Himatel Unbari Bersama Bruin Mengungkap Sudut Kota Jambi Dengan Segala Rahasianya Bupati Anwar Sadat Hadiri Acara Pelepasan 314 Siswa SMA Negeri 1 Tanjab Barat  Anwar Sadat Cakada Pertama mengembalikan Formulir Pendaftaran di DPC Partai Demokrat Tanjab Barat  DPC PPP Tanjab Barat Buka Pendaftaran Bakal Cakada Ahmad Jahfar Ambil Formulir Pendaftaran Cakada di Partai Demokrat Tanjab Barat.

Home / Meraingin

Minggu, 11 Juni 2023 - 16:52 WIB

Festival Tradisi ‘Ompek Ganjie Limo Gonok’ Meriahkan HUT Ke 15 Tabir Barat

BANGKO-BULENONNEWS.COM. Wabup Merangin Nilwan Yahya sangat mengapresiasi berlangsungnya peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-15 Kecamatan Tabir Barat, yang berlangsung meriah di halaman kantor camat, Sabtu malam (10/6).

Dikatakan wabup, Kecamatan Tabir Barat merupakan kecamatan pemekaran yang kemajuannya dari tahun ke tahun begitu pesat. Pada usia ke-15 tersebut sudah banyak prestasi yang diraih kecamatan itu.

‘’Saya sangat mengapresiasi sekali peringatan HUT Tabir Barat ini, selain telah menunjukan berbagai keberhasilan pembangunan, acara ini juga dimeriahkan Festival Ompek Ganjie Limo Gonok,’’ujar Wabup.

Baca Juga  Pj Bupati Melalui Asisten I Setda Merangin Membuka Rapat Pengendalian Inflasi Sektor Pertanian

Festival Ompek Ganjie Limo Gonok terang wabup, sudah tercatat sebagai warisan budaya nasional tak benda dari Kementerian. Untuk itu wabup minta, Ompek Ganjie Limo Gonok harus terus dilestarikan.

Diakui wabup, tradisi berbalas pantun antar muda mudi itu, ternyata dianggap seksi oleh para kalangan pecinta budaya dan para pelaku budaya di Indonesia, sehingga menjadi warisan tak benda bagi Indonesia dan Kecamatan Tabir Barat pada khususnya.

Baca Juga  Pj Bupati Merangin : Belum Ada Pelantikan Eselon lll Bareng Pelantikan Inspektur 

Ompek Ganjie Limo Gonok juga pernah menjadi sasaran utama dalam kegiatan konservasi bahasa dan sastra daerah oleh Kantor Bahasa Provinsi Jambi. Satra lisan ini memang hampir punah dan dilupakan masyarakat.

Untuk terus melestarikannya, merupakan bagian penting bagi regenerasi penutur sastra lisan.

Dijelaskan wabup, sebetulnya banyak sastra lisan di Merangin, tapi perlu menggalian lebih dalam atas keberadaan sastra lisan tersebut di sejumlah desa lainnya. (Ote).

Share :

Baca Juga

Meraingin

Fraksi NasDem DPRD Merangin Walkout Dari Rapat Parpurna, Ini Penjelasan Yani

Meraingin

Izhar Majid Dewan Provinsi Jambi Serahkan Bantuan Meja Kursi Ke Madrasah Dusun Bangko

Meraingin

Bersamaan, Nilwan dan Fendi Jadi Saksi Pernikahan di Sekancing

Meraingin

Rebut Hadiah Sikumbang WaterPark Pada Festival Lagu Dangdut

Meraingin

Penuhi Undangan Presiden RI, Pj Bupati Merangin: Kami Akan Menjaga Netralitas Pelaksanaan Pemilu 2024

Meraingin

Progres Mushola Ikhwanul Muslimin Sudah 70%

Meraingin

Jalan Tabir Timur Berlumpur Laksana Bubur, Warga Minta Pemerintah Turun Lokasi

Meraingin

Zainuri Himbau Kader Hanura Merangin, Wajib Dukung Fachrori Umar-Syafril Nursal