Bupati Tanjab Barat Serahkan Bantuan Kepada Nelayan Bupati Bersama Gubernur Laksanakan Gerakan Panen Cabai Desa Lubuk Terentang Wabup Hairan Sambut Kunjungan dan Silaturahmi LP3KD Tanjab Barat Wabup Hairan Hadiri Pertemuan Aksi 7 Publikasi Data Stunting Tingkat Kabupaten Tanjab Barat Tahun 2022 Ditandai Pemukulan Gong, Secara Resmi Bupati Tanjab Barat Buka MTQ Ke-50 Tingkat Kabupaten

Home / Meraingin

Selasa, 16 Maret 2021 - 06:15 WIB

M. Yani : Gerakan Turun Ke Ladang Solusi Terbaik Atasi Krisis Covid-19

BANGKO-BULENONnews.com. Dalam mewujutkan kemandirian Pangan Daerah, dan Swasembada pangan masyarakat, Muhammad Yani Anggota DPRD Kabupaten Merangin, menghimbau dan mengajak lapisan masyarakat Kabupaten Merangin yang biasa bertani untuk kembali keladang dan turun kesawah menanam padi.

Sebagaimana kita ketahui bercocok tanam menanm padi merupakan budaya warisan leluhur kita secara turun temurun sejak dahulu kala.

Muhammad Yani yqng notabene anak seorang petani kampung, sebelum menjabat sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat, sudah terbiasa memeras keringat dan menghabiskan waktunya di ladang untuk bercocok tanam padi bersama warga.

Dengan demikian, dalam tugasnya sebagai ketua Komisi ll DPRD Kabupaten Merangin dirinya acap melakukan kunjungan kerja ke daerah yang bisa menjadi perbandingan dan contoh kemajuan pertanian daerah lain.

Baca Juga  PAN Merangin Siap "Backup dan Support Daerah PSU di Provinsi Jambi

Seperti hal nya Muhammad Yani mengambil percontohan di Kabupaten Sijunjung Provinsi Sumatera Barat, bahwa pemerintah selalu bersinergi bersama masyarakat dalam hal pembinaan dan penyediaan alat pertanian termasuk penyedian Satu kecamatan satu Eksavator yang peruntukannya hanya untuk pengembangan pertanian.

Selain itu pemerintah juga menyediakan pasar untuk penampungan hasil pertanian tersebut, Sehingga hasilnya sektor pertanian menjadi penyumbang Pendapatan Asli Daerah (PAD) terbesar di Kabupaten itu.

Saat melaksanakan panen di ladang milik warga Muhammad Yani mengatakan, sebagai masyarakat yang biasa bertani, hendaknya dapat memamfaatkan lahan kosong disekitarnya.

“Kita ini berasal dari petani, hendaknya dapat memamfaatkan lahan tidur disekitar kita, andaikan lahan perkebunan, kita juga bisa menanam padi dengan cara tumpang sari disela tanaman perkebunan yang baru di tanami,” tuturnya.

Baca Juga  Warga Dusun Mudo Geger Atas Penemuan Mayat Gantung Diri

Lanjutnya,” Apa lagi saat Pandemi seperti ini, ekonomi kita sulit, namun ketika ketersediaan pangan kita cukup, jadi sedikit beban hidup kita akan berkurang, untuk itu gerakan turun ke ladang ini adalah solusi paling baik dan tepat untuk atasi krisis Covid 19. Dengan demikian mari ajak sanak saudara kita yang biasa bertani dan kesawah untuk kembali menanam padi, sesuai Visi misi Bupati Merangin Mantap, salah satunya sektor pertanian,” Pungkasnya.

Reporter/Editor: Ote

Share :

Baca Juga

Meraingin

Dalam Percepatan Vaksinasi, Polres Merangin Undang Pokdar dan Dinkes Giat Bersama

Meraingin

M. Yuzan Pimpin Komisi ll DPRD Merangin Terbaru

Ekonomi

Realisasi PAD 2021 Masih Rendah, OPD Merangin Diminta Optimis

Kriminal

Misteri Tewasnya Kepala BPBD Merangin, Ini Penjelasan Kapolres

Meraingin

H. Cek Endra Pimpin Rapat Forkopimda Kabupaten Sarolangun, Bahas Konflik Sosial

Meraingin

Kodim 0420/Sarko Terdepan Layani Suntikan Dosis Vaksin Untuk Masyarakat Dalam Serbuan Vaksinasi

Meraingin

Ratusan Mahasiswa Antusias Ikuti Kuliah Umum Dari Hasbi Anshory DPR RI di STIH Bangko.

Meraingin

Ketua TP PKK Merangin Hadiri Resepsi Pernikahan Nanda dan Jeki di Biuku Tanjung