Dugaan Penyimpangan Pupuk Subsidi, Kejari Tanjab Barat Terbitkan Surat Perintah Penyelidikan Wabup Tanjab Barat Hadiri peringatan Haul Syekh Samman Al-Madani di Desa Mandala Jaya Wabup Tanjab Barat Hadiri Acara Perpisahan TK As Syuhada Kuala Tungkal Bupati Tanjab Barat Apresiasi Kerja Keras dan Dedikasi Pada Pengelola PBB-P2  Bupati Anwar Sadat Lepas 398 JCH Tanjab Barat

Home / Meraingin

Sabtu, 18 Februari 2023 - 20:51 WIB

Nilwan Yahya Intevensi 2 Orang Bumil Beresiko Stunting di Kecamatan Tabir

 

MERANGIN-BULENONNEWS.COM. Rakaian dari kegiatan Monitoring dan Evaluasi kemiskinan di Kabupaten Merangin, Wakil Bupati Nilwan Yahya bersama sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, di dampingi Wakil Ketua TP-PP Kabupaten Merangin Ny, Juniarti Nilwan, mengunjungi dan mengintervensi lansung sekaligus menyerahkan bantuan Susu dan telur Merangin kepada Ibu hamil (Bumil).

Intervensi dan penyerahan Bantuan Ibu Hamil itu, dilaksanakan di Desa Beluran Panjang Kecamatan Tabir, dihadiri Camat Tabir Jalaluddin, Kepala Desa Lukman, Kepala Puskesmas Tabir beserta Bidan.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, sejumlah mahasiswa Stikes Merangin para anggota PL KB Merangin dan masyarakat Desa Beluran Panjang.

Di 2 titik Ibu hamil yang ada di desa Beluran Panjang, wakil bupati Merangin dan rombongan menemukan 2 orang Ibu Hamil (Bumil) yang beresiko stunting, karena terdapat keterlambatan kemajuan pertumbuhan janin dan anak dalam kandungan.

Baca Juga  Spektakuler, Halal Bihalal Keluarga Besar PKJM, Bupati: Mari Berkolaborasi Membangun Merangin

Seperti halnya yang dialami Bumil Ani Hamdan (20), warga Desa Beluran Panjang Kecamatan Tabir, dengan lingkar lengan atas pertama 20 Cm sekarang menjadi 22 Cm. Untuk berat badan saat ini 40,2 Kg, sebelumnya hanya 35,4 Kg, dalam usia kandungan 5 bulan.

Begitulah juga hal yang terjadi terhadap Bumil Emi Ningsih (17) juga warga Desa Beluran Panjang Kecamatan Tabir, lingkar lengan atas pertama 19 Cm kemudian pada kunjungan itu masih tetap 19 Cm, berat badan yang tadinya 41 Kg sekarang juga masih tetap 41 Kg, sementara usia kandungan sudah mendekati masa kelahiran (8 bulan).

Atas hal tersebut, Wakil Bupati langsung memberikan dorongan semangat dan wejangan terhadap kedua Bumil serta mengintervensi, agar Ibu dan jabang bayi yang ada dalam kandungan selalu sehat dan tumbuh kembang dengan baik.

Baca Juga  Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Merangin Wakili Bupati Tutup PKD 2023

‘’Alhamdulillah Bumil sasaran beresiko Stunting itu setelah diintervensi satu bulan, Eni Hamdan mengalami perkembangan. Namun Bumil Emi Ningsih belum mengalami perkembangan, kita harapkan pada kunjungan berikutnya akan berubah,’’ujar wabup.

Wabup menegaskan, intervensi terhadap Bumil sasaran beresiko Stunting itu melibatkan semua leading sektor, salah satunya termasuk dari kalangan akademisi. Ikut bersama rombongan wabup para mahasiswa dari STIKES Merangin.

Guna lebih fokus terhadap intervensi Bumil sasaran beresiko Stunting dan balita Stunting itu, Bupati Merangin H Mashuri rencanaya pada Rabu (22/2), akan melaunching Bapak Asuh Stunting (BAS) di Aula Kantor lama Bupati Merangin.

Reporter : Ote.

 

 

 

Share :

Baca Juga

Meraingin

Meski Hujan, Tak Mengurangi Niat Warga Mengunjungi Bazar Ramadan di Bangko

Meraingin

Pol PP Sosialisasikan Deteksi Dini Bencana Alam dan Kesiapan Linmas Dalam Menyukseskan Pikada

Meraingin

Komisi ll DPRD Minta Penempatan Zonasi Dalam Peningkatan PAD Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Merangin

Meraingin

Pemkab Merangin Peringati Hari Kebangkitan Nasional ke-115

Meraingin

Pesona Danau Depati Empat, Perlu Sentuhan Serius Dari Pemerintah

Meraingin

Provinsi Jambi Bakal Punya Zonasi Pertambangan Rakyat, Pembahasan Masuk Ke RTRW

Meraingin

Al Haris Do’akan Dua Kapolres Ini Jadi Jenderal Saat Pisah Sambut Kapolres Merangin

Meraingin

Dibeli Belasan Milyar, Kapal Tungkal Samudera Bakal Dilelang Seharga Ratusan Juta Rupiah.