DPRD Tanjabbar Gelar Paripurna Ketiga, Penyampaian Tanggapan Bupati dan Penetapan Pansus Ranperda RTRW Tahun 2023-2043 Waka DPRD Tanjab Barat Dorong Pemkab Ambil Langkah Hukum ke MA, Terkait Penetapan Perda RTRW Penetapan Perda RTRW, Ahmad Jahfar Sebut Tanjab Barat Bakal Kehilangan 42 Sumur Migas Bupati Tanjab Barat Akan Ambil Langkah Hukum Terkait Perda RTRW Bupati Tanjabbar Tinjau Lokasi dan Beri Bantuan ke Korban Musibah Angin Kencang

Home / Kesehatan

Kamis, 25 Agustus 2022 - 21:09 WIB

Dinkes Tanjab Barat Himbau Masyarakat Waspadai Cacar Monyet

TANJABBARAT,BULENONNEWS.COM – Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Zaharudin menghimbau Tenaga Kesehatan (Nakes) untuk waspada terhadap gejala cacar monyet.

Selain itu, dirinya juga menghimbau pada masyarakat Tanjab Barat untuk antisipasi dan segera memeriksakan diri jika terdapat gejala-gejalanya.

Himbauan ini dilakukan setelah adanya satu kasus pasien terkonfirmasi cacar monyet di Indonesia.

“Penyakit cacar monyet berupa zoonosis yang ditularkan dari hewan yakni monyet ke manusia,berupa cacar,”ucap Zaharudin.

Gejala penyakit ini, kata Zaharudin ditandai dengan adanya bentol-bentol seperti gumpalan cairan yang timbul di tubuh penderita.

Baca Juga  Wabup Tanjab Barat Ikuti Rakor Secara Virtual Dengan Kapolri

“Sehingga jika bentol tersebut pecah maka akan berpotensi tertular kepada manusia lainnyaā€¯, jelasnya.

Lebih lanjut disampaikan oleh Zaharudin, untuk mengantisipasi penyakit cacar monyet sejumlah upaya akan dilakukan oleh dinas kesehatan Kabupaten Tanjab Barat.

“Kita akan menindaklanjuti surat edaran Kementrian Kesehatan RI, melakukan edukasi bagi masyarakat terkait dengan upaya pencegahan yang perlu dilakukan,” ujarnya.

Dirinya meminta masyarakat tidak panik, tetapi tetap waspada. Upaya mencegah penularan cacar monyet dapat dilakukan dengan menerapkan PHBS (Pola Hidup Bersih dan Sehat).

“PHBS seperti sering mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun, tidak menggunakan handuk atau peralatan pribadi bersama-sama,” katanya.

Baca Juga  RSUD KH Daud Arif Kuala Tungkal Melakukan Pengembangan Pelayanan

Ia meminta masyarakat untuk menghindari melakukan kontak dengan siapa pun yang memiliki gejala termasuk tidak melakukan hubungan seksual dengan banyak pasangan.

“Bagi penderita, perlu melakukan isolasi diri dengan baik untuk menghindari penularan ke orang lain,” ujarnya.

Pada masyarakat Zaharudin berpesan, jika sudah ada tanda-tanda cacar monyet, seperti demam dan nyeri otot untuk segera melapor ke puskesmas terdekat.

“Agar bisa dilakukan penanganan dengan segera supaya tidak terjadi keterlambatan atas penanganan kasus tersebut,” pungkasnya.*

 

 

Penulis/Editor:Amir/Otte.

Share :

Baca Juga

Kesehatan

Datang Tanpa Permintaan Pengadaan Alat USG di Puskesmas Tidak Bisa Digunakan, Pejabat Dinkes Saling Lempar Tanggung Jawab

Kesehatan

Meriahkan HUT Tanjab Barat Ke 57, Dinkes Akan Gelar Sunatan Massal Gratis

Kesehatan

Mapala STAI An – Nadwah Kuala Tungkal Bagikan Tong Sampah Kemasyarakat

Kesehatan

RSUD KH Daud Arif Kuala Tungkal Melakukan Pengembangan Pelayanan

Kesehatan

Nyaris Ambruk,Waka DPRD Tanjab Barat Akan Usulkan Perbaikan Puskesdes Sungsang