kebun nanas itu rombongan istirahat sembari menikmati buah nanas segar yang baru dipetik dari pohonnya.

Reporter : Ote

Share :

Baca Juga

Meraingin

Pj Bupati Merangin Buka Orientasi (PPPK) Kabupaten Merangin Tahun 2023

Meraingin

Kapolres Merangin Pantau Sejumlah SPBU Pasca Kenaikan BBM

Meraingin

PP Merangin Bersama Anggota MPR-RI M. Syukur Sosialisaikan 4 Pilar Kebangsaan

Meraingin

M. Yani Pantau Pengerjaan Jalan Penghubung Pulau Layang Renah Edan

Meraingin

Nilwan Yahya Tutup Turnamen Volly Ball Bupati Cup di Desa Meranti

Meraingin

Herman Efendi Hadiri Istighosah Satu Abad Nahdatul Ulama di Merangin

Meraingin

Isra Mi’raj Masjid Jami’ Dusun Bangko, Ustadz Tengku Iskandar : Empat Ilmu Untuk Kesempurnaan Sholat

Meraingin

M.Yani Ketua DPD NasDem Merangin Hadiri Konfercab GP Ansor Ke V