Bupati Tanjab Barat Hadiri Haul ke-87 Syekh Abdurrahman Sidiq Bin Syekh M. Afif Al- Banjari Laporan Poktan Imam Hasan di SP3, Kadisbunak Tanjab Barat Lapor Balik Bupati Anwar Sadat Jenguk Pengawas Pemilu yang Sakit Bupati Anwar Sadat Kunjungi Kantor Pos Kuala Tungkal Penyerahan Bantuan PKH Bupati Tanjab Barat Safari Jumat di Masjid As-Shahabah

Home / Meraingin

Minggu, 11 Juni 2023 - 16:52 WIB

Festival Tradisi ‘Ompek Ganjie Limo Gonok’ Meriahkan HUT Ke 15 Tabir Barat

BANGKO-BULENONNEWS.COM. Wabup Merangin Nilwan Yahya sangat mengapresiasi berlangsungnya peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-15 Kecamatan Tabir Barat, yang berlangsung meriah di halaman kantor camat, Sabtu malam (10/6).

Dikatakan wabup, Kecamatan Tabir Barat merupakan kecamatan pemekaran yang kemajuannya dari tahun ke tahun begitu pesat. Pada usia ke-15 tersebut sudah banyak prestasi yang diraih kecamatan itu.

‘’Saya sangat mengapresiasi sekali peringatan HUT Tabir Barat ini, selain telah menunjukan berbagai keberhasilan pembangunan, acara ini juga dimeriahkan Festival Ompek Ganjie Limo Gonok,’’ujar Wabup.

Baca Juga  Hari Santri Nasional Tahun 2023 Kab. Merangin Berpusat di Ponpes Al Munawaroh Bangko

Festival Ompek Ganjie Limo Gonok terang wabup, sudah tercatat sebagai warisan budaya nasional tak benda dari Kementerian. Untuk itu wabup minta, Ompek Ganjie Limo Gonok harus terus dilestarikan.

Diakui wabup, tradisi berbalas pantun antar muda mudi itu, ternyata dianggap seksi oleh para kalangan pecinta budaya dan para pelaku budaya di Indonesia, sehingga menjadi warisan tak benda bagi Indonesia dan Kecamatan Tabir Barat pada khususnya.

Baca Juga  Kolam Ikan Anggaran Dana Desa Karang Anyar Rubuh, Camat Cek Lokasi.

Ompek Ganjie Limo Gonok juga pernah menjadi sasaran utama dalam kegiatan konservasi bahasa dan sastra daerah oleh Kantor Bahasa Provinsi Jambi. Satra lisan ini memang hampir punah dan dilupakan masyarakat.

Untuk terus melestarikannya, merupakan bagian penting bagi regenerasi penutur sastra lisan.

Dijelaskan wabup, sebetulnya banyak sastra lisan di Merangin, tapi perlu menggalian lebih dalam atas keberadaan sastra lisan tersebut di sejumlah desa lainnya. (Ote).

Share :

Baca Juga

Meraingin

Soal Hotel Permata Masih Terima Tamu Non Covid, Ini Kata Bupati Merangin

Meraingin

Tindak Lanjut Rakor Satgas Covid-19 Merangin Tentang PPKM, Akan Lahir SE Baru

Meraingin

Kapolres Merangin Lepas Keberangkatan Tim Penyaluran Bansos Polda Jambi

Meraingin

Ngopi Bareng Penuh Keakraban, Bupati Batang Hari  dan Wakil Bupati Merangin di Bufet Sianio Bangko

Meraingin

Akhirnya Rolling AKD Dewan Perwakilan Rakyat Merangin Final

Meraingin

Perangkat Desa Jadi Korban Pilkades, Perwakilan PPDI Datangi Wakil Bupati Merangin 

Meraingin

Progres Pembangunan Mushola Ikhwanul Muslimin Dusun Nangko Kian Pesat

Meraingin

Kadatangan Kafilah Merangin MTQ Ke 50 Tk Provinsi Jambi Disambut Bupati Merangin