Bupati Anwar Sadat Berikan Bantuan Sepada Baru Pada Pedagang Jamu Keliling  Bupati Tanjab Barat Tinjau TPU Desa Sialang Bupati Tanjab Barat Pimpin Apel Perdana Setelah Lebaran Idul Fitri  Bupati Serahkan Hadiah Juara Arakan Sahur di Tanjab Barat Bupati Tanjab Barat Buka Festival Pawai Takbiran Idul Fitri 1445 H

Home / Meraingin

Minggu, 23 Oktober 2022 - 10:59 WIB

Puluhan Rumah Roboh dan Jebol Akibat Banjir Batang Masumai

BANGKO-BULENONNEWS.COM. Puluhan rumah roboh dan sebagian dindingnya jebol, dihantam banjir yang melanda tiga desa di Kecamatan Batang Masumai. Ketiga desa itu, Desa Pulau Baru, Desa Kederasan Panjang dan Desa Rantau Alai.

Ini diketahui setelah Wabup Merangin Nilwan Yahya, turun memantau kondisi banjir akibat tingginya curah hujan yang terjadi dalam sepekan terakhir di tiga desa tersebut, Sabtu (22/10).

‘’Pemkab Merangin sangat berduka atas musibah banjir ini. Kita akan segera berupaya memberikan bantuan, agar rumah yang roboh bisa dibangun kembali,’’ujar Wabup.

Baca Juga  Sulyem Efendi Dilantik Sebagai Ketua DPC-KPPI Kabupaten Merangin

Selain itu, banjir yang meluapkan air Sungai Batang Masumai tersebut, juga mengakibatkan jalan dari Pulau Baru menuju ke Kota Bangko, tidak bisa dilalui sama sekali.

Jalan yang menjadi ‘urat nadi’ perekonomian warga setempat itu, tergenang air lebih dari dua meter, sehingga semua kendaran tidak bisa lewat. Warga hanya bisa menggunakan transfomasi perahu.

‘’Tadi kita ke Desa Pulau Baru ini terpaksa harus lewat jalan Desa Renah Medan Kecamatan Renah Pembarap, sehingga bisa tiba di Desa Pulau Baru ini,’’ujar Wabup.

Baca Juga  Polres Merangin Kembali Gelar Pemeriksaan dan Himbauan Warga ikut Vaksinasi

Nilwan Yahya berharap jalan yang terendam banjir itu, tidak sampai rusak. Bila setelah banjir itu surut ada jalan  yang rusak, wabup segera akan menurunkan alat berat untuk memperbaikinya.

Terpisah, Kades Pulau Baru Sudirman mengatakan, rata-rata ketinggian banjir kali ini di desanya mencapai dua meter. Bahkan di beberapa titik rendah bisa mencapai tiga meter.

‘’Kita berharap banjir ini segera surut, sehingga warga bisa kembali beraktivitas memulihkan perekonomiannya. Tidak hanya rumah mereka yang terendam, kebun-kebun juga kebanjiran,’’terang Sudirman.

Reporter : Ote

Share :

Baca Juga

Meraingin

Kadis Kominfo Ketuai Rombongan OPD Merangin Jenguk Kafilah di Pemondokan MTQ Ke 51

Meraingin

Akibat PETI di Desa Lubuk Bumbun Mushola Nyaris Tergerus Sungai dan Akses Putus

Meraingin

Butiran Es Dan Hujan Deras Hantam Rumah Warga Merangin

Meraingin

Kapolres Merangin Pantau Sejumlah SPBU Pasca Kenaikan BBM

Meraingin

Dandim 0420/Sarko Lepas Babinsa Menuju Kesatuan Yang Barunya

Meraingin

KPU Merangin Belum Tandatangani NPHD Dana Pilkada 2024, Ini Penjelasan Kaban Kesbangpol

Meraingin

Jalan Tabir Timur Berlumpur Laksana Bubur, Warga Minta Pemerintah Turun Lokasi

Meraingin

Pembekalan Caleg NasDem Merangin Ciptakan Semangat Perubahan 2024