Di Hari Jadi Ke 73,Ini Harapan Kakanim Kuala Tungkal Terduga Pelaku Aborsi di Kuala Tungkal Seorang Siswi Dikenakan UU Kesehatan,Dua Tersangka Aborsi Terancam Hukuman 10 Tahun Kedua Nelayan Kuala Tungkal yang Hilang Ditentukan di Perairan Mendahara Delapan Fraksi PDIP di DPRD Tanjab Barat Siap Menjalankan Perintah Ketua Umum

Home / Pendidikan

Senin, 28 November 2022 - 19:38 WIB

Rangkaian Peringatan Hari Guru, SMAN 1 Tanjab Barat Gelar Expo 2022

TANJAB BARAT – SMA Negeri 1 Tanjung Jabung Barat, Jambi, menggelar Expo 2022 rangkaian peringatan Hari Guru Nasional dan HUT Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) ke-77 di Lapangan Sekolah, Senin (28/11/22).

Kegiatan Expo yang merupakan kegiatan tahunan ini baru dilaksanakan kembali oleh SMAN 1 Tanjung Jabung Barat pasca Covid-19. Dalam kegiatan yang diikuti Siswa dan Siswi Kelas X, XI dan XII tersebut, para Siswa tampak membuka bazar makanan dan minuman khas Tanjung Jabung Barat.

Hal inipun mendapatkan apresiasi dari Bupati Tanjung Jabung Barat, Jambi, H. Anwar Sadat yang membuka secara resmi kegiatan SMA Negeri Tanjung Jabung Barat Expo Tahun 2022.

Bupati menyebutkan, Pemerintah Tanjung Jabung Barat sangat mengapresiasi pelaksanaan rangkaian kegiatan Expo yang dilaksanakan di SMAN 1 Tanjung Jabung Barat. Sebab, Anak – Anak di SMA ini, sudah kreatif memanfaatkan produk lokal dan tidak hanya di Dunia Pendidikan tetapi juga kegiatan diluar Sekolah pengembangan potensi diri.

Baca Juga  Tanjab Barat Akan Laksanakan Pembelajaran Tatap Muka

“Pengembangan potensi diri ini link and Match dengan Dunia Pendidikan. Mereka Pelajar ini mendapatkan teori – teori keilmuan di Sekolah kemudian mereka tahu juga pangsa pasar diluar dirinya,” kata Bupati usai meninjau bazar rangkaian giat SMAN 1 Tanjung Jabung Barat Expo 2022.

Menurut Bupati, apa yang dilakukan SMA Negeri 1 Tanjung Jabung Barat tentunya sangat dibutuhkan kedepan untuk melahirkan Anak – Anak (Pelajar) yang mandiri.

“Jadi setelah Anak – Anak ini menyelesaikan pendidikan Sekolah kemudian beranjak ke Bangku perkuliahan, mereka bisa mandiri dengan kemampuan, keterampilan yang dimiliki dengan pengembangan potensi diri lewat ekonomi kreatif dan ini yang sangat kita apresiasi,” ungkap Bupati.

Hal lainnya yang menjadi perhatian adalah mereka para Pelajar memanfaatkan potensi – potensi lokal yang dimiliki seperti laut, tumbuhan dan buah yang ada di Tanjung Jabung Barat, kemudian diolah menjadi produk makanan dan minuman yang memiliki nilai jual.

“Menariknya ini oleh Pelajar dikolaborasikan menjadi panganan yang memang penuh dengan muatan lokal. Ini menjadi kekhasan kita sendiri anak anak kita memadupadankan dengan makanan yang luar biasa menarik dan orang akan senang membeli,’ ungkap Bupati.

Baca Juga  Bupati Serahkan Hadiah Lomba Da'i Cilik dan Festival Arakan Sahur Online di Lapangan Membumi Polres Tanjab Barat

Bupati menyarankan, untuk makanan dan minuman yang memang penuh muatan lokal ini, tinggal lagi bagaimana tampilan dan kemasannya yang perlu diperbaiki.

Kedepan sambung Bupati H. Anwar Sadat, kreativitas yang ditunjukkan para Siswa dan Siswi ini bisa dikembangkan lebih luas, bisa berkolaborasi dengan dekranasda Kabupaten.

“Insya Allah nantinya akan ada Expo Kabupaten, Provinsi dan Tingkat Nasional mudah – mudahan ini bisa kita arahkan kesana,” pungkasnya.

Sementara Kepala Sekolah SMAN 1 Kadiman, ST menyampaikan bahwa Tujuan kegiatan Expo ini guna menciptakan ataupun menghasilkan lulusan yang kompeten dan berperilaku sesuai nilai-nilai Pancasila.

“Baik itu di setiap jenjang pendidikan, juga sebagai wadah bagi peserta didik untuk memiliki kreativitas dan kompetensi dalam menghadapi tantangan global,”tukasnya.

 

Penulis/Editor: Amir/Otte

Share :

Baca Juga

Pendidikan

Terkait SDN 118 Suak Labu,Ini Penjelasan Disdikbud Tanjab Barat

Pendidikan

Miris, Bangun SDN 118 Desa Suak Labu Memprihatinkan

Pendidikan

90 Persen Sekolah di Tanjab Barat Siap Lakukan Belajar Tatap Muka

Meraingin

Hearing Komisi ll DPRD Merangin Bersama Dikbud dan BKPSDM Penuh Rasa Haru

Meraingin

SDN 299/VI Langling ll Kabupaten Merangin Butuh Rehab.

Pendidikan

Siswa SMPN 2 Kuala Tungkal Lulus Masuk di SMAN TT Jambi, Pauzan;Ini Berkat Perjuangan Semua Pihak

Pendidikan

Plt.Kepsek SMKN 1 Didemo Pelajar, Sekda: Sudah Saya Lapor Ke Kadis Pendidikan  Provinsi

Meraingin

M.Yani Hadiri Wisuda Angkat Ke V Santri-Santriwati Pondok Pesantren Lebay Yasin