Bupati Tanjab Barat Hadiri Haul ke-87 Syekh Abdurrahman Sidiq Bin Syekh M. Afif Al- Banjari Laporan Poktan Imam Hasan di SP3, Kadisbunak Tanjab Barat Lapor Balik Bupati Anwar Sadat Jenguk Pengawas Pemilu yang Sakit Bupati Anwar Sadat Kunjungi Kantor Pos Kuala Tungkal Penyerahan Bantuan PKH Bupati Tanjab Barat Safari Jumat di Masjid As-Shahabah

Home / Meraingin

Senin, 10 Oktober 2022 - 21:31 WIB

Tim Evaluator UGG Kepincut Rasa Kopi Jangkat dan Takjub Akan Indahnya Panorama Danau Pauh

BANGKO-BULENONNEWS.COM. Memasuki hari ketiga assesmen Geopark Merangin, Tim Evaluator Unesco Global Geopark (UGG) mulai kepincut dengan rasa Kopi Jangkat, yang diolah secara manual dan tradisional.

Ini terlihat ketika Mr Babis C Fasoula dan Mr Alireza disaksikan Wabup Merangin Nilwan Yahya, serius menyaksikan pengelolaan kopi secara tradisional oleh ibu-ibu di Desa Simpang Talang Tembago Kecamatan Jangkat Timur, Senin (10/10).

‘’Rasa kopi yang dikelola secara tradisional ini jelas beda dengan kopi yang dikelola secara modern. Kopi ini nikmat sekali,’’ujar Mr Babis C Fasoula dengan bahasa Inggris sebagaimana diterjemahkan oleh interpreter Malla Indra.

Pengelolaan kopi secara tradisional itu disaksikan Mr Babis C Fasoula dan Mr Alireza, mulai dari penjemuran buah kopi, pengupasan kulit kopi, mengsanggrai sampai penggilingan kopi menggunakan batu yang diputar dengan tangan.

Sementara itu sebelumnya, Tim Evaluator UGG setelah bermalam di sebuah homestay di kawasan Geopark Danau Pauh, pagi harinya Senin (10/10) usai sarapan pagi, menuju ke bantaran Danau Pauh.

Baca Juga  Wow.. Polres Merangin Amankan Petani Ganja dan Bongkar Ladang Ganja di Masurai

Dari dermaga  kecil di danau vulkanik itu, mereka naik perahu bermesin mengelilingi pinggiran danau, menikmati indahnya pemandangan tiga gunung, Gunung Masurai, Gunung Hulu Nilo dan Gunung Sumbing yang ketiga puncaknya tampak jelas.

‘’Ketiga gunung itu merupakan gunung purba yang pernah aktif pada tahun sebelum masehi,’’ujar Wabup Merangin Nilwan Yahya didampingi GM Geopark Merangin Dr Agus dan sejumlah pejabat lainnya.

Mr Babis C Fasoula dan Mr Alireza didampingi Wabup Nilwan Yahya, kemudian menuju ke Desa Rantau Kermas Kecamatan Jangkat. Di desa itu mereka berjalan kaki dari Tugu Kalpataru Hutan Adat Serampas menuju lokasi Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH).

PLTMH yang dikelola oleh desa itu, mampu memenuhi kebutuhan listrik warga Desa Rantau Kermas, yang menyala selama 24 jam setiap harinya. Untuk cadangan kebutuhan listrik, desa itu juga punya jaringan PLN.

Baca Juga  Dandim : Kodim 0420/Sarko Punya Andil Besar Sukseskan Vaksinasi Nasional

Rombongan Tim Evaluator UGG juga sempat mengunjungi Rumah Kopi Bundes Rantau Kermas. Di rumah kopi itu ditampilkan berbagai kemasan kopi dan beralatan proses pembuatan kopi.

Setelah sempat istirahat sejenak sambil minum kopi, Mr Babis C Fasoula dan Mr Alireza bersama wabup dan GM Geopark Merangin-Jambi serta rombongan, bertolak ke Desa Simpang Talang Tembago.

Lagi-lagi Tim Evaluator UGG itu mengunjungi Rumah Produksi Kopi yang berada di desa tersebut. Kopi di Desa Simpang Talang Tembago itu diolah ibu-ibu setempat secara tradisional.

Serangkain kegiatan pada hari ketiga tersebut, ditutup dengan kunjungan ke Kebun Nanas di gerbang Komplek Masurai. Di kebun nanas itu rombongan istirahat sembari menikmati buah nanas segar yang baru dipetik dari pohonnya.

Reporter : Ote

Share :

Baca Juga

Meraingin

Pol PP Sosialisasikan Deteksi Dini Bencana Alam dan Kesiapan Linmas Dalam Menyukseskan Pikada

Meraingin

Bupati Merangin Safari Ramadhan 1444 H ke Sungai Manau

Meraingin

Pantau Kegiatan Nataru Kapolres Merangin Dampingi Bupati H. Mashuri

Meraingin

Dandim 0420/Sarko Lepas Babinsa Menuju Kesatuan Yang Barunya

Meraingin

Bonceng Pemain Liga, Merangin FC Optimis Juara 1 Gubenur Cup Prov. Jambi

DPRD

DPRD Deadline Pemerintah 1 Minggu Surati Partai Agar Usulkan Nama Cawabup Merangin

Meraingin

Gercep, 13,6 Km Jalan Tj Benuang dan Lantak Seribu Diperbaiki

Meraingin

Nilwan: Kearifan Lokal Tentukan Kebehasilan Assesmen Geopark