Polres Tanjab Barat Amankan Enam Pelaku Curanmor Dua Diantaranya Berstatus Pelajar Bupati Anwar Sadat Resmikan TPU Berkah  Pemkab Tanjab Barat Bangun TPU Berkah Mampu Menampung 7000 Makam Anggota DPRD Tanjab Barat Hadiri Peresmian TPU Berkah Polres Tanjab Barat Ringkus Pelaku Setubuhi Anak Dibawah Umur

Home / Pendidikan

Senin, 28 November 2022 - 19:38 WIB

Rangkaian Peringatan Hari Guru, SMAN 1 Tanjab Barat Gelar Expo 2022

TANJAB BARAT – SMA Negeri 1 Tanjung Jabung Barat, Jambi, menggelar Expo 2022 rangkaian peringatan Hari Guru Nasional dan HUT Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) ke-77 di Lapangan Sekolah, Senin (28/11/22).

Kegiatan Expo yang merupakan kegiatan tahunan ini baru dilaksanakan kembali oleh SMAN 1 Tanjung Jabung Barat pasca Covid-19. Dalam kegiatan yang diikuti Siswa dan Siswi Kelas X, XI dan XII tersebut, para Siswa tampak membuka bazar makanan dan minuman khas Tanjung Jabung Barat.

Hal inipun mendapatkan apresiasi dari Bupati Tanjung Jabung Barat, Jambi, H. Anwar Sadat yang membuka secara resmi kegiatan SMA Negeri Tanjung Jabung Barat Expo Tahun 2022.

Bupati menyebutkan, Pemerintah Tanjung Jabung Barat sangat mengapresiasi pelaksanaan rangkaian kegiatan Expo yang dilaksanakan di SMAN 1 Tanjung Jabung Barat. Sebab, Anak – Anak di SMA ini, sudah kreatif memanfaatkan produk lokal dan tidak hanya di Dunia Pendidikan tetapi juga kegiatan diluar Sekolah pengembangan potensi diri.

Baca Juga  Buka Acara Smansa Expo 5 di SMA Negeri 1 Tanjab Barat, Gubernur Jambi Berikan Bantuan Program Dumisake

“Pengembangan potensi diri ini link and Match dengan Dunia Pendidikan. Mereka Pelajar ini mendapatkan teori – teori keilmuan di Sekolah kemudian mereka tahu juga pangsa pasar diluar dirinya,” kata Bupati usai meninjau bazar rangkaian giat SMAN 1 Tanjung Jabung Barat Expo 2022.

Menurut Bupati, apa yang dilakukan SMA Negeri 1 Tanjung Jabung Barat tentunya sangat dibutuhkan kedepan untuk melahirkan Anak – Anak (Pelajar) yang mandiri.

“Jadi setelah Anak – Anak ini menyelesaikan pendidikan Sekolah kemudian beranjak ke Bangku perkuliahan, mereka bisa mandiri dengan kemampuan, keterampilan yang dimiliki dengan pengembangan potensi diri lewat ekonomi kreatif dan ini yang sangat kita apresiasi,” ungkap Bupati.

Hal lainnya yang menjadi perhatian adalah mereka para Pelajar memanfaatkan potensi – potensi lokal yang dimiliki seperti laut, tumbuhan dan buah yang ada di Tanjung Jabung Barat, kemudian diolah menjadi produk makanan dan minuman yang memiliki nilai jual.

“Menariknya ini oleh Pelajar dikolaborasikan menjadi panganan yang memang penuh dengan muatan lokal. Ini menjadi kekhasan kita sendiri anak anak kita memadupadankan dengan makanan yang luar biasa menarik dan orang akan senang membeli,’ ungkap Bupati.

Baca Juga  DPRD Tanjabbar Gelar Paripurna Ketiga, Penyampaian Tanggapan Bupati dan Penetapan Pansus Ranperda RTRW Tahun 2023-2043

Bupati menyarankan, untuk makanan dan minuman yang memang penuh muatan lokal ini, tinggal lagi bagaimana tampilan dan kemasannya yang perlu diperbaiki.

Kedepan sambung Bupati H. Anwar Sadat, kreativitas yang ditunjukkan para Siswa dan Siswi ini bisa dikembangkan lebih luas, bisa berkolaborasi dengan dekranasda Kabupaten.

“Insya Allah nantinya akan ada Expo Kabupaten, Provinsi dan Tingkat Nasional mudah – mudahan ini bisa kita arahkan kesana,” pungkasnya.

Sementara Kepala Sekolah SMAN 1 Kadiman, ST menyampaikan bahwa Tujuan kegiatan Expo ini guna menciptakan ataupun menghasilkan lulusan yang kompeten dan berperilaku sesuai nilai-nilai Pancasila.

“Baik itu di setiap jenjang pendidikan, juga sebagai wadah bagi peserta didik untuk memiliki kreativitas dan kompetensi dalam menghadapi tantangan global,”tukasnya.

 

Penulis/Editor: Amir/Otte

Share :

Baca Juga

Pendidikan

Puluhan Kepsek di Tanjabbar Masih Jabat Plt,Ini Kata Plt Kadisdikbud

Pendidikan

Permasalahan SMKN 1 Tanjab Barat Dianggap Sepele,Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Jambi Soroti Keputusan Disdik

Pendidikan

Puluhan Siswa SMPN 2 Kuala Tungkal Terpilih Ikuti ANBK

Pendidikan

Guru SMKN 1 Tanjab Barat Minta Plt Kepsek Mundur

Pendidikan

Puluhan Sarana dan Prasarana Pendidikan di Tanjab Barat Banyak Yang Rusak

Meraingin

Siswa SMK Negeri 1 Merangin Segera Berangkat PKL, Komite Gelar Rapat Persiapan

Pendidikan

SMA Negeri 1 Tanjab Barat Gelar Kegiatan Smansa Expo 5 Tahun 2023

Meraingin

M.Yani Hadiri Wisuda Angkat Ke V Santri-Santriwati Pondok Pesantren Lebay Yasin