Bupati Tanjab Barat Buka Acara Pertemuan Dengan PT Sena. Kodim 0419/Tanjab Lakukan Vaksinasi Massal Dosis Kedua Dandim 0419/Tanjab Tinjau Sejumlah Titik Sasaran TMMD Ke-113 TA 2022 di Muara Papalik Bupati Tanjab Barat Sambut Kunker Gubernur Jambi Perum Bulog Kuala Tungkal Distribusikan Beras Bantuan PPKM Untuk 15.364 KPM

Home / Meraingin

Senin, 8 Maret 2021 - 16:02 WIB

Wabup Merangin Pimpin Apel Kesiapan Karhutla

BANGKO-BULENONnews.com. 

Memasuki musim kemarau pada 2021 ini, sebanyak tujuh dari 24 kecamatan di Kabupaten Merangin, cukup berpotensi terjadinya Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Ketujuh kecamatan itu, Kecamatan Jangkat, Kecamatan Lembah Masurai, Kecamatan Muara Siau, Kecamatan Sunai Manau, Kecamatan Tabir Ulu, Kecamatan Tabir Barat dan Kecamatan Nalotantan.

Hal tersebut ditegaskan Wabup Merangin H Mashuri saat memimpin jalannya Apel kesiapan dalam rangka pencegahan Karhutla di halaman depan Mapolres Merangin, Senin (08/3).

Baca Juga  Dandim 0420/Sarko Lepas Babinsa Menuju Kesatuan Yang Barunya

‘’Namun tidak menutup kemungkinan kecamatan lainnya, juga bisa terjadi Karhutla. Untuk itu masyarakat harus mewaspadainya. Saya ingatkan jangan ada warga yang membuka lahan dengan cara membakar,’’ujar Wabup.

Bila ada warga yang diketahui dengan sengaja membuka lahan dengan sistem membakar lanjut wabup, akan dikenakan sanksi hukum sesuai dengan peraturan dan Perundang-Undangan yang berlaku.

Dikatakan wabup, Apel kesiapsiagaan dilaksanakan untuk mengetahui sejauh mana kesiapsiagaan personil maupun sarana pendukung lainnya, sehingga pada saat terjadi kebakaran hutan dan lahan kegiatan penanganan dapat berjalan dengan optimal.

Baca Juga  Gegara Pemberitaan PETI Seorang Pewarta Merangin Diancam

‘’Melalui kesiapan yang dimiliki, apabila terjadi Karhutla dengan cepat dan sigap para petugas dan peralatan kendaraan dinas yang sudah disiapkan dapat bergerak dengan cepat menuju lokasi kebakaran untuk melakukan pemadaman,’’jelas Wabup.

Pada kesempatan itu, Wabup minta anggota Tim Karhutla Merangin untuk selalu bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, Menjaga keselamatan dalam melaksanakan tugas dengan tetap mengikuti protokol kesehatan.

Baca Juga  Kegiatan HUTRI di Tanjab Barat Dibatasi

Tetap melakukan himbauan dan penyuhan hukum kepada masyarakat terkait bahaya Karhutla secara intens.  Lakukan koordinasi dengan dinas/instansi terkait, baik dalam hal kelengkapan peralatan, maupun untuk meningkatkan kemampuan diri.

‘’Gelar terus latihan bersama, guna menghadapi bencana yang mungkin terjadi, Lakukan pengecekan secara berkala terhadap peralatan pemadam kebakaran agar dapat digunakan apabila sewaktu-waktu dibutuhkan,’’pinta Wabup.

Sumber: kominfo
Reporter : Ote

Share :

Baca Juga

Meraingin

Jembatan Lubuk Bumbun Andai Tidak Dibangun Pusat Tahun Ini, Maka Akan Dibagun Dari Dana APBD

Meraingin

Dinas Perhubungan Akan Mengoperasikan Alat KIR Kendaraan di Merangin

Meraingin

H. Al Haris Tidak Melepaskan Tanggungjawanya dalam Bertugas, Meski Hari Ini Putusan MK

Meraingin

H. Al Haris Sebut Jeruk Girga Bisa Ditanam di Dataran Rendah Merangin

Meraingin

Dalam Peringatan 1 Muharram di Masjid Jami’ Dusun Bangko “Mari Tingkat Iman dan Ibadah”.

Meraingin

Bangunan Mushola Dusun Nangko Akan Siap Dalam Waktu 30 Hari Kalender

Meraingin

RM Palanta Sutan Bandel, Belasan Tahun Tak Setor Pajak Ke Pemkab

Meraingin

Tak Ada Larangan Untuk Gelar Lomba Perayaan HUT RI Oleh Bupati, Asal Patuhi Protokol Kesehatan