Pawai Budaya Meriahkan HUT RI Ke 77 dan Hari Jadi Tanjab Barat Ke 57 DPRD Tanjabbar Gelar Paripurna Pergantian Antar Waktu Jalin Silaturahmi dan Menambah Keakraban, Bupati Mancing Bersama OPD Meriahkan HUT RI Ke-77 dan Hari Jadi Tanjab Barat Ke – 57, Pemkab Gelar Lomba Panjat Pinang Selama Dua Hari Pemegang Paspor RI yang Hendak Bepergian ke Jerman dapat Mengajukan Pengesahan endorsement Tanda Tangan di Kantor Imigrasi

Home / Meraingin

Selasa, 16 Maret 2021 - 06:15 WIB

M. Yani : Gerakan Turun Ke Ladang Solusi Terbaik Atasi Krisis Covid-19

BANGKO-BULENONnews.com. Dalam mewujutkan kemandirian Pangan Daerah, dan Swasembada pangan masyarakat, Muhammad Yani Anggota DPRD Kabupaten Merangin, menghimbau dan mengajak lapisan masyarakat Kabupaten Merangin yang biasa bertani untuk kembali keladang dan turun kesawah menanam padi.

Sebagaimana kita ketahui bercocok tanam menanm padi merupakan budaya warisan leluhur kita secara turun temurun sejak dahulu kala.

Muhammad Yani yqng notabene anak seorang petani kampung, sebelum menjabat sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat, sudah terbiasa memeras keringat dan menghabiskan waktunya di ladang untuk bercocok tanam padi bersama warga.

Dengan demikian, dalam tugasnya sebagai ketua Komisi ll DPRD Kabupaten Merangin dirinya acap melakukan kunjungan kerja ke daerah yang bisa menjadi perbandingan dan contoh kemajuan pertanian daerah lain.

Baca Juga  Bupati Merangin Kembali Salurkan Bantuan Korban Kebakaran di Tabir

Seperti hal nya Muhammad Yani mengambil percontohan di Kabupaten Sijunjung Provinsi Sumatera Barat, bahwa pemerintah selalu bersinergi bersama masyarakat dalam hal pembinaan dan penyediaan alat pertanian termasuk penyedian Satu kecamatan satu Eksavator yang peruntukannya hanya untuk pengembangan pertanian.

Selain itu pemerintah juga menyediakan pasar untuk penampungan hasil pertanian tersebut, Sehingga hasilnya sektor pertanian menjadi penyumbang Pendapatan Asli Daerah (PAD) terbesar di Kabupaten itu.

Saat melaksanakan panen di ladang milik warga Muhammad Yani mengatakan, sebagai masyarakat yang biasa bertani, hendaknya dapat memamfaatkan lahan kosong disekitarnya.

“Kita ini berasal dari petani, hendaknya dapat memamfaatkan lahan tidur disekitar kita, andaikan lahan perkebunan, kita juga bisa menanam padi dengan cara tumpang sari disela tanaman perkebunan yang baru di tanami,” tuturnya.

Baca Juga  Wabup Merangin Gelar Rakor Satgas Covid-19, Pemkab Akan Perketat PPKM Berbasis Mikro

Lanjutnya,” Apa lagi saat Pandemi seperti ini, ekonomi kita sulit, namun ketika ketersediaan pangan kita cukup, jadi sedikit beban hidup kita akan berkurang, untuk itu gerakan turun ke ladang ini adalah solusi paling baik dan tepat untuk atasi krisis Covid 19. Dengan demikian mari ajak sanak saudara kita yang biasa bertani dan kesawah untuk kembali menanam padi, sesuai Visi misi Bupati Merangin Mantap, salah satunya sektor pertanian,” Pungkasnya.

Reporter/Editor: Ote

Share :

Baca Juga

Meraingin

Dusun Bangko Sebagai Percontohan Kampung Tangguh Anti Narkoba di Merangin

Meraingin

Kuliah Umum Bersama Hasbi Anshory Anggota DPR RI di STIH Bangko.

Meraingin

Sejumlah Dewan Kecewa, Temui Aset Wisata Danau Pauh Tak Terawat Saat Dikunjungi

Meraingin

Didampingi Tokoh Pemuda Tabir Barat, Murdani Kembalikan Berkas Bacaleg 2024

Meraingin

Plt Bupati Merangin Tegaskan, Belajar Tatap Muka Ajaran Baru Harus Pakai Shift dan Perketat Prokes

Meraingin

M.Yani Hadiri Wisuda Angkat Ke V Santri-Santriwati Pondok Pesantren Lebay Yasin

Meraingin

DPD PAN Merangin Berbagi Santunan dan Buka Puasa Bareng Anak Dhuafa

Meraingin

Paripurna DPRD, Pemkab Merangin Jawab Pandangan Umum 9 Fraksi Dewan