Nah,, Oknum Kepsek Masuk Daftar DPO Polres Tanjab Barat  SMPN 2 Kuala Tungkal Gelar Acara Pelepasan 177 Siswa Siswi Kelas IX Bupati Anwar Sadat Hadiri Diklat Revolusi Mental Pembangunan Karakter Bangsa Indonesia  Wabup Tanjab Barat hadiri Halal Bihalal APDESI Provinsi Jambi Wabup Harian Hadiri Acara Pra Penilaian Kinerja Upaya Percepatan Penurunan Stunting

Home / Meraingin

Minggu, 11 Juni 2023 - 16:52 WIB

Festival Tradisi ‘Ompek Ganjie Limo Gonok’ Meriahkan HUT Ke 15 Tabir Barat

BANGKO-BULENONNEWS.COM. Wabup Merangin Nilwan Yahya sangat mengapresiasi berlangsungnya peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-15 Kecamatan Tabir Barat, yang berlangsung meriah di halaman kantor camat, Sabtu malam (10/6).

Dikatakan wabup, Kecamatan Tabir Barat merupakan kecamatan pemekaran yang kemajuannya dari tahun ke tahun begitu pesat. Pada usia ke-15 tersebut sudah banyak prestasi yang diraih kecamatan itu.

‘’Saya sangat mengapresiasi sekali peringatan HUT Tabir Barat ini, selain telah menunjukan berbagai keberhasilan pembangunan, acara ini juga dimeriahkan Festival Ompek Ganjie Limo Gonok,’’ujar Wabup.

Baca Juga  Wakili Ketua DPRD, M.Yani Turut Musnahkan 80 Kg Ganja Bersama Kapolda Jambi

Festival Ompek Ganjie Limo Gonok terang wabup, sudah tercatat sebagai warisan budaya nasional tak benda dari Kementerian. Untuk itu wabup minta, Ompek Ganjie Limo Gonok harus terus dilestarikan.

Diakui wabup, tradisi berbalas pantun antar muda mudi itu, ternyata dianggap seksi oleh para kalangan pecinta budaya dan para pelaku budaya di Indonesia, sehingga menjadi warisan tak benda bagi Indonesia dan Kecamatan Tabir Barat pada khususnya.

Baca Juga  Pj Bupati Merangin Zoom Meeting Bersama Kemendagri Soal Pengendalian Inflasi Daerah

Ompek Ganjie Limo Gonok juga pernah menjadi sasaran utama dalam kegiatan konservasi bahasa dan sastra daerah oleh Kantor Bahasa Provinsi Jambi. Satra lisan ini memang hampir punah dan dilupakan masyarakat.

Untuk terus melestarikannya, merupakan bagian penting bagi regenerasi penutur sastra lisan.

Dijelaskan wabup, sebetulnya banyak sastra lisan di Merangin, tapi perlu menggalian lebih dalam atas keberadaan sastra lisan tersebut di sejumlah desa lainnya. (Ote).

Share :

Baca Juga

Meraingin

Wabup Merangin Berangkatkan Kafilah Merangin Ke MTQ Prov. Jambi Ke 52 di Sarolangun

Meraingin

H. Mashuri Meradang Saat Sidak Kelokasi PETI Desa Lubuk Bumbun

Meraingin

Lagi, Satres Narkoba Polres Merangin Ringkus Bandar Sabu

Meraingin

Dibeli Belasan Milyar, Kapal Tungkal Samudera Bakal Dilelang Seharga Ratusan Juta Rupiah.

Meraingin

BREAKING NEWS! Deretan Toko dan Kantin Depan Bank 9 Jambi Bangko Terbakar

Meraingin

Komisi II DPDR Merangin Terima Audiensi KONI Terkait Anggaran Porvrop Jambi 2023.

Meraingin

Nilwan Bangga MTQ Kecamatan Pamenang Semarak Melebihi Tingkat Kabupaten

Meraingin

Inovasi Baru, FKWM Gelar Lomba Wartawan Cilik di Merangin