Wabup Tanjab Barat Bagikan Masker Gratis Pada Pengguna Jalan DPRD Tanjab Barat Gelar Paripurna Pertama Bupati dan Wabup Tanjab Barat Hadiri Ekspose RPJMD Tahun 2021-2026 Kemenag Tanjab Barat Belum Menentukan Besaran Zakat Fitrah Seorang Lelaki di Kecamatan Senyerang Meninggal Gantung Diri

Home / Meraingin

Selasa, 16 Maret 2021 - 06:15 WIB

M. Yani : Gerakan Turun Ke Ladang Solusi Terbaik Atasi Krisis Covid-19

BANGKO-BULENONnews.com. Dalam mewujutkan kemandirian Pangan Daerah, dan Swasembada pangan masyarakat, Muhammad Yani Anggota DPRD Kabupaten Merangin, menghimbau dan mengajak lapisan masyarakat Kabupaten Merangin yang biasa bertani untuk kembali keladang dan turun kesawah menanam padi.

Sebagaimana kita ketahui bercocok tanam menanm padi merupakan budaya warisan leluhur kita secara turun temurun sejak dahulu kala.

Muhammad Yani yqng notabene anak seorang petani kampung, sebelum menjabat sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat, sudah terbiasa memeras keringat dan menghabiskan waktunya di ladang untuk bercocok tanam padi bersama warga.

Baca Juga  Dalam Peringatan 1 Muharram di Masjid Jami' Dusun Bangko "Mari Tingkat Iman dan Ibadah".

Dengan demikian, dalam tugasnya sebagai ketua Komisi ll DPRD Kabupaten Merangin dirinya acap melakukan kunjungan kerja ke daerah yang bisa menjadi perbandingan dan contoh kemajuan pertanian daerah lain.

Seperti hal nya Muhammad Yani mengambil percontohan di Kabupaten Sijunjung Provinsi Sumatera Barat, bahwa pemerintah selalu bersinergi bersama masyarakat dalam hal pembinaan dan penyediaan alat pertanian termasuk penyedian Satu kecamatan satu Eksavator yang peruntukannya hanya untuk pengembangan pertanian.

Baca Juga  "Selamat" Pelantikan Pengurus Pemuda Pancasila Merangin Sukses dan Meriah

Selain itu pemerintah juga menyediakan pasar untuk penampungan hasil pertanian tersebut, Sehingga hasilnya sektor pertanian menjadi penyumbang Pendapatan Asli Daerah (PAD) terbesar di Kabupaten itu.

Saat melaksanakan panen di ladang milik warga Muhammad Yani mengatakan, sebagai masyarakat yang biasa bertani, hendaknya dapat memamfaatkan lahan kosong disekitarnya.

“Kita ini berasal dari petani, hendaknya dapat memamfaatkan lahan tidur disekitar kita, andaikan lahan perkebunan, kita juga bisa menanam padi dengan cara tumpang sari disela tanaman perkebunan yang baru di tanami,” tuturnya.

Baca Juga  Melalui Puasa Ramadhan, LPM Kel. Dusun Bangko Ajak Warga Waspadai Paham Radikalisme Terorisme

Lanjutnya,” Apa lagi saat Pandemi seperti ini, ekonomi kita sulit, namun ketika ketersediaan pangan kita cukup, jadi sedikit beban hidup kita akan berkurang, untuk itu gerakan turun ke ladang ini adalah solusi paling baik dan tepat untuk atasi krisis Covid 19. Dengan demikian mari ajak sanak saudara kita yang biasa bertani dan kesawah untuk kembali menanam padi, sesuai Visi misi Bupati Merangin Mantap, salah satunya sektor pertanian,” Pungkasnya.

Reporter/Editor: Ote

Share :

Baca Juga

Kriminal

Wow.. Polres Merangin Amankan Petani Ganja dan Bongkar Ladang Ganja di Masurai

Meraingin

Pansus Covid DPRD Terus Bekerja Mengawasi Refocusing, Senin OPD Dipanggil Lagi

Meraingin

Pansus Covid DPRD Terus Lakukan Pemanggilan OPD Pengguna Anggaran Refocusing

Meraingin

Breaking News..!! Seorang Bocah Warga Desa Kapuk Tenggelam di Kolam

Meraingin

Komisi ll DPRD Minta Penempatan Zonasi Dalam Peningkatan PAD Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Merangin

Meraingin

Taman Edukasi Benuang Diresmikan Bupati Merangin

Meraingin

Box Culvert Jalan Poros Menuju Tabir Timur Amblas, DPUPR Diminta Tinjau Lokasi

Meraingin

Tim Antik Polres Merangin Ungkap 5 Kasus Tindak Pidana Narkoba Seberat 15,23 Gram