Polres Tanjab Barat Amankan Dua Terduga Pelaku Curanmor  Himatel Unbari Bersama Bruin Mengungkap Sudut Kota Jambi Dengan Segala Rahasianya Bupati Anwar Sadat Hadiri Acara Pelepasan 314 Siswa SMA Negeri 1 Tanjab Barat  Anwar Sadat Cakada Pertama mengembalikan Formulir Pendaftaran di DPC Partai Demokrat Tanjab Barat  DPC PPP Tanjab Barat Buka Pendaftaran Bakal Cakada

Home / Meraingin

Jumat, 14 Januari 2022 - 08:48 WIB

Sekdin DKUKMPP Merangin Mengaku Terima Rekaman Video Dugaan Pungli di Pasar Bangko

Bulenonnews.com – Bangko. Terhendus Dugaan Pungutan liar (pungli) yang berkedok  sumbangan untuk pengecoran lantai lapak pedagang Ayam di Pasar rakyat Type B Wilayah pasar Baru Bangko.

Informasi yang diperoleh, dari 3 rekaman Video yang didapat media ini, dugaan pungli itu dilakukan oleh oknum petugas pasar (UPTD) Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah Perdagangan Dan Industri (DKUKMPP) Kabupaten Merangin, dengan jumlah uang yang sangat Fantastis.

Disinyalir para pedagang dipungut uang senilai 1.270.000 Rupiah per lapak dagagan, dengan jumlah 10 orang pedagang, jika dikalkulasikan jumlah uang  dengan 10 orang pedagang yang dipungut tersebut, oknum petugas sudah mengantongi uang sebanyak  12 Juta lebih.

” Tiap lapak menyediokan bayar Satu Juta Dua Ratus, ado Sepuluh lapak,” suara yang terekam di video.

Sementara lantai lapak dagangan yang di cor oleh UPTD pasar diduga tidak sesuai dengan dana yang dipungut oleh oknum petugas pasar tersebut.

” Kalau tidak, apokah ni tanah pemerintah, apokah pedagang yang mebayar apo pemerintah?. Ni keadaan pengecorannyo, tukang ayam mengeluhkan, sebanyak Sejuta Duo Ratus per orang, kalu sepuluh orang, Duo Baleh Juta Duo Ratus telah terima dari pedagang untuk pak NN untuk pengecoran ini,” sebutnya lagi dalam rekaman Video sambil menggerai pasir yang sudah dicor.

Baca Juga  DKUKMPP Merangin Sambut Kunker DPRD Kota Pagar Alam Provinsi Sumsel

Menurut pengakuan pedagang ayam Pasar Type B pasar Bangko, benar adanya pungutan sejumlah uang uang oleh oknum petugas pasar.

” Kami limo kiri limo ke kanan bayar semuanyo,” beber pedagang ayam minta namanya ditutupi.

Bukan hanya itu, Diduga pula oknum petugas pasar juga memungut sumbangan dengan modus uang kebersihan dan pengecatan toko senilai 250.000 Rupiah terhadap pedagang pasar rakyat Type B, dilokasi Eks Terminal Bis Kota Bangko. Semua pedangang dipaksa harus membayar tanpa kecuali, jika pedagang tidak membayar, maka pedagang dianggap tidak menghargai kepala UPTD dan diancam lapak dagangan akan dibongkar.

” Kalo aku pak yo, dari awal lah ngomong samo dio (Kepala UPTD.Red). Pak ni kawan-kawan minta dikumpulin semuanyo, jadi anggaran nyo tu brapo jadinyo brapo, kalo dipatok Dua Ratus Lima Puluh sayo dak biso pak. Dio marah dengan aku, begitu dio marah kan aku gini, sudah pak aku sanggupnyo ngasih Dua Ratus, selain Dua Ratus sayo dak biso, tapi ni semua nyo keno yo,”ungkap seorang pedagang di Video.

Baca Juga  M. Yani Pantau Pengerjaan Jalan Penghubung Pulau Layang Renah Edan

Atas bayaran 200.000 Rupiah, Kepala itu marah-marah kepada pedagang yang tidak mengikuti ketentuan oleh UPTD.

“Ngapo nak ngatur-ngatur aku, Aku ni kepala pasar sini jadi yang dak mau ngikuti aturan aku kagek sewaktu-waktu barang ku bongkar, itu hak aku,” beber pedagang pasar rakyat type A meniru ucapan kepala UPTD.

Dilain tempat Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah Perdagangan Dan Perindustrian (DKUKMPP)  Kabupaten Merangin, M. Ladani Melaui Sekdin M. Amir Tamsil saat dikonfirmasi mengaku telah mendapatkan rekaman Video itu.

” Nanti kita cek kebenarnnya, saya juga dapat Video itu, dan sudah dilaporkan ke Pak Kadis ,” ujar Sekdin, Kamis (13/01/22).

Penulis : Ote.

Share :

Baca Juga

Infrastruktur

DPUPR Merangin Bergerak Cepat Atasi Box Yang Amblas

Meraingin

Wabup Buka Pelatihan Operator SIK-NG Desa/Kelurahan Se Kabupaten Merangin

Berita

Susana Lebaran Polres Merangin Beri Bingkisan Kepada Petugas dan Pasien Covid-19 RSD Kol. Abundjani Bangko

Meraingin

Asisten I Merangin: Apapun Alasannya RTH Tidak Boleh Dibangun, Wajib Dibongkar!!

Meraingin

Awal 2024 Pj Bupati Merangin Sidak ke Beberapa Kantor Pelayanan Pemerintah

Meraingin

H Mashuri Sambut Jabatan PLT Bupati Merangin Dari H Al Haris Gubernur Jambi

Meraingin

LPM Kelurahan Dusun Bangko Desak Lurah Hentikan Aktifitas PETI di Kelurahannya.

Meraingin

Berman Sargih Tidak Hadir, Sertijab Direktur RSD Kol Abundjani Batal