Truk Fuso Bermuatan Tanah Basecose Terguling di Tanjab Barat,Tiga Orang Meninggal Dunia  Koalisi Penyelamat Pilar Demokrasi di Jambi Demo Tolak RUU Penyiaran Percepatan Penurunan Stunting, Bupati Tanjab Barat Buka Kegiatan Workshop GENREAKSI Bupati Anwar Sadat Pimpin Sidang GTRA  Secara Virtual Bupati Anwar Sadat Ikuti Rakornas Wasin Pemerintah Tahun 2024

Home / Pemerintahan

Kamis, 20 Oktober 2022 - 07:28 WIB

Tingkatkan Ekonomi Masyarakat,Bupati Tanjab Barat Buka Pelatihan Batik Canting Emas 

TANJABBARAT, BULENONNEWS.COM – Bupati Tanjung Jabung Barat, Drs. H. Anwar Sadat M. Ag Hadiri Pelatihan Batik Canting Emas Cipta Batik Tingkatkan Ekonomi Masyarakat, Rabu (19/10/22).

Kegiatan yang dilaksanakan di Balai Pertemuan Kantor Bupati ini juga turut dihadiri oleh Pimpinan SKK Migas PetroChina, Kepala Dinas Koperindag, Narasumber, para peserta serta tamu undangan lainnya.

Kadis Koperindag Syafriwan SE dalam Laporannya mengatakan Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan selama 6 Hari 19 Oktober – 25 Oktober 2022 yang akan dipusatkan di Sorum Dekranasda.

” Peserta sebanyak 25 Orang yang terdiri dari 3 Kecamatan, Kecamatan Tungkal Ilir, Kecamatan Betara dan Kecamatan Kuala Betara serta pelatihan ini bentuk kepedulian dari PetroChina untuk meningkatkan kualitas batik di Tanjabbar, ” Ujarnya.

Sementara itu, Pimpinan SKK Migas Saiful mengatakan Pelatihan Batik Canting Emas ini merupakan program pengembangan masyarakat SKK Migas PetroChina Internasional Jabung Ltd kerjasama dengan Diskoperindag/Dekranasda Kabupaten Tanjabbar tahun 2022.

” Kami merasa bangga bisa mengawal kegiatan Pelatihan batik ini, ini merupakan komitmen kita, batik di Tanjabbar memiliki potensi yang luar biasa untuk dikembangkan agar dapat meningkatkan ekonomi masyarakat dan diharapkan Pelatihan ini semakin meningkatkan keahlian,membuka peluang baru, Batik Tanjabbar semakin maju dan berkembang pesat,Kualitas lebih baik dan kuantitas dapat bersaing dengan produk lain dan kami akan membantu mempromosikan ke Forum yang lebih besar lagi,” Ungkapnya.

Baca Juga  Wabup Hairan Sambut Kunjungan dan Silaturahmi LP3KD Tanjab Barat

Terpisah Bupati Tanjabbar Anwar Sadat dalam sambutannya mengapresiasi pelatihan batik dengan harapan semoga melalui momen pelatihan kali ini akan dapat memunculkan ide dan cara untuk perkembangan industri kreatif dan kerajinan di wilayah Kabupaten Tanjab Barat.

” Terima kasih kepada pihak PetroChina International Jabung yang telah bersedia bekerjasama dengan pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat, untuk mengadakan program pemberdayaan masyarakat di bidang ekonomi kreatif bidang batik tingkat lanjut dengan pelatihan membatik dan pewarnaan dalam membatik.” Ucapnya.

Ia menyebutkan, sangat berharap kepada PetroChina bisa bersinergi dan berkolaborasi untuk pengembangan pengrajin batik khas Kabupaten Tanjung Jabung Barat.

Baca Juga  Kafilah Merangin Tampil Memukau Saat Pembukaan MTQ ke-51 Provinsi Jambi di Sei. Penuh

“Keberadaan batik sudah semakin berkembang hampir di setiap Kecamatan se Kabupaten Tanjabbar sudah memiliki penghasil batik dengan ciri khas dan motif batik sesuai dengan daerah atau tempat tinggal masing-masing pengrajin.” Sebutnya.

Bupati tak lupa mengucapkan terima kasih atas perhatian yang besar selama ini kepada Pemerintah dan instansi terkait atas program menggunakan pakaian batik dan pakaian seragam Sekolah tingkat SD sampai SLTP.

“Sehingga para pengrajin batik mempunyai Ambisi untuk terus maju dan mendapatkan kualitas produk kerajinan yang dihasilkan peluang sangat besar ini akan mendorong munculnya pelaku usaha baru, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan pengrajin.” Harapnya.

“Saya sangat percaya dan yakin bahwa produk-produk kerajinan batik yang kita hasilkan akan dapat menjadi keunggulan minat masyarakat kemajuan dalam meningkatkan ragam dan kualitas produk kerajinan batik kita, ini tidak terlepas dari peran dekranasda dan unsur terkait lainnya.” Pungkasnya.(*)

 

Penulis/Editor:Amir/Otte

Share :

Baca Juga

Pemerintahan

Gelar Rapat Penetapan Festival Arakan Sahur,Sekda Tanjab Barat: Peserta Wajib Vaksin

Pemerintahan

Kasus Kekerasan Terhadap Anak di Tanjab Barat Mengalami Penurunan

Pemerintahan

Bupati dan Wakil Bupati Jenguk Sekda Tanjab Barat di RSUD Raden Mattaher

Pemerintahan

Wabup Hairan Ikuti Rapat Koordinasi Forkopimda Provinsi Jambi

Pemerintahan

Pemkab Tanjabbar Gelar Rapat Persiapan Peringatan HUT RI ke-78 dan Hari Jadi ke – 58 Tanjab Barat 

Pemerintahan

Bupati Anwar Sadat Kunjungi Kantor Pos Kuala Tungkal Penyerahan Bantuan PKH

Pemerintahan

Bupati Tanjab Barat Launching Beras Bantuan PPKM

Pemerintahan

Bupati Anwar Sadat Sambut Kunjungan BKKBN Provinsi Jambi